Bakauheni Harbour City: Katalisator Pertumbuhan Pariwisata dan Ekonomi Lampung

Jurnalis Tribunnews.com Nitis Hawaroh melaporkan

TRIBUNNEWS.COM, Jakarta – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) siap menjadi katalis utama pertumbuhan pariwisata dan ekonomi di Lampung melalui Kota Pelabuhan Bakauheni.

Sekretaris Perusahaan ASDP Shelvy Arifin mengatakan BHC akan memanfaatkan letak pelabuhan Bakauheni yang strategis, pintu gerbang utama Jawa-Sumatera.

“BHC dirancang untuk menciptakan dampak ekonomi yang berkelanjutan, memperkuat ikatan pariwisata domestik dan meningkatkan omzet pariwisata,” kata Shelvy dalam keterangannya, Senin.

Shelvy menyatakan, proyek tersebut tidak hanya mengusung konsep pengembangan pariwisata, tetapi juga menjadi motor penggerak tumbuhnya banyak sektor pendukung lainnya.

Ia mengatakan melalui integrasi yang matang antara pariwisata pelabuhan dan hiburan, BHC diharapkan mampu memberikan multiplier effect yang kuat, menciptakan lapangan kerja baru, dan mendorong lebih banyak investasi domestik dan internasional.

“Hal ini diharapkan dapat mengubah peta perekonomian Lampung menjadi lebih dinamis dan kompetitif,” kata Shelvy.

Di sisi lain, Shelvy mengatakan BHC akan memberikan prioritas kepada usaha kecil dan menengah serta masyarakat lokal sebagai bagian dari upaya ASDP untuk memastikan masyarakat lokal dapat memperoleh manfaat langsung dari perekonomian.

“Kami berkomitmen untuk melibatkan usaha kecil dan menengah serta masyarakat lokal di semua tahap pengembangan BHC. Inilah cara kami memastikan bahwa proyek ini memberikan dampak positif sepenuhnya,” ujarnya.

Berdasarkan data ASDP, hingga Agustus 2024 jumlah pengunjung menunjukkan peningkatan yang signifikan. Shelvy mengatakan, total pengunjung yang berkunjung ke Taman Siger sebanyak 117.168 kendaraan dan pengunjung Taman Krakatau sebanyak 37.893 orang.

Hal ini mencerminkan kekaguman masyarakat terhadap destinasi wisata di sekitar BHC, serta sangat menarik untuk dikembangkan lebih lanjut.

“Melalui kolaborasi yang kuat antara pemerintah BUMN dan masyarakat, ASDP berkomitmen menjadikan BHC sebagai ikon pariwisata baru di Lampung. Proyek ini diharapkan dapat memberikan dampak jangka panjang terhadap pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.” tujuan wisata terkemuka di Indonesia.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *