Hamas: Mohammad Deif, Pria dengan Sembilan Nyawa Masih Hidup, Yahya Sinwar Masih Bugar

Hamas: Mohamed Deif, pria dengan sembilan nyawa masih hidup

TRIBUNNEWS.COM – Pejabat senior Hamas Osama Hamdan pada Kamis (15 Agustus 2024) membantah laporan bahwa Mohammed Deif, kepala Brigade al-Qassam sayap militer Hamas, tewas dalam serangan udara Israel di Jalur Gaza.

Pasukan Pendudukan Israel (IDF) mengklaim bahwa Mohamed Deif tewas dalam serangan udara, namun Hamdan membenarkan bahwa Deif masih hidup.

Hamdan menuduh Israel meningkatkan serangan terhadap para pemimpin Hamas setelah menerima tawaran gencatan senjata baru-baru ini.

Terkenal karena selamat dari tujuh upaya pembunuhan, Deif dijuluki ‘Master of Disguise’ dan ‘Man of Nine Lives’.

The Jewish Chronicle, surat kabar mingguan Yahudi yang berbasis di London, mengungkapkan rincian baru tentang percobaan pembunuhan Deif dua minggu lalu.

Laporan mengungkapkan bahwa tentara Israel yang menyamar sebagai pengemis dan penjual sayur terlibat dalam upaya pembunuhan tersebut.

Hamdan juga menanggapi laporan media yang menunjukkan kesulitan berkomunikasi dengan para pemimpin Hamas, termasuk Yahya Sinwar.

Ia mengisyaratkan Yahya Sinwar dalam kondisi baik dan mampu memimpin organisasi dengan baik.

“Dia (Hamdan) menjelaskan bahwa meskipun ada tantangan yang ditimbulkan oleh serangan yang sedang berlangsung, komunikasi tetap efektif dan manajemen mengelola organisasi dengan baik,” kata laporan RNTV. Dalam foto bertanggal 14 Desember 2022 ini, Yahya Shinwar, yang saat itu menjabat sebagai ketua gerakan Palestina Hamas di Jalur Gaza, melambai kepada para pendukungnya pada rapat umum memperingati 35 tahun Hamas di Kota Gaza. – Menteri luar negeri Israel menyerukan “segera pemecatan” Yahya Sinwar, yang ditunjuk oleh Hamas sebagai pemimpin politik baru kelompok militan tersebut pada 6 Agustus 2024, menggantikan Ismail Haniyeh, yang terbunuh di Teheran pekan lalu. (Foto: MOHAMED ABED/AFP) (AFP/MOHAMED ABED) Kopi Sinwar masih panas

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengaku hampir menangkap direktur politik Hamas Yahya Sinwar di sebuah terowongan di Jalur Gaza sehubungan dengan pencarian Yahya Sinwar.

Menurut ISIS, Yahya Sinwar bisa saja ditangkap jika ada penundaan ‘beberapa menit’.

Kita masuk ke kompleks bawah tanah. Komplek ini saya bilang, ‘Panas’,” ujarnya.

Goldfuss mengaku menemukan banyak uang di gedung tersebut.

“Kopinya masih hangat.” “Ada senjata berserakan di mana-mana.”

Menurutnya, Sinwar pergi hanya beberapa menit sebelum ISIS tiba di terowongan. Gambar ini, diambil saat tur media yang diselenggarakan oleh militer Israel pada 15 Desember 2023, menunjukkan sebuah terowongan yang diyakini digunakan Hamas untuk menyerang Israel melalui perbatasan Eres pada 7 Oktober 2023. (Jack Ya ampun/AFP)

Pada bulan Februari, ISIS merilis video yang menunjukkan salah satu terowongannya di Gaza.

Menurut Israel, terowongan itu digunakan oleh Sinwar, keluarganya, dan pejabat senior Hamas sebagai tempat perlindungan selama perang.

Terowongan itu tampaknya memiliki dua kamar mandi, dapur, dan ruang tidur.

Ada juga ruangan terpisah yang menurut IS digunakan oleh Sinwar sendiri. Di dalamnya ada brankas berisi uang tunai miliaran dolar.

Goldfuss mengatakan ISIS memerlukan waktu 10 jam untuk menembus pertahanan Hamas di Khan Yunis.

Dia mengatakan terowongan itu adalah pusat Hamas. Oleh karena itu, jika Israel ingin mengalahkan Hamas, maka harus menghancurkan terowongan tersebut.

“Sekarang ketika kami merencanakan operasi, kami melihat ke bawah terowongan terlebih dahulu dan kemudian naik ke permukaan dari sana,” katanya.

Goldfuss adalah salah satu perwira senior ISIS yang memimpin serangan terhadap Hamas di Jalur Gaza.

Dia kemudian memimpin Grup Angkatan Darat Utara dan segera menerima pangkat mayor jenderal.

Sementara itu, Sinwar baru saja terpilih menjadi ketua politbiro Hamas menyusul pembunuhan Ismail Haniyeh.

Haniyeh meninggal dunia usai menghadiri pelantikan Presiden Iran Massoud Fezeshkian di Teheran, Iran.

Iran dan sekutunya menuduh Israel sebagai pelakunya. Namun, Israel tidak mengakui atau menyangkal hal tersebut.

Saat ini, Iran dan proksinya sedang mempersiapkan serangan besar-besaran terhadap negara Zionis. Israel kaget karena pejuang Hamas bisa tiba-tiba menghilang.

Israel mengakui terowongan yang dibangun Hamas di Gaza sangat kompleks.

Outlet televisi Israel Channel 12 bahkan membandingkan terowongan Hamas dengan jaring laba-laba.

Pejuang Hamas dikatakan bisa tiba-tiba menghilang di bawah tanah dan kemudian muncul di suatu tempat dan menyerang tentara Israel yang sedang melakukan operasi.

Dalam laporan investigasinya, Channel 12 mengutip pejabat keamanan dan pertahanan Israel yang mengetahui jaringan terowongan Hamas.

Jaringan terowongan yang rumit memungkinkan Hamas melakukan “pertempuran defensif sistematis di bawah tanah,” katanya.

“Kami tahu bahwa ada dimensi berbeda yang harus dilakukan dalam pertempuran: di udara, di dunia maya, dan di darat,” kata seorang pejabat keamanan Israel, menurut Sputnik News.

“Terowongan itu seperti jaring laba-laba. Jika Anda memotong satu terowongan, otomatis terowongan pengganti akan muncul dan jaring tersebut akan terus ada.”

Meski perang di Gaza telah berlangsung selama lebih dari sembilan bulan, bahkan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) pun tidak mengetahui segalanya tentang terowongan besar milik Hamas.

“Bahkan saat ini kami belum mengetahui gambaran besarnya dan kami belum sepenuhnya memahami keseluruhan jaringan terowongan karena jika kami melakukan hal tersebut, keunggulan Hamas di wilayah tersebut bisa hilang,” kata salah satu sumber. Beberapa tentara Israel berhasil ditangkap Brigade Al-Qassam saat pembukaan terowongan di Rafah, Sabtu (20 Juli 2024). (H/Telegram/Brigade Al-Qassam)

Jaringan terowongan di Jalur Gaza disebut-sebut mirip dengan terowongan yang digali tentara Vietnam Selatan pada tahun 1960-an untuk melawan pasukan Amerika.

Kini strategi “berteknologi rendah” ini digunakan lagi di Gaza. Militer Israel disebut-sebut tidak punya pilihan selain beradaptasi dengan strategi tersebut.

Jaringan terowongan Hamas dikatakan dikerahkan di seluruh Gaza, memungkinkan mereka untuk secara diam-diam mengirimkan jet tempur dan amunisi tanpa terdeteksi oleh intelijen Israel.

Menurut laporan, Hamas telah berhasil membangun fasilitas produksi senjata bawah tanah.

Para pejabat Israel memperkirakan bahwa terowongan khas Hamas akan menelan biaya sekitar $275.000 per kilometer.

Membangun terowongan khusus, tempat produksi senjata, dan titik-titik strategis akan memakan biaya lebih banyak.

“Saya rasa kita belum pernah benar-benar menghadapi tantangan baru pada tingkat sistem,” kata seorang pejabat Kementerian Pertahanan Israel.

“Mungkin ada hal-hal spesifik, seperti fakta bahwa kami terkejut dengan kemampuan teknis Hamas dalam membangun elevator di terowongan, gedung bertingkat, dan sebagainya.”

Para pejabat mengakui bahwa kemampuan teknik Hamas luar biasa dalam hal pemahaman dan konektivitas perilaku di lapangan.

“Kami yakin kami akan menghadapinya – rintangan, pintu atas, pengisi daya, dan banyak hal lainnya – namun kami dihadapkan pada lebih dari yang kami perkirakan.”

Pejabat tersebut ditanya mengapa pasukan Israel tidak mampu melewati terowongan di Gaza, meskipun mereka mengaku sudah mengetahui ukurannya.

Dia menjawab bahwa militer Israel sedang melakukan penyelidikan internal atas serangan Hamas pada 7 Oktober 2023 dan insiden sebelumnya.

Salah satu sumber mengatakan secara teknis dimungkinkan untuk menghancurkan seluruh jaringan terowongan Hamas. Namun kehancuran membutuhkan waktu yang lama.

“Butuh waktu bertahun-tahun,” kata sumber itu.

(oln/rntv/khbrn/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *