Jadi Alternatif Olesan Roti, Begini Cara Simpan Butter Blend yang Benar

Reporter Tribunnews.com Rina Ayu melaporkan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Penggunaan mentega untuk masakan dan kue kini sudah menjadi hal yang lumrah di kalangan ibu-ibu di Indonesia.

Mentega diduga mampu memenuhi kebutuhan lemak anak-anak dan orang dewasa.

Namun sayangnya, harga mentega di pasaran tidaklah murah, apalagi mentega impor.

Oleh karena itu, para ibu kerap menyiasatinya dengan mengganti mentega dengan margarin.

Meski keduanya merupakan produk yang berbeda.

Mentega berasal dari lemak susu sedangkan margarin berasal dari minyak nabati.

Mentega biasanya memiliki aroma tertentu, rasa asin dan lembut dan sering digunakan untuk olesan roti, pasta, kue, roti, sup, kue bahkan saus.

Selain mentega, ibu bisa menggunakan alternatif lain yaitu campuran mentega yang mengandung campuran susu sapi dan minyak sayur.

Chef Clara Adelina menjelaskan perbedaan ketiganya.

Mentega lebih mahal, titik lelehnya lebih rendah karena tidak bisa disimpan di suhu ruangan.

“Karena kalau di suhu ruangan lebih cepat meleleh,” ujarnya saat peluncuran Mother’s Choice Butter Blend di Lippo Mall Puri, Sabtu (4/5/2024).

Sedangkan margarin dapat disimpan pada suhu ruangan karena memiliki titik leleh yang lebih tinggi dibandingkan mentega. Selain itu, secara fisik margarin memiliki tampilan yang kental.

“Campuran mentega tersebut memiliki titik leleh yang rendah, yaitu 37-39 derajat Celcius, dan secara fisik menyerupai mentega,” ujarnya.

Beliau juga memberikan nasehat cara menyimpan mentega, campuran mentega dan margarin.

Untuk mentega atau mentega, lebih baik disimpan di lemari es.

Sedangkan campuran migrane dan mentega bisa di suhu ruang.

“Sebaiknya disimpan dalam keadaan tertutup rapat dan jauh dari aroma yang kuat karena mentega dan mentega menyerap bau dari kulit dan mempengaruhi produk. Tapi jangan disimpan di suhu ruangan yang terlalu lembab dan menyebar,” kata Clara.

Head of Sales dan Marketing PT Senar Medo International, Ronal Catelli mengatakan butter blend ini sengaja diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan ibu-ibu milenial dan Gen Z dalam mendukung keluarga dan orang-orang tersayang merasakan kecintaannya terhadap anak. Hidangan spesial.

“Ini adalah campuran mentega pertama kami dalam kemasan praktis di Indonesia. Penggunaan mentega dapat meningkatkan kualitas masakan dari segi rasa, tekstur dan aroma. “Oh iya, butter mix kita juga bergizi lho, bisa dioles di roti tawar dan berbagai masakan lainnya, termasuk adonan roti, kue, dan tumisan,” jelas Ronal.

Pembuat konten Instagram @janelleandmom, Cynthia Karnady berbagi pengalamannya sebagai full-time mom yang tetap aktif di dapur. Ia mengaku sangat selektif dalam memilih bahan makanan, terutama untuk anak kecilnya.

“Bagiku, kesehatan keluarga adalah yang utama. Apalagi sejak aku memutuskan untuk menjadi full-time mother. Aku ingin memastikan Jenelle selalu mendapatkan yang terbaik, termasuk makanan yang disantapnya. Oleh karena itu, aku pasti memilih produk yang tidak hanya enak, tapi juga memiliki kandungan nutrisi dan manfaat yang jelas, saat campuran mentega ini dicampur, aromanya akan tercium ke seluruh ruangan dan Janelle akan benar-benar memakannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *