Kunci Jawaban IPA Kelas 10 Halaman 163 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi: Aktivitas 5.3

TRIBUNNEWS.COM – Berikut jawaban IPA Kelas 10 Mata Kuliah Mandiri Edisi Revisi halaman 163.

Mintalah siswa menjawab lima pertanyaan pada Tabel 5.2 yang berhubungan dengan proses kimia dalam kehidupan sehari-hari.

Namun siswa bersemangat mengikuti petunjuk guru dalam diskusi kelas.

Pertanyaan ini dibahas dalam Kegiatan 5.3, “Mari kita kenali diri kita sendiri”. Kunci Jawaban IPA Kelas 10 Halaman 163 Kurikulum Mandiri Revisi Kegiatan 5.3 Mari Mengidentifikasi

Identifikasi proses kimia dalam kehidupan sehari-hari yang tidak mendukung prinsip kimia hijau.

Menjawab:

Contoh 1 Kegiatan atau kejadian di/sekitar rumah: Pembakaran sampah dapur Proses kimia: Reaksi pembakaran Reaksi kimia setara: Reaksi kimia setara Kelas 10 IPA Hal-hal yang tidak mengikuti prinsip kimia hijau: Proses pembakaran melepaskan karbon dioksida Gas berkontribusi terhadap pemanasan global. Gas CO dan C yang dihasilkan dari reaksi tersebut juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Ambil tindakan sebagai solusi dengan menerapkan prinsip green chemistry: Sampah organik dari dapur ditanam di tanah dan dijadikan kompos. Sampah organik juga dapat diolah menjadi pupuk organik cair. Kompos dan pupuk organik cair membantu menyuburkan tanaman tanpa merusak lingkungan.

Contoh 2 Kegiatan atau kejadian di/sekitar rumah: Membakar sampah plastik Proses kimia: Reaksi pembakaran Reaksi kimia yang setara: Reaksi kimia Contoh 2 Pelajaran Alam 10 Page 163 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi

– Hal-hal yang tidak sesuai dengan prinsip green chemistry: Proses pembakaran tidak sempurna mengeluarkan gas karbon dioksida yang berkontribusi terhadap pemanasan global. Pembakaran plastik juga melepaskan senyawa beracun yang disebut dioksin, yang berbahaya bagi kesehatan.

– Sebagai solusinya menggunakan prinsip green chemistry: potong sampah plastik kecil-kecil dan masukkan ke dalam botol air mineral bekas. Kumpulan botol berisi bagian plastik disebut eco-brick. Koleksi eco-brick dapat membentuk berbagai barang yang bermanfaat.

Penafian:

– Jawaban di atas hanya untuk orang tua sebagai pedoman dalam proses belajar anaknya.

– Pertanyaan ini merupakan pertanyaan terbuka, artinya ada beberapa jawaban yang tidak kaku seperti di atas.

(Tribunnews.com/Farrah Putri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *