Mengintip Proses Produksi AQUA di Pabrik Klaten, Sumber Airnya Langsung dari Gunung Merapi

Reporter Tribune News.com Abdi Rayanda Shakti melaporkan

TRIBUNNEWS.COM, KLATEN- PT Tirta Investama (Danone AQUA Group) Klaten memiliki 20 pabrik yang tersebar di delapan provinsi di Indonesia.

Salah satunya terletak di Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.

AQUA sebagai produsen air minum berkomitmen untuk menjadikan masyarakat lebih sehat melalui produk yang dihasilkannya.

“Kami percaya bahwa untuk menyehatkan masyarakat, pertama-tama kita perlu memastikan bumi dalam keadaan sehat,” kata Ratih Angreni, Head of Climate and Water Danone Indonesia, Selasa (23/23) di AKU Biodiversity Park. katanya kepada wartawan. 7/2024).

Tribunnews.com berkesempatan mengunjungi langsung pabrik AQUA di Klaten, untuk melihat bagaimana air minum dalam kemasan diproduksi.

Sumber airnya berasal dari daerah di atas Gunung Merapi yang mengalir ke atau mencapai Sungai Bengwan Solo di bawahnya.

Sedangkan pengelolaan pabrik dan air di Taman Kehati berada di antara hulu dan hilir.

“Semua air AQUA didasarkan pada akuifer tertekan (lapisan bawah tanah) atau akuifer terlindung, mempunyai lapisan kedap air, sehingga tidak terkontaminasi atau tercemar oleh lapisan lain, dan tidak akan menstabilkan air yang ada. dikenal sebagai akuifer tidak tertekan,” katanya.

Pabrik ini memiliki peralatan modern mulai dari irigasi dan pembotolan dengan tingkat kebersihan yang tinggi.

Air yang diproduksi dipilih berdasarkan sembilan kriteria dalam lima tahap, dan diuji selama satu tahun sebelum diproduksi dan didistribusikan ke masyarakat.

Kesembilan parameter tersebut meliputi aliran air, parameter fisik, parameter kimia, parameter mikrobiologi, lingkungan mata air, stabilitas fisik, stabilitas kimia, stabilitas sumber daya air dan infrastruktur.

Sedangkan lima tahapan penelitian meliputi identifikasi dan kajian potensi, kajian geografi, kajian penelitian, penelitian dan pemanfaatan sumber daya air.

Ratih mengatakan, pihaknya juga mempunyai kewajiban untuk mengembalikan kelebihan air untuk keberlanjutan, khususnya untuk penanaman pohon di masyarakat.

“Ketika kita mengetahui di mana zona perlindungannya, kita akan melakukan beberapa aktivitas untuk menyerap air itu sendiri,” jelasnya.

Di sisi lain, kemasan yang 100 persen menggunakan botol plastik daur ulang juga lebih baik bagi lingkungan sehingga menghasilkan jejak karbon yang lebih rendah.

Botol-botol tersebut terdapat pada botol plastik bekas dan nantinya akan didaur ulang menjadi kemasan AQUA yang baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *