Menteri LHK: Progres Penetapan Kawasan Hutan Capai 106 Juta Hektare hingga Juni 2024

Koresponden Tribunnews.com Nitis Havaroh melaporkan

Tribun News.com, Jakarta – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menyebutkan, hingga akhir Juni 2024, lahan yang telah ditetapkan menjadi kawasan hutan mencapai 106.554.226,72 hektare. Jumlah tersebut setara dengan 84 persen dari total kawasan hutan. .

Informasi tersebut ia sampaikan pada Rapat Eksekutif Kebijakan Peta Nasional “A Map Policy Summit 2024” di Jakarta, Kamis (11/7/2024).

Kalau dilihat dari angkanya, penataan kawasan hutan tropis sudah selesai. Sampai Juni 2024, luasnya 106.554.226,72 hektar atau 84 persen (dari total luas hutan yang 125.664.549,9 hektar). hektar sudah) tercapai, spesifikasi administrasinya sudah selesai, ”kata Siti.

CT mengatakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengetahui bahwa tata batas hutan merupakan permasalahan yang serius sehingga belum mampu menyelesaikannya 100%. Selain itu, ada daerah yang belum 100 persen bersih secara administratif, misalnya Papua.

“Seperti Papua, Jayawijaya. Karena wilayah yang diperebutkan, Kalimantan Tengah, dan Riau karena masih ada kawasan terbangun di kawasan hutan yang sedang diselesaikan,” kata City.

Jadi gambarannya begitu, pada dasarnya sudah diselesaikan di lapangan. Tapi konfirmasinya perlu dilakukan beberapa hal, imbuhnya.

Pemerintah berkomitmen mendukung penyelesaian ketidaksesuaian zonasi dan lahan hutan melalui kebijakan pemetaan.

Peta kebijakan diatur sendiri melalui Peraturan Presiden (Perpres) no. 23 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Keputusan Presiden No.

Penerapan kebijakan peta berguna untuk perencanaan tata ruang skala besar, mempercepat penyelesaian konflik tumpang tindih penggunaan lahan, serta mempercepat pelaksanaan program infrastruktur dan pembangunan daerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *