Netanyahu Hendak Dikudeta Militer Israel, Istri dan Anaknya Bocorkan Kronologisnya

TRIBUNNEWS.COM, ISRAEL – Istri Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menuduh pejabat senior militer berupaya melakukan kudeta terhadap suaminya.

Tuduhan itu dilontarkan pekan lalu dalam pertemuan pribadi dengan beberapa keluarga warga Israel yang ditawan di Jalur Gaza.

Peristiwa tersebut diberitakan pada Selasa (25/6/2024) oleh surat kabar Israel Haaretz.

Menurut Haaretz, Sara Netanyahu mengatakan pasukan Israel mencoba melakukan kudeta militer terhadap suaminya.

Laporan tersebut menambahkan bahwa beberapa anggota keluarga Netanyahu turun tangan, dengan mengatakan bahwa mereka tidak dapat menyatakan tidak percaya pada militer Israel.

Sara Netanyahu kemudian mengklarifikasi bahwa ketidakpercayaannya hanya berlaku pada tokoh senior militer, bukan (tentara Israel) secara keseluruhan, dan berulang kali menegaskan bahwa pejabat senior militer ingin melakukan kudeta.

Sara Netanyahu bukan satu-satunya anggota keluarga yang menuduh para pemimpin militer berupaya melakukan kudeta.

Putranya Yair Netanyahu juga melontarkan tuduhan serupa awal bulan ini.

Pada 17 Juni, Yair menuduh militer dan dinas keamanan Shin Bet melakukan “pengkhianatan” selama operasi militer yang dilakukan oleh gerakan Hamas Palestina pada 7 Oktober.

“Apa yang mereka coba sembunyikan? Jika tidak ada pengkhianatan, lalu mengapa mereka takut pihak luar yang independen akan menyelidiki apa yang terjadi?” tulisnya di X.

“Mengapa tentara dan pemimpin intelijen terus mengatakan bahwa Hamas tidak stabil? Di mana Angkatan Udara pada 7 Oktober?” dia menambahkan.

“Juru bicara yang mewakili Netanyahu menolak laporan tersebut, dengan mengatakan bahwa laporan tersebut salah, bias, dan kebocoran informasi yang terus menerus mengenai Nona Netanyahu merupakan ketidakadilan yang serius,” tulis Haaretz.

Sementara itu, media Israel Times of Israel juga memberitakan hal serupa. 

“Sarah Netanyahu mengatakan dalam pertemuan tertutup dengan keluarga sandera bahwa pejabat senior militer ingin melakukan kudeta militer terhadap suaminya,” lapor Haaretz.

Retakan di pemerintahan Netanyahu

Ketegangan meningkat antara Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan tentara mengenai kemungkinan melenyapkan Hamas dan kurangnya rencana pascaperang yang komprehensif untuk Jalur Gaza.

Netanyahu terus-menerus menekankan bahwa tujuan utama perang ini adalah untuk melenyapkan Hamas.

Namun mereka tidak membahas masalah pemerintahan di Jalur Gaza setelah konflik berakhir, yang menurut militer harus diselesaikan.

Daniel Hagari, juru bicara militer Israel, mengungkapkan pandangan ini dalam sebuah wawancara dengan Channel 13 pada 19 Juni, mengatakan bahwa Hamas tidak dapat dihancurkan.

“Hamas adalah sebuah ide. Yang mengira bisa dimusnahkan itu salah,” ujarnya.

Dalam sebuah pernyataan yang dianggap sebagai pesan langsung yang tidak biasa dari militer kepada para pemimpin politik Israel, Hagari menambahkan: “Apa yang bisa kita lakukan adalah mengembangkan sesuatu yang baru untuk menggantikan Hamas. Siapakah itu? Akan apa? Ini adalah keputusan yang perlu diambil. .pemimpin politik.”

Genosida yang sedang berlangsung di Gaza

Israel, yang saat ini diadili di Mahkamah Internasional atas tuduhan genosida terhadap warga Palestina, telah melancarkan perang dahsyat di Jalur Gaza sejak 7 Oktober.

Menurut Kementerian Kesehatan Gaza, 37.658 warga Palestina telah tewas dan 86.237 terluka dalam genosida Israel yang sedang berlangsung di Jalur Gaza sejak 7 Oktober.

Selain itu, sedikitnya 7.000 orang hilang, diyakini tewas di bawah reruntuhan rumah mereka di Jalur Gaza.

Organisasi-organisasi Palestina dan internasional mengatakan mayoritas dari mereka yang terbunuh dan terluka adalah perempuan dan anak-anak.

Perang Israel telah menyebabkan kelaparan parah, terutama di Gaza utara, yang menewaskan banyak warga Palestina, kebanyakan anak-anak.

Agresi Israel juga telah memaksa hampir dua juta orang mengungsi dari seluruh Jalur Gaza, dan sebagian besar pengungsi terpaksa mengungsi ke kota Rafah di selatan yang padat penduduknya, dekat perbatasan dengan Mesir, yang kini menjadi kota terbesar di Palestina. eksodus massal setelah Nakba 1948.

Israel menyatakan 1.200 tentara dan warga sipil tewas dalam Operasi Banjir Al-Aqsa pada 7 Oktober.

Media Israel menerbitkan laporan bahwa banyak orang Israel terbunuh pada hari itu oleh “tembakan ramah”.

Sumber: Haaretz/Anadolu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *