Kemenperin Berencana Bangun Balai Diklat Industri di IKN dan Papua

Laporan reporter Tribunnews.com Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Perindustrian berencana mengembangkan Balai Pelatihan Industri (BDI) di wilayah nusantara (IKN) dan ibu kota Papua untuk mengembangkan dan meningkatkan keterampilan sumber daya manusia (SDM) guna memenuhi kebutuhan industri.

Ketua Badan Pengembangan Tenaga Kerja Industri (BPSDMI) Masrokhan memaparkan skema tersebut dengan persetujuan Menteri Perindustrian.

“Selain film, pasti kita akan dirikan di IKN, apalagi IKN sudah mulai penjajakan di sana. Kita juga ingin mendirikan di Papua. Hal ini sesuai dengan instruksi Menteri Agus Kumiwang, karena menteri ini sangat perhatian. sumber daya manusia yang berdedikasi,” kata Masrokhan di gedung PIDI Kementerian Perindustrian di Jakarta, Jumat (26/7/2024).

BDI akan segera beroperasi di kedua wilayah tersebut, apalagi sekarang perencanaan telah dimulai.

“Kami akan segera memulainya dan negosiasi telah dimulai,” kata Masrokhan.

BPSDMI Kemenperin memiliki tujuh balai pelatihan industri antara lain BDI Jakarta, BDI Medan, BDI Patang, BDI Yogyakarta, BDI Surabaya, BDI Denpasar, dan BDI Makassar. Salah satu yang sedang dikerjakan adalah BDI Batam.

Bedham dipilih sebagai lokasi BDI kedelapan karena tingginya permintaan akan pekerja.

Berdasarkan data Kementerian Perindustrian, Batam memiliki sekitar 583 PMA dengan jumlah karyawan sekitar 118.781 orang, dan PMDN memiliki sekitar 1.175 perusahaan dengan jumlah karyawan sekitar 58.556 orang sehingga membutuhkan total hampir 200.000 karyawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *