Putri bungsu mantan PM menjadi perdana menteri termuda Thailand – Dinasti Shinawatra kembali berkuasa

Paetongtarn Shinawatra, putri bungsu mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra, resmi menjadi perdana menteri Thailand berikutnya setelah mendapat cukup dukungan dari anggota parlemen.

Paetongtarn, yang mendapat dukungan 319 anggota parlemen dan ditolak 145 anggota parlemen pada Jumat (16/08), akan menjadi perdana menteri termuda yang memimpin negara tersebut.

Penunjukan perempuan berusia 37 tahun itu terjadi dua hari setelah keputusan Mahkamah Konstitusi memecat mantan perdana menteri Srettha Thavisin.

Paetongtarn adalah anak bungsu dari tiga bersaudara yang lahir dari tokoh politik Thailand Thaksin Shinawatra. Ayahnya digulingkan dalam kudeta pada tahun 2006, namun tetap sangat berpengaruh di negara tersebut.

Paetongtarn adalah anggota keempat keluarga Shinawatra yang menjadi perdana menteri.

Kakak ipar Thaksin, Somchai Wongsawat, menjadi perdana menteri pada tahun 2008. Kemudian saudara perempuan Thaksin, Yingluck Shinawatra, menjadi perdana menteri pada tahun 2011 hingga 2014. Baik Somchai maupun Yingluck dipaksa dari jabatannya berdasarkan keputusan pengadilan.

Paetongtarn juga menjadi perempuan kedua yang memimpin Thailand setelah bibinya Yingluck.

Paetongtarn, yang belum pernah menduduki jabatan pemerintahan sebelumnya, akan mengemban tugas untuk menghidupkan kembali perekonomian Thailand dan menghindari kudeta militer serta intervensi yudisial yang membubarkan empat pemerintahan sebelumnya. Apa latar belakangnya?

Thaksin pertama kali menjadi perdana menteri pada tahun 2001. Namun, masa jabatan keduanya tiba-tiba berakhir setelah pemerintahannya digulingkan melalui kudeta militer pada tahun 2006.

Dia kembali ke Thailand setelah 15 tahun pengasingan pada Oktober lalu, beberapa jam sebelum Srettha terpilih sebagai perdana menteri.

Hal ini bisa terjadi setelah ia membuat kesepakatan tak terduga dengan mantan musuhnya di kalangan militer loyalis Kerajaan Thailand – sebuah kesepakatan kontroversial yang dipandang oleh banyak pemilih sebagai pengkhianatan.

Perjanjian ini dimungkinkan oleh musuh bersama; sebuah partai muda dan populer, Move Forward, yang memperoleh suara terbanyak setelah bereksperimen dengan reformasi.

Janji itu ternyata menjadi kenyataan. Mahkamah Konstitusi memutuskan untuk membubarkan Partai Maju karena partai tersebut bertekad untuk mereformasi undang-undang negara yang ketat dan megah.

Mahkamah Konstitusi juga mencopot Perdana Menteri Srettha Thavisin. Dia dinyatakan melanggar konstitusi dengan menunjuk seorang menteri yang pernah menjalani hukuman penjara – sebuah keputusan yang dianggap politis oleh banyak orang.

Srettha, seorang taipan real estat, memimpin negara itu selama kurang dari setahun. Dia adalah perdana menteri Thailand keempat dalam 16 tahun yang digulingkan berdasarkan keputusan Mahkamah Konstitusi.

Adik perempuan Thaksin, Yingluck, memenangkan pemilu 2011, namun ia juga kemudian didiskualifikasi oleh pengadilan dan pemerintahannya digulingkan melalui kudeta kedua. Dia sekarang tinggal di pengasingan.

Paetongtarn memimpin kampanye Pheu Thai pada pemilu tahun lalu, ketika dia sedang hamil besar.

“Saya pikir setelah delapan tahun, masyarakat menginginkan kebijakan yang lebih baik, solusi yang lebih baik untuk negara ini daripada sekadar kudeta,” katanya kepada BBC saat itu. “Mereka mencari kebijakan yang akan membantu kehidupan mereka.” Kronologi Dinasti Shinawatra

1994 – Thaksin mengundurkan diri sebagai CEO Shin Corporation dan memasuki dunia politik dengan bergabung dengan Partai Palang Dharma. Ia berkesempatan menjabat sebagai Menteri Luar Negeri. Saat itu, putri bungsunya baru berusia delapan tahun.

1995 – Thaksin memimpin partai Palang Dharma dan berhasil mendudukkan 23 anggota partai di parlemen. Putri bungsunya, berusia sembilan tahun, membantu menyebarkan selebaran kampanye di Bangkok.

1998 – Thaksin mendirikan Partai Thai Rak Thai dan berencana mencalonkan diri sebagai perdana menteri.

2001 – Thaksin menjadi Perdana Menteri Thailand ke-23.

2005 – Aliansi Rakyat untuk Demokrasi (PAD) mengorganisir protes jalanan untuk menggulingkan Thaksin.

2006 – Thaksin digulingkan saat menghadiri Majelis Umum PBB di Amerika Serikat.

2008 – Kakak ipar Thaksin, Somchai Wongsawat, menjadi perdana menteri sementara selama tujuh hari.

2011 – Paetongtarn membantu bibinya, Yingluck, berkampanye untuk Partai Pheu Thai dengan mengenakan kaos bertuliskan “Return Dad” dan “Ask Dad to Come Home” setelah Thaksin melarikan diri ke Thailand untuk menghadapi proses hukum dan tinggal di luar negeri selama lima tahun .

2014: Yingluck digulingkan melalui kudeta saat Paetongtarn berusia 28 tahun. Ia mengatakan bahwa “walaupun saya tidak terlibat dalam politik, saya tetap terpengaruh olehnya.”

2019 – Paethongtarn menikah dengan Pitak Suksawat di Rosewood Hotel, Hong Kong. Acara yang dihadiri selebriti dan politisi ini digelar hanya beberapa hari setelah Mahkamah Konstitusi membubarkan Thai Raksa Chart Party menjelang pemilihan umum.

28 Oktober 2021 – Paetongtarn memulai karir politiknya sebagai penasihat Partai Pheu Thai di bidang partisipasi dan inovasi. Dia mengumumkan di atas panggung pada sidang umum Partai Pheu Thai di provinsi Khon Kaen bahwa “Ayah tidak pernah melupakan kebaikan negara Thailand” dan “Saya sangat ingin kembali untuk memberi penghormatan kepada Thailand lagi.”

20 Maret 2022 – Partai Pheu Thai menambahkan babak baru: Paetongtarn memperoleh status “Kepala Keluarga Pheu Thai” selama kampanye di Provinsi Udon Thani.

10 Oktober 2022 – Paetongtarn kembali sebagai penasihat pusat operasi pemilu Partai Pheu Thai.

2023 – Paetongtarn mengumumkan kesediaannya untuk menjadi calon Perdana Menteri Partai Pheu Thai, jika dicalonkan.

2023 – Paetongtarn menjadi pemimpin partai Pheu Thai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *