Cara Membuat Aksi Nyata di PMM dan 5 Tips agar Lulus Validasi

TRIBUNNEWS.COM – Simak Cara Membuat Aksi Nyata di Platform Merdeka Mengajar (PMM) dan Tips Agar Tervalidasi Tim PMM.

Aksi Nyata merupakan kegiatan akhir untuk menyelesaikan mata kuliah Diklat Mandiri di PMM.

Dikutip dari jasainfo.guru.kemdikbud.go.id Aksi Nyata merupakan suatu bentuk latihan pemahaman guru terhadap mata pelajaran yang dipelajari pada Latihan Mandiri.

Melalui Tindakan Nyata Guru dapat mencoba mengimplementasikan teori-teori yang dipelajari pada Pelatihan Mandiri.

Kegiatan praktikum dijelaskan dalam dokumen tertulis seperti PDF; Kemudian diunggah ke PMM.

Untuk lebih jelasnya, Berikut cara membuat Aksi Nyata di PMM yang dikutip karetinfo.guru.kemdikbud.go.id. Cara Membuat Aksi Nyata di PMM Berikut Cara Membuat Aksi Nyata di Platform Merdeka Mengajar (PMM) 1. Menyelesaikan Modul dan Post Test

Sebelum membuat Aksi Nyata, Guru wajib menyelesaikan pembelajaran dan mengikuti ujian pada mata pelajaran latihan mandiri. 2. Pilih item tindakan sebenarnya.

Pilih salah satu fungsi aktual yang telah disiapkan. Pemilihan mata pelajaran ini akan menentukan kegiatan yang ingin dilakukan guru.

Pastikan untuk membaca informasi rinci pada setiap topik Aksi Nyata.

Jika Anda yakin dengan judul aksi nyata, klik “Pilih Aksi Nyata ini” dan klik “Berikutnya”. 3. Implementasi tindakan nyata.

Melakukan Aksi Nyata sesuai topik Aksi Nyata yang telah dipilih sebelumnya.

Selain itu, Memastikan tindakan yang dilakukan di lapangan mengikuti pedoman yang dituangkan dalam setiap topik Aksi Nyata. 4. Catatan aktivitas aktual

Jangan lupa sertakan kegiatan Aksi Nyata dalam dokumen tertulis.

Guru menggunakan Microsoft Word, Halaman, Titik Daya Anda bisa menggunakan aplikasi seperti Canva dan Google Slides.

Kemudian convert dokumen Real Action tersebut ke dalam format PDF dengan ukuran maksimal 10 MB. 5. Upload dokumen praktikum di PMM.

Setelah dokumen Aksi Nyata dibuat, guru dapat langsung mengunggahnya ke Platform Merdeka Mengajar.

Berikut cara mengunggah dokumen Aksi Nyata ke PMM: Klik “Pilih File” untuk mengunggah dokumen Aksi Nyata dalam format PDF. Guru dapat menceritakan secara singkat kegiatan nyata yang dilakukan pada kolom yang diberikan. Beritahukan kepada guru pelajaran apa yang anda peroleh ketika melakukan Tindakan Nyata. Klik ikon kotak untuk menandainya sebagai pengumuman. Kegiatan yang sebenarnya dibuat oleh guru merupakan karya pribadi (tidak menjiplak) dan mengikuti pedoman. Klik “Kumpulkan” dan klik “Lihat Aksi Nyata” setelah berhasil mengumpulkan dokumen Aksi Nyata. Setelah mengupload log latihan ke PMM; Mintalah rekomendasi dari guru lain. Guru dapat membagikan aktivitas aktual yang diunggah ke Platform Merdeka Mengajar. Klik ikon bagikan di kanan atas atau bagikan aksi nyata di bagian bawah halaman.

Kemudian, Guru dapat menunggu Aksi Nyata Anda disetujui oleh tim Platform Pembelajaran Merdeka.

Bagi guru yang lulus ujian. Anda akan menerima sertifikat pelatihan mandiri. Tips menyampaikan contoh masukan siswa sebagai syarat lolos validasi Tindakan Nyata. (pusat informasi.guru.kemdikbud.go.id)

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan ketika membuat dokumen Aksi Nyata untuk disetujui oleh tim Merdeka Learning Platform. 1. Tidak mengandung unsur plagiat.

Kegiatan yang diciptakan guru merupakan kegiatan nyata dan laporan guru lain; Pastikan deskripsi dan refleksi tidak mengandung unsur plagiat atau persamaan.

Dapat berkolaborasi dengan rekan kerja. Namun membicarakan tentang apa yang dilakukan guru dan menuliskan refleksi pribadi tentang pembelajaran adalah penting dalam pembelajaran. 2. Berlatih sesuai petunjuk dan sesuai topik.

Berlatih di lapangan mengikuti arahan yang dituangkan dalam setiap topik Aksi Nyata yang dipilih.

Guru dapat melihat panduan ini ketika memilih konten latihan. Klik Baca Detail; Sebuah panduan kemudian akan muncul.

Selain itu, Pastikan tindakan yang dilakukan sesuai dengan topik tindakan yang dipilih. 3. Dokumentasi Aksi Nyata

Melampirkan dokumentasi berupa foto guru sedang melakukan kegiatan praktek. 4. Terima umpan balik.

Masukan tersebut bukan merupakan syarat untuk lolos verifikasi implementasi menggunakan platform Merdeka Mengajar.

Alih-alih, Ini adalah feedback yang diterima dari objek Real Action selama proses pembuatan Real Action. Misalnya guru atau siswa di sekolah.

Umpan balik mencakup formulir yang diisi oleh siswa; Anda dapat memutar ulang tanggapan siswa atau menggunakan tangkapan layar dari hal-hal seperti obrolan WA atau Google Formulir.

(Tribunnews.com/Sri Juliati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *