Mengasuh Anak di Era Digital bagi Orang Tua Pekerja Menurut Psikolog

Diposting oleh reporter Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Psikolog Ayoe Sutomo M. Psi. Psikolog berbagi tips parenting di era digital bagi orang tua yang bekerja.

Katanya, setiap orang tua harus memiliki keseimbangan antara mengasuh anak dan bekerja.

Namun, tidak sulit bagi orang tua untuk merasa bersalah terhadap anaknya karena meninggalkan anaknya dalam pengasuhan orang lain selama mereka bekerja. 

Oleh karena itu, karena kurangnya pengawasan, hanya sedikit anak yang menghabiskan waktunya bermain dengan perangkat seperti laptop atau ponsel. Berikut beberapa tips yang bisa Anda ambil: 

1. Habiskan waktu bersama anak-anak

Ayoe mengatakan, untuk bisa menyeimbangkan tanggung jawab orang tua sebagai orang tua yang bekerja, disarankan para orang tua untuk meluangkan waktu berkualitas bersama anak setiap hari.

“Meski lelah sepulang kerja, usahakan tetap ada waktu bersama anak untuk bersenang-senang seperti makan atau bermain bersama,” ujarnya dalam pidato memperingati Hari Anak Nasional beberapa waktu lalu.

Kali ini bersama anak bertujuan untuk menciptakan silaturahmi dan terjalinnya hubungan baik antara orang tua dan anak, karena kesenangan kecil yang dilakukan bersama ibu dan ayah juga akan tersimpan dalam ingatan anak.

2. Berikan waktu pada anak untuk bermain gadget

 Selain itu, agar anak tidak seharian berada di depan layar gadget, orang tua dapat menciptakan waktu penggunaan yang kreatif dan seimbang serta sesuai dengan usia dan kebutuhan anak. 

Hal ini bisa dimulai dengan menjelaskan terlebih dahulu alasan orang tua memberikan aturan dalam penggunaan gadget.

 “Jika anak-anak bisa diajak berbicara, jangan lupa libatkan anak dalam proses pengambilan keputusan untuk mengulur waktu. Bersama anak-anak saat menggunakan peralatan untuk memastikan konten atau permainan yang menurutnya sesuai dengan usianya,” Ayoe dikatakan.

Peran orang tua sangat penting dalam perkembangan jasmani dan rohani anak. 

Namun menjaga keseimbangan antara tanggung jawab pekerjaan dan berbagai tugas rumah tangga serta mengasuh anak bukanlah tugas yang mudah. 

Di sisi lain, dengan berkembangnya teknologi, banyak hal dalam hidup menjadi lebih mudah dan bermanfaat, namun jika digunakan secara tidak tepat dan tanpa perawatan dapat menimbulkan banyak dampak negatif terhadap tumbuh kembang anak.

Oleh karena itu, Unicharm mengadakan perayaan Hari Anak Nasional di 2 pabrik sekaligus yang berlokasi di Mojokerto dan Purwakarta. 

Melalui karya ini harapannya dapat meningkatkan hubungan saling percaya antara orang tua dan anak.

“Tahun ini perusahaan kami menyelenggarakan perayaan Hari Anak Nasional yaitu Unicharm Edutainment Day di 2 pabrik sekaligus. Saat ini kami juga bekerja di dalam Perusahaan untuk mengundang karyawan, anak-anak dan keluarga untuk mengunjungi pabrik tersebut. pabrik bangga menjadi bagian dari keluarga besar kami,” kata Manajer Produksi Eiji Ito.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *