Jawaban PMM, Program Paling Tepat yang Dapat Dibuat Guru untuk Menguatkan Budi Pekerti bagi Murid

TRIBUNNEWS.COM – Di bawah ini adalah angket Platform Belajar Mandiri (PMM) yang bisa dibuat guru untuk meningkatkan semangat siswa.

Bapak/Ibu Guru akan menemukan pertanyaan ini dalam salah satu modul PMM.

Guru dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut untuk meningkatkan kinerja setiap guru.

Contoh jawaban pada artikel ini hanya sebagai panduan bagi guru ketika mengalami kendala dalam pengisian PMM. Program yang paling tepat yang dapat dikembangkan guru bagi siswa adalah pembentukan karakter.

Menjawab:

Program yang paling tepat untuk memperkuat karakter peserta didik adalah program pembiasaan dan keteladanan.

Dalam konteks ini, guru dapat memperkuat etika dengan memberikan contoh perilaku yang baik (ideal) dan dengan menciptakan rutinitas atau kegiatan yang mendorong siswa berperilaku sesuai dengan nilai moral (kebiasaan).

Beberapa contoh program penguatan akhlak siswa adalah: Program Halo, Selamat Datang, Senyum (3S): Setiap pagi siswa disambut dengan senyuman dan sapaan kepada teman dan guru, yaitu Hormat mengajarkan nilai-nilai. Clean Up Friday: Kegiatan rutin setiap hari Jumat dimana siswa dan guru bekerja sama membersihkan ruang kelas atau lingkungan sekolah. Ini mengajarkan nilai-nilai gotong royong, tanggung jawab dan cinta terhadap lingkungan. Ruang Inspirasi: Guru menyediakan sudut di kelas dimana siswa dapat menulis atau menggambar hal-hal positif, seperti hal-hal baik yang mereka lihat atau lakukan. Ini mengajarkan nilai pujian dan dorongan untuk berbuat baik. Breakfast Sharing: Program dimana siswa diajak untuk membawakan sarapan dan membaginya kepada teman yang mungkin membutuhkan. Ini mengajarkan nilai empati dan kesadaran sosial. Cerita Teladan : Setiap minggunya guru menceritakan kisah-kisah teladan tokoh-tokoh yang berperilaku baik, kemudian membahas nilai-nilai moral yang dapat dipetik dari cerita-cerita tersebut. Program “Buddy”: Siswa senior berteman dengan siswa yang lebih muda untuk membantu mereka belajar dan beradaptasi di sekolah. Ini mengajarkan nilai-nilai persatuan, kasih sayang dan kepedulian terhadap sesama.

(Tribunnews.com/Fara Patri)

Artikel lain yang berhubungan dengan PMM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *