Garda Revolusi Siapkan Tindakan, Media Israel: Ismail Haniyeh Dibunuh Rudal dari Luar Iran

Garda Revolusi bersiap, Israel menyiarkan: Haniyeh terbunuh oleh rudal dari luar Iran.

TRIBUNNEWS.COM – Hebrew Broadcasting Corporation pada Rabu (31/7/2024) memberitakan bahwa kepala kantor politik Hamas, Ismail Haniyeh, tewas akibat rudal yang diluncurkan dari negara asing di Iran.

Laporan tersebut mengindikasikan bahwa rudal yang diluncurkan bukan dari pesawat Iran.

Laporan ini memberi cerita bahwa, jika Israel benar-benar melakukan pengeboman, maka hukuman mati tidak akan dilakukan melalui serangan udara oleh pesawat tempur yang memasuki wilayah negara lain, seperti yang dilakukan Israel di Lebanon dan Suriah.

Dengan kata lain, laporan ini mencoba mengatakan bahwa tidak ada pesawat perang Israel yang melanggar ruang di wilayah Iran, yang bisa menjadi pembenaran negara ini untuk kembali menyerang Tel Aviv.

Media Iran melaporkan bahwa pembunuhan Ismail Haniyeh juga dilakukan dengan senjata yang diluncurkan dari satu negara ke negara lain, namun tidak di Iran.

Kantor berita Iran, Tasnim, mengumumkan bahwa pertemuan Komite Keamanan Parlemen Iran akan segera diadakan mengenai pembunuhan Haniyeh.

Pada Rabu pagi, Gerakan Perlawanan Hamas mengumumkan kepala kantor politik Organisasi Pembebasan Palestina, Ismail Haniyeh, di ibu kota Iran, Teheran.

Kantor berita Iran melaporkan bahwa Ismail Haniyeh dan salah satu pengawalnya tewas setelah rumah mereka di Teheran dibom oleh rudal yang diduga dilakukan oleh Israel.

Kantor Berita Tasnim juga melaporkan bahwa penyelidikan atas pembunuhan tersebut sedang berlangsung, dan hasilnya akan segera diumumkan. Pernyataan Pimpinan Kantor Politik Hamas, Ismail Haniyeh, saat mendengar putra pertamanya dan anak-anak Israel dibunuh pada Idul Fitri 1445 H, Rabu (10/4/2024). (HandOut/IST) Garda Revolusi Iran siap beraksi

Dalam pernyataan lainnya, Garda Revolusi Iran mengatakan bahwa mereka segera mengambil tindakan terkait pemboman di wilayah Iran setelah menganalisis kejadian tersebut secara detail.

“Kami sedang menyelidiki sejauh mana insiden yang melibatkan Haniyeh di Teheran,” kata Garda Revolusi Iran dalam sebuah pernyataan.

Seperti diberitakan, Haniyeh tiba di Teheran, pada Selasa (30/7/2024), untuk mengikuti upacara pelantikan Presiden baru Iran, Masoud Pezeshkian, di Dewan Syura Iran.

Haniyeh dan Pezeshkian bertemu dengan Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei. Israel menghadapi tujuh banding satu

Dalam konteks langkah yang akan diambil Garda Revolusi Iran, Israel memperkirakan akan semakin menghadapi serangan berskala besar di wilayah yang dikuasai langsung oleh Iran.

Menurut seorang mantan pemukim Inggris, Israel kini dikepung di 7 sisi dan Iran sedang bergerak menuju penggantinya.

Dalam wawancara eksklusif dengan The Sun, Richard Kemp berpendapat bahwa “tujuan” Iran tersebar di tujuh wilayah berbeda.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu baru-baru ini juga mengutarakan gagasan yang sama.

Israel dan Hamas masih berperang di Jalur Gaza.

Front lainnya adalah Tepi Barat, tempat milisi termasuk Hamas dan kelompok lainnya berharap dapat memperluas pengaruhnya.

Hizbullah di Lebanon menjadi pemimpin ketiga.

Hizbullah baru-baru ini disalahkan atas serangan mematikan di Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel pada akhir pekan.

Sementara itu, Iran juga memperluas pengaruhnya di Suriah, peringkat keempat di depannya.

Irak dan Yaman, bersama Houthi yang menyebabkan kekacauan khususnya di Luat Merah, membentuk front kelima dan keenam, dan kemudian ada Iran sendiri sebagai front ketujuh. Israel berperang di 7 front (via The Sun)

Kolonel Kemp, yang menjalankan badan amal yang terkait dengan Pasukan Pertahanan Israel (IDF), yakin Israel tidak berniat memprovokasi perang besar di wilayah tersebut.

Namun ancaman konflik publik mulai muncul, katanya, ketika proksi Iran seperti Hizbullah muncul dengan lebih banyak serangan terhadap Israel.

Kemp berkata: “Sebenarnya, ini adalah perang tujuh front yang sedang dilancarkan Israel saat ini.”

“Semua penentang Israel di masing-masing tujuh wilayah adalah kelompok yang terorganisir dan terorganisir, dipimpin oleh Iran.”

“Dan Iran telah menunjukkan tindakan terkoordinasi dan menggunakan satu front untuk membalas tindakan di front lain.”

Kolonel Kemp menambahkan bahwa ada kemungkinan bahwa Iran akan terus memberi makan boneka-bonekanya daripada melancarkan serangannya sendiri, seperti yang telah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir, ketika mereka menembakkan ratusan senjata dan drone.

Dia berkata: “Saya pikir Iran telah belajar banyak pelajaran penting dari hal ini.”

“Pertama, Iran tidak mempunyai kemampuan untuk merusak Israel dengan cara ini, karena kerusakan yang ditimbulkan oleh ratusan proyektil yang ditembakkan ke Israel sangat kecil.”

“Iran akan menolak melancarkan serangan lagi, misalnya serangan besar dari wilayahnya sendiri.”

“Saya pikir Iran akan menggunakan agen-agennya di wilayah tersebut, dan itu termasuk Hizbullah.”

Kolonel Kemp memperkirakan Israel akan membalas serangan akhir pekan lalu yang menewaskan 12 anak dengan serangan mematikan namun tepat sasaran.

Serangan-serangan itu ditujukan untuk mengganggu aktivitas Hizbullah dan bukannya memprovokasi konflik umum, katanya.

Namun, dia menambahkan, diskusi umum masih mungkin dilakukan. Amerika sedang berusaha meredakan perselisihan

Sementara itu, Reuters melaporkan bahwa Amerika Serikat kini bekerja keras untuk mencegah serangan balasan terhadap ibu kota Lebanon, Beirut, atau fasilitas penting seperti bandara.

Juru bicara Gedung Putih John Kirby mengatakan Amerika mendukung hak Israel untuk merespons, namun memperingatkan agar tidak terjadi perang besar.

Pada Selasa (30/7/2024), Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan kepada Reuters bahwa dia lebih memilih rival di Timur Tengah untuk menyelesaikan perbedaan mereka melalui diplomasi daripada tindakan militer.

Dia berkata: “Meskipun kami telah melihat banyak aktivitas di perbatasan utara Israel, kami tetap khawatir tentang kemungkinan terjadinya perang besar.”

“Dan menurutku hal itu tidak bisa dihindari.”

“Kami ingin melihat masalah ini diselesaikan bersama.”

(oln/khbrn/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *