Langkah-langkah Restitusi Apa Saja yang Sudah Dijalankan oleh Ibu Santi? Jawaban Modul 1.4

TRIBUNNEWS.COM – Berikut contoh jawaban atas pertanyaan kasus di atas, Tindakan kompensasi apa yang telah dilakukan Ibu Santee?

Bapak/Ibu Guru dapat mengetahui pekerjaan dari pertanyaan 1.4.A.5 Co-working Space Modul 1.4 Budaya Positif Pengaktifan Pendidikan Guru.

Kemudian Bapak/Ibu Guru diminta untuk menuliskan jawabannya sesuai pendapat Bapak/Ibu Guru.

Jawaban yang diberikan dalam artikel ini menjadi referensi bagi guru yang kesulitan menjawab pertanyaan serupa di ruang kolaboratif Modul 1.4 Budaya Positif Pendidikan Guru.

Tugas 1.4.A.5 Coworking Space Modul 1.4 Budaya Positif

Guru matematika kelas VIII dan wali kelas Bu Santi sedang sakit sehingga tidak bisa datang mengajar. Akhirnya guru pengganti, Bu Annie, juga ditemukan. Bu Annie baru menjadi guru SMA selama 2 tahun. Beberapa siswi, Fifi dan Natalie, mengetahui hal tersebut dan mulai memanfaatkan kesempatan tersebut serta mulai tertawa-tawa sesuka hati dan tidak menghiraukan kehadiran Bu Annie. Bu Annie mencoba menyapa Fifi dan Natalie dengan ramah, mengingatkan mereka untuk fokus pada tugas mereka: “Kerjakan tugasmu, kepala sekolah akan memarahimu jika kamu tidak mengerjakan tugasmu. Tolong bantu ibu, ya?” ?” Namun Fifi dan Natalie mulai tertawa, “Ah, Bu, santai saja Bu.” Mereka masih tidak melakukan pekerjaan mereka dan malah berbicara.

Keesokan harinya Bu Santi menelpon Fifi dan Natal dan menanyakan laporan Bu Annie. Ibu Santee bertanya apakah mereka siap untuk memperbaiki masalah yang ada. Fifi dan Natalie sempat ragu dan membela diri, namun akhirnya menyatakan maaf. Bu Santee menjawab bahwa tindakan tersebut sah-sah saja jika mereka memang ingin meminta maaf, namun Bu Santee kembali bertanya, apa yang bisa mereka lakukan untuk menebus perasaan terhina yang dirasakan Bu Santee? Baik Fifi maupun Natalie mengakui perilaku mereka tidak sejalan dengan keyakinan golongan. Ibu berkata lagi apa yang mereka lakukan untuk memperbaiki masalah ini, ada ide?

Setelah berpikir sejenak, Natalie dan Fifi menyarankan agar mereka mengadakan diskusi kelompok dengan teman sekelasnya. Topik yang mereka pilih adalah penerapan keyakinan di kelas, khususnya mengenai rasa saling menghormati dan kaitannya dengan kehidupan sehari-hari di sekolah. Saran lainnya adalah mengirimkan surat kepada Ny. Anne tentang ide Anda. Ia juga mengatakan kepada Bu Annie bahwa dia telah memberi tahu kepala sekolah, Pak Hassan, bahwa jika guru itu tidak hadir lagi, dia akan menjadikan Bu Annie sebagai guru pengganti. Tindakan ganti rugi apa yang dilakukan Ibu Santi pada kasus diatas?

Menjawab:

Ibu Santee menerapkan tahapan penarikan diri, yaitu menggunakan segitiga penarikan: Stabilisasi identitas: “Ibu Santee bertanya apakah mereka siap untuk menyelesaikan masalah yang ada? Fifi dan Natalie ragu-ragu dan membela diri, namun akhirnya mengatakan dia menyesal. ” Penerimaan tindakan : “Mbak Santi menjawab bahwa tindakan ini boleh saja jika memang mereka ingin meminta maaf, namun Bu Santi bertanya lagi apa yang mereka lakukan, apa yang bisa mereka lakukan untuk menebus rasa tidak hormat Bu Santi. Fifi dan Natalie sama-sama mengakui bahwa perilaku mereka tidak sejalan dengan keyakinan kelas. “Apakah Anda punya ide tentang apa yang akan mereka lakukan untuk memecahkan masalah tersebut,” lanjut Ny. Santee.

(Tribunnews.com/Nurkhasanah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *