Dirjen Aptika Kominfo Mundur Imbas PDN Diretas: Ini Tanggung Jawab Moral Saya

TRIBUNNEWS.COM – Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Samuel Abrijani Pangerapan mengundurkan diri dari jabatannya hingga 1 Juli 2024.

Langkah tersebut diambil oleh pejabat Eselon I Kementerian Komunikasi dan Informatika (Cominfo) yang bertanggung jawab atas insiden peretasan di Pusat Data Nasional (PDN).

“Karena segala sesuatunya ada waktunya, maka sudah waktunya untuk mengucapkan selamat tinggal dan saya mengajukan pengunduran diri saya secara lisan pada tanggal 1 Juli dan telah menyampaikan surat kepada Menteri Komunikasi dan Informatika kemarin.”

“Sebagai pengamat proses teknis transformasi pemerintahan, saya mengambil tanggung jawab ini secara moral dan saya katakan ini harus saya selesaikan, karena ini masalah yang harus saya kelola dengan baik,” kata Samuel, Kamis (4/4/2021). 15 ) di kantor Cominfo. 7/2024).

Ia langsung menyerahkan surat pengunduran dirinya kepada Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Ari Setiyadi.

Sedangkan PDN sendiri secara teknis berada di bawah kewenangan Direktorat Jenderal Aplikasi dan Informatika.

Saat ini PDN masih mengalami error dan belum pulih sepenuhnya.

Situs Kompas.com, soal ransomware di PDN, Semuel juga mengatakan, kini Kominfo dan pihak terkait lainnya terus melakukan proses pemulihan dari waktu ke waktu.

Selain itu, kata Samuel, Cominfo juga mencoba kunci dekripsi gratis yang disediakan peretas PDN.

Namun pihaknya belum memastikan apakah korban akan segera pulih.

“Tadi malam kami mencoba kuncinya, dan berhasil, namun banyak data yang terkunci, jadi saya masih belum tahu bagaimana prosesnya,” tambah Samuel.

Mengakhiri sambutannya, Samuel menyampaikan terima kasih dan permintaan maaf kepada masyarakat Indonesia atas buruknya kinerja mereka.

“Terima kasih dan mohon maaf atas segala kesalahan yang saya lakukan selama ini,” ucap Samuel sambil menyapa dan meninggalkan ruang pers Cominfo. Profil Samuel

Samuel Abrijani Pangerapan lahir pada tanggal 27 Desember 1964 di Makassar, Sulawesi Selatan.

Beliau lulus dengan gelar Bachelor of Business Administration di bidang Information Management, California State University, Amerika Serikat.

Setelah menyelesaikan studinya, Samuel melanjutkan studi pascasarjana di Jurusan Manajemen dengan konsentrasi Manajemen Strategis, Universitas Pancasila, DKI Jakarta, Indonesia.

Sebelum mengisi salah satu posisi di Cominfo, Samuel tercatat sebagai senior chair di PT Jasanita Telekomindo.

Oya, jabatan sebelumnya adalah Direktur Utama (Presiden Direktur).

Jasanita Telecom adalah perusahaan layanan teknologi informasi terintegrasi yang berbasis di Indonesia.

Rupanya Samuel juga aktif di berbagai organisasi, seperti anggota Dewan Pengawas PERURI, Ketua Pertemuan Pejabat Senior Telekomunikasi dan Informasi ASEAN, dan Ketua delegasi Pertemuan Menteri Telekomunikasi dan TI ASEAN (TELMIN).

Beliau juga tercatat telah menerima berbagai sertifikasi peminatan seperti Asia Pacific Regional Internet Conference on Operational Technology (APRICOT), GSM 2005 Congress, ICT Indicator Training and Statistics.

Beliau juga telah mendapatkan sertifikasi dari ASEAN TELMIN/ASEAN TELSOM, Internet Governance Forum (IGF), ITU/NTBC Regional Forum and Telecommunications Training Workshop, dan Leadership Training Level I dari Institute of Public Administration. Samuel Abrijani Pangerapan. Ia resmi mengundurkan diri dari jabatan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika. (HO)

(Tribunnews.com/Galuh Widya Wardani/Bambang Ismoyo)(Kompas.com/Bill Clinton)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *