Hasil Kualifikasi MotoGP Catalunya 2024: Aleix Espargaro Pole, Bagnaia Disalip Pada Menit Akhir

TRIBUNNEWS.COM – Hasil Kualifikasi MotoGP Catalunya 2024 Alex Espargaro menjadi yang tercepat merebut pole position di Sirkuit Catalunya, Barcelona, ​​​​Sabtu (25/5/2024) sore WIB.

Sesi kualifikasi MotoGP Catalunya 2024 hari ini berlangsung menarik, Fabio Di Giannantonio yang lolos dari Q1 finis di urutan ke-5 (baris 2) di sesi kualifikasi kedua (Q2).

Gianantonio dikalahkan oleh Francesco Bagnaia dan menyalip Aleix Espargaro di menit-menit akhir untuk mencatat waktu tercepat di Catalunya.

Aleix Espargaro mencetak rekor baru MotoGP Catalan dengan unggul dari pole dengan catatan waktu 1 menit 38,190 detik. Pembalap Aprilia Spanyol Alex Espargaro berlatih untuk Grand Prix MotoGP Argentina di sirkuit Termas de Rio Hondo pada 31 Maret 2023 di Santiago del Estero, Argentina. (JUAN MABROMATA/AFP) KURSUS PRAKTIS GRATIS 2.

Pembalap Repsol Honda Stefan Bradl kembali ke jalurnya setelah absen pada latihan bebas kemarin karena masalah perut.

Pada awal latihan bebas hari ini, pembalap asal Jerman itu berada di peringkat ke-15.

Sebaliknya, George Martin langsung tancap gas untuk mendapatkan waktu terbaik. Dia mencatatkan waktu 1 menit 40 detik.

Rekor tersebut kali ini tak bertahan lama karena Aleix Espargaro mencatatkan waktu lap bagus 1 menit 39,472 detik.

Lima menit berselang, pebalap Ducati Gresini Marc Marquez terjatuh pada lap kelima di Catalunya setelah ban belakangnya tergelincir. Tapi dia bisa mulai berlatih sore ini.

Pembalap Aprilia itu menambah catatan waktunya menjadi 1 menit 39,294 detik.

Catatan waktu terbaik Aleix Espargaro disusul Francesco Bagnaia di urutan kedua, disusul Jorge Martin (3), Pedro Acosta (4) dan Raul Fernandez (5).

Meski latihan bebas (FP2) berlangsung selama 10 menit, namun hanya ada sedikit perubahan waktu bagi setiap pembalap.

Hanya Franco Morbidelli yang meningkatkan waktunya dengan selisih yang signifikan untuk finis ketiga.

Hingga usai, banyak pembalap yang gagal memecahkan rekor waktu terbaiknya. Lima besar ditempati oleh pembalap yang sama: Alejandro Espargaro, Bagnaia, Morbidelli, Jorge Martin dan Pedro Acosta, dan sesi hari ini dilanjutkan dengan babak kualifikasi pertama. Hasil Kualifikasi Pertama (Q1) MotoGP Catalunya 2024

Pada awal sesi kualifikasi pertama, Raul Fernandez mencatatkan waktu terbaik 1 menit 38,750 detik.

Marc Marquez saat itu hanya tertinggal 0,025 detik.

Setelah beberapa lap, semua pembalap kembali ke garasi untuk menyesuaikan motornya. Quartaro dan rekan satu tim kembali ke trek saat sesi tersisa 5 menit.

Raul Fernandez berhasil memperbaiki catatan waktunya di sisa sesi sore ini dengan catatan waktu 1 menit 38,453 detik.

Setelah itu, ada sedikit perubahan pada jadwal cepat, dengan Miguel Oliveira mengungguli Fernandez dengan selisih 0,098 detik.

Namun catatan waktu Miguel dipatok Mark Marquez pada 1 menit 38,536 detik.

Makin menarik ketika Fabio Di Gianntonio berhasil mengalahkan rekor waktu Raul di menit-menit terakhir. Pembalap Aprilia itu mencatatkan waktu 1 menit 38,208 detik.

Catatan waktu Fabio Di Giannantonio merupakan yang terbaik dan rekor baru di Sirkuit Catalonia.

Pada latihan kemarin, ia memecahkan rekor Aleix Espargaro dengan catatan waktu 1 menit 38,562 detik.

Hasil ini menempatkan Fabio Di Gianantonio dan Raul Fernandez di babak kualifikasi 2, sedangkan Alex Marquez yang berada di posisi ketiga harus turun dari posisi ke-13. Hasil kualifikasi pertama (Q1) MotoGP Catalunya 2024.

Kualifikasi Kedua (Q2) 1. Fabio Di Giannantonio (Ducati) – 1 menit 38,208 detik 2. Raul Fernandez (Aprilia) – 1 menit 38,453 detik

Bintang ke-13. Alex Marquez (Ducati) – 1 menit 38,530 detik 14. Marc Marquez (Ducati) – 1 menit 38,536 detik 15. Miguel Oliveira (Aprilia) – 1 menit 38,551 detik 16. Marco Bezzi (Ducati) 17. Fabio Quartaro (Yamaha) 18. Johan Zarco (Honda) 19. Augusto Fernandez (KTM) 20. Takaaki Nakagami (Honda) Hasil kualifikasi ke-2 (Q2) MotoGP Catalunya 2024

Pada sesi penyisihan kedua kualifikasi (Q2) yang menampilkan 12 pembalap, Pedro Acosta mencatatkan waktu tercepat, unggul 1 menit 38,369 detik dari Jorge Martin.

Meski rekor apik Pedro Acosta tidak bertahan lama, Francesco Bagnaia menjalani masa-masa yang lebih baik.

Pembalap Ducati asal Italia itu mencatatkan waktu 1 menit 38,221 detik.

Setelah beberapa lap, semua pembalap kembali ke garasi untuk menyetel motornya.

George Martin, Bagnaia dan pembalap lainnya yang memperebutkan pole position kembali ke lintasan dengan sisa waktu lima menit.

Sayangnya, George Martin dan Morbidelli di tikungan kedua. George Martin yang melaju di depan Morbidelli terjatuh lebih dulu akibat berbelok tidak tuntas.

Insiden yang dialami George Martin itu disusul rekannya Morbidelli yang berada di belakangnya karena terlalu melebar.

Di penghujung sesi, kejutan terjadi, Aleix Espargaro kembali mencetak rekor baru dan melampaui waktu terbaik Gianntonio.

Ia melintasi tiang dengan catatan waktu 1 menit 38,190 detik.

Ini merupakan pole position pertama Aprilia sejak MotoGP Spanyol musim 2023. Hasil kualifikasi kedua (Q2) MotoGP Catalunya 2024 adalah sebagai berikut:

Permulaan pertama. Aleix Espargaro (Aprilia) – 1 menit 38,190 detik (rekor baru di MotoGP Catalunya)2. Francesco Bagnaia (Ducati) – 3. Brad Binder (KTM) – 1 menit 4. Pedro Acosta (KTM) 5. Fabio Di Giannantonio (Ducati) 6. Jorge Martin (Ducati) 7. Raul Fernandez (Aprilia) 8. Alex Rins (Yamaha) 9. Jack Miller (KTM) 10. Franco Morbidelli (Ducati) 11. Enea Bastianini (Ducati) 12. Maverick Vinales (Aprilia)

(News Life/Sina)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *