Gaya Mewah Kaesang-Erina saat Naik Jet Pribadi Disorot, KPK Minta Putra Bungsu Jokowi Diklarifikasi

TRIBUNNEWS.COM – Kesung Pangarep dan istrinya Erina Gudono menggunakan pesawat jet senilai miliaran rupee saat berwisata di Amerika (AS) beberapa waktu lalu.

Sedangkan jet Gulfstream G650ER disebut-sebut milik Carena, perusahaan game online yang disponsori Singapore Sea Limited.

Gaya hidup mewah putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini kemudian menyedot perhatian publik.

Pasalnya, banyak netizen yang mempertanyakan sumber pendapatan Kesang yang diperkirakan mencapai Rp 8,7 miliar dari sewa jet pribadinya.

Warganet mengetahui penggunaan jet pribadi yang dilakukan Erina dari berbagai cerita yang ia unggah di media sosial pribadinya Instagram dan memantau situs pelacakan penerbangan.

Usai pemberitaan sensasional tersebut, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memerintahkan Direktorat Laporan Kepuasan meminta penjelasan Kesang terkait penggunaan jet pribadi.

“Pimpinan sebenarnya memerintahkan kepada direktur, mohon klarifikasi informasi dari media,” kata Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Alexander Marwada dalam jumpa pers di kantornya, Selasa (27/8/2024). Jakarta. . ), dilansir Kompas.com.

Dalam hal ini, Alex menegaskan setiap orang mempunyai kedudukan yang sama di mata hukum.

Untuk itu dia meminta Direktorat Kepuasan tidak segan-segan meminta penjelasan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Alex juga mengatakan langkah tersebut merupakan bagian dari pemenuhan kewajiban KPK.

“Masyarakat tidak boleh bertanya: apa yang terjadi, apakah itu gratifikasi? “Harus jelas siapa yang menyediakan fasilitas tersebut dan lainnya,” kata Alex.

Alex mengatakan, meski bukan pejabat negara, Kesang bisa meminta penjelasan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena ia hanya menjabat sebagai Ketua BSI dan merupakan pimpinan beberapa perusahaan.

Berbeda dengan Presiden Jokowi, kakak laki-lakinya Gibran Rakabuming Raqa yang menjabat Wali Kota Solo dan kakak iparnya Bobby Nasushan yang menjabat Wali Kota Medan, Kesang tidak memegang jabatan publik.

Namun jika pemberian manfaat tersebut diklaim berkaitan dengan kondisi keluarga yang bersangkutan, maka bisa dilakukan klarifikasi lebih lanjut.

“Ya, biasanya bisa. Ya, kalau tidak bisa, seperti saya, saya akan bilang ke anak saya, terima semuanya (kepuasan). “Sudah berakhir, bukan saya yang melakukannya, itu anak saya,” kata Alex.

“Tapi ya iya, kecuali jika ada dugaan yang beralasan bahwa posisi orang tua ada hubungannya dengan pemberian fasilitas dan sebagainya,” tambah Alex. Gaya mewah Erina memakai bros seharga jutaan dan makan roti Rp 400 ribu

Selain perjalanan jet pribadi yang mencuri perhatian, gaya busana istri Kasung di Amerika Serikat ini juga tak luput dari perhatian publik.

Sekilas penampilan Erina mungkin terlihat polos dan sederhana.

Namun, ada aksesoris branded lain yang melengkapi penampilan Erina.

Dimana pada salah satu bagian dadanya terdapat pin berlogo brand mewah Chanel yang pastinya harganya tidak murahan.

Dikutip dari website chanel.com, harga bros Chanel mulai dari beberapa jutaan.

Ada yang bilang, harga bros Chanel Erina itu Rp 11.500.000 atau lima kali lipat lebih mahal dari kampung halaman mertuanya, Jokowi, yakni UMK.

Sesuai Surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah No. 561/57 Tahun 2023 efektif 1 Januari 2024, UMK Solo 2024 sebesar Rp 2.269.070.

Selain itu, netizen juga mengunggah Instagram Erina yang memperlihatkan potret suaminya Kesung dengan Roti di sebelahnya.

“Mas Kaesong: 400.000 roti terlalu mahal,” tulis Erina sambil memamerkan lokasinya di Los Angeles, California.

Wanita yang sedang mengandung anak pertamanya itu pun menceritakan momen pembelian stroller merek Mima.

Harga stroller merk ini berkisar antara Rp 23 hingga 30 jutaan.

“Belanja untuk anak-anak,” baca caption Erina di Instagram story yang dibagikannya.

Erina diketahui terbang ke Negeri Paman Sam untuk melanjutkan studinya di University of Pennsylvania di Philadelphia.

Namun saat membagikan momen bahagianya, Erina mendapat kritik pedas dari netizen.

(Tribunnews.com/Rifqah/Melvyandie Haryadi) (Kompas.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *