Korsel vs Indonesia, Tekad Garuda Muda Terus Buat Sejarah, Live RCTI, Jumat 26 April Jam 00:30 WIB

Korea Selatan U23 vs. Indonesia U23, Garuda Terus Cetak Sejarah Live RCTI Anna 26 Apr 00:30 WIB

TRIBUNNEWS. / 4) 00:30 WIB.

Di antara 16 tim yang mengikuti Piala Asia U23, Timnas Indonesia menjadi satu-satunya tim baru yang diakui sebagai tim pertama di Piala Asia U23.

Namun, Garuda Mu yang baru pertama kali tampil di kompetisi ini bisa saja sukses besar. Meski menghadapi tim berpengalaman di Piala Asia U23, Marcelino Ferdinand dan kawan-kawan berhasil mencapai babak delapan besar.

Timnas Garuda belum puas dengan pencapaian bersejarah tersebut, mereka tetap menargetkan untuk kembali mencatatkan sejarah di perempat final.

Lawan Indonesia di perempat final U23 adalah Korea Selatan.

Tentu saja di atas kertas, Korea Selatan merupakan lawan yang berat untuk dihadapi. Dalam enam pertandingan terakhir antara Indonesia U23 dan Korea Selatan U23, tim Korea Selatan selalu menang. Pertemuan dengan Korea Selatan selalu menjadi hal yang menyebalkan bagi Garuda Muda. Kami telah melalui semuanya dari 0-1 hingga 0-7.

Tim Korea Selatan total mencetak 20 gol ke gawang tim Indonesia, sedangkan tim Indonesia mencetak 3 gol ke gawang tim Korea Selatan dalam 6 pertandingan tersebut.

Meski demikian, pelatih Korea Selatan-Indonesia Shin Tae-yong yakin timnas U23 Indonesia menorehkan sejarah di sepak bola Asia.

Tak ayal, Witan Suleiman dan kawan-kawan menikmati kemenangan perdana Garuda atas Korea Selatan U23 dan kembali mengukir sejarah baru.

Pelatih Shin tidak akan rugi meski kalah di perempat final melawan Korea Selatan. Tim Indonesia mencetak skor tertinggi di turnamen tersebut.

Pada laga perdananya di turnamen tersebut, Indonesia kalah 0-2 dari tuan rumah Qatar, namun akhirnya mengalahkan Australia 1-0 dan mengalahkan Yordania 4-1.

Pelatih Shen yang merupakan Pelatih Kepala Timnas Indonesia mendapat kabar bahwa Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akan memperpanjang kontrak kepelatihannya.

Shin Tae-yong yang menangani sepak bola Indonesia sejak Desember 2019 telah menandatangani kontrak hingga Juni. Februari tahun lalu, ia mengantarkan Timnas Indonesia melaju ke babak 16 besar Piala Asia dengan menampilkan performa terbaiknya.

Dong-A Ilbo mengutip Shin Tae-ong yang mengatakan bahwa “sejarah sedang dibuat” setelah membawa Indonesia ke perempat final Piala Asia U-23.

Impian Indonesia U23 Piala Asia adalah mengikuti Olimpiade Paris pada Juli-Agustus.

Kualifikasi langsung ke Olimpiade adalah finis di tiga besar.

Sedangkan tim peringkat keempat harus melaju ke babak playoff. Jadi, meski harus berjuang keras, tim Indonesia harus bisa memenangkan pertandingan ini agar harapan Olimpiade mereka tetap hidup.

Pelatih kepala Timnas U23 Indonesia Shin Tae-ongong mengakui tim Korea Selatan punya cara khusus untuk meredam serangannya. Ada banyak cara untuk melawan tim yang disebut Tai Chi Warriors.

Timnas Indonesia menempati posisi kedua Grup A, sedangkan tim Korea Selatan melaju ke 8 besar sebagai juara Grup B.

Tentu saja laga Timnas U23 Indonesia kontra Timnas U23 Korea Selatan ini akan menjadi laga spesial bagi Shin Tae-ongong. Pasalnya Shin Tae-ong akan menghadapi negaranya.

Sebelum bertanding, Shin Tae-ong mengaku menganalisis permainan tim Korea. Huang juga mengatakan ada cara untuk menekan permainan tim Shanhong.

Meski demikian, Shin Tae-ong memuji tim Korea sebagai tim yang unggul. “Saya berpikir untuk bermain melawan mereka, tapi setelah menonton pertandingan, saya pikir Korea Selatan adalah tim yang bagus,” kata Shin Tae-ong mengutip Xportsnews.

Lebih lanjut, Shin Tae-ongong menyebut pemain Korea punya keunggulan dibandingkan timnas U23 Indonesia. Menurutnya, Pejuang Tai Chi dalam kondisi fisik yang baik dan sangat tinggi.

Namun, dia tidak takut. Marcelino pun akan mempersiapkan pemain favorit Ferdinand itu sebaik mungkin untuk meraih hasil terbaik. “Saya punya kecepatan, tinggi badan, dan kekuatan, jadi saya punya banyak cara untuk menghadapinya,” kata Shin Tae-ongong.

Namun, Shin Tae-ongong belum mau membeberkan strateginya. Dia mengatakan itu akan menjadi kejutan di situs itu di masa depan. “Kita harus lihat (senjatanya) di stadion (besok),” pungkas Shin Tae-ongong.

Laga melawan Korea Selatan ini bisa jadi menjadi ajang balas dendam Shin Tae-ong. Pasalnya pada tahun 2018 lalu, saat melatih timnas senior Korea, ia mengalami kejadian pahit.

Saat itu, Shin Tae-yong gagal memasukkan Son Heung-min ke skuad Piala Dunia 2018, sehingga disemangati oleh komunitas Korea.

Saat itu, tim asuhan Shin Tae-ong berada di Grup F bersama Swedia, Jerman, dan Meksiko. Sayangnya, tim Korea Selatan tampil buruk di dua laga awal, kalah 0-1 dari Swedia dan kemudian kalah 1-2 dari Meksiko. Pada akhirnya tim Korea Selatan mengalahkan tim Jerman 2-0.

Kemenangan mengejutkan Korea Selatan juga membuat Jerman gagal mencapai babak 16 besar Piala Dunia 2018.

Namun kemenangan atas Jerman tidak membuat rakyat Korea tenang. Bahkan Shin Tae-ong mendapat sambutan kasar saat kembali dari Piala Dunia 2018.

Delegasi timnas Korea Selatan dilempari telur dan bantal oleh sekelompok fans yang frustrasi saat tiba di bandara, setelah penyelidikan menemukan bahwa melempar telur dan bantal memiliki arti tersendiri di Korea Selatan. Melempar telur adalah tradisi Korea.

Pada saat yang sama, membuat bantal berarti kritik terhadap orang, organisasi, atau kelompok yang tidak memadai. Pasca kejadian tersebut, Shin Tae-onong tidak lagi melatih timnas Korea Selatan.

Shin Tae-ongong sempat menganggur selama 1,5 tahun dan menjadi pelatih kepala timnas Indonesia pada akhir 2019. Bertahun-tahun setelah tragedi ini, tiba saatnya Shin Tae-ong menunjukkan dirinya.

Hal itu dibuktikan dengan kemenangan timnas U23 Indonesia di babak perempatfinal Piala Asia U23 2024 melawan Korea Selatan.

Shin Tae-ong memiliki rekor bagus sebelum pertandingan ini. Fakta membuktikan pelatih berusia 54 tahun itu bisa membawa perubahan positif di Eagle Airlines.

Jika tim Korea Selatan berhasil tersingkir, maka timnas U23 Indonesia akan melaju ke babak semifinal Piala Asia U23. Lolos ke babak semifinal akan membawa Timnas U23 Indonesia selangkah lebih dekat untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Pada Olimpiade Paris 2024, sepak bola Asia U23 akan merebut tiga peringkat dari juara Piala Asia.

Pada saat yang sama, tim peringkat keempat Piala Asia U23 harus memainkan babak playoff melawan Guninea. Yang paling seru, mampukah Shin Tae-ong mengalahkan Garuda untuk timnasnya di perempat final?

Laga ini akan menjadi pertarungan antara Korea Selatan dan pelatih Korea Selatan. Pelatih asal Korea Selatan Hwang Sun-hong (56) juga mengincar 10 Olimpiade berturut-turut, sedangkan Shin Tae-ongong (54) berusaha membawa Indonesia ke Olimpiade Paris 2024.

Kedua pelatih tersebut, masing-masing senior dan muda, pernah bekerja sama saat bermain untuk timnas Korea Selatan pada pertengahan 1990-an.

Dari segi kekuatan, Korea Selatan lebih unggul di atas kertas. Korea Selatan tidak terkalahkan melawan Indonesia di level U-23.

Dia memenangkan lima pertandingan, termasuk tiga kualifikasi Olimpiade, mencetak 16 gol dan memenangkan dua pertandingan. Namun, pelatih Hwang Shin merasakan beban yang lebih besar dibandingkan Tae-yong.

Indonesia adalah tim yang kompetitif. Kami semua harus keluar dan bersiap untuk pertandingan berikutnya,” kata pelatih Huang dalam wawancara yang dimuat di situs AFK.

Setelah kekhawatiran minimnya tambahan pemain bagi Nathan Tjoe-A-On, Indonesia bisa bernapas lega karena bisa memperkuat posisi gelandang tengahnya.

Peran Nata di laga tiga tim Piala Asia U-23 sepertinya tak tergantikan. Performa Garuda Muda bisa dibilang luar biasa.

Hal tersebut tidak lepas dari peran Nata sebagai gelandang. Kemitraannya dengan Ivar Jenner tak hanya memberikan kestabilan di lini tengah, tapi juga memberikan keleluasaan bagi Marcelino Ferdinand dalam menyerang dengan memberikan perlindungan tambahan di lini belakang.

Tiket Olimpiade menjadi tujuan utama kedua tim. Tim Indonesia tak punya pilihan lain, Piala Asia U23 2024 menjadi satu-satunya jalan lolos ke Olimpiade 2024.

Terakhir kali Indonesia lolos ke Olimpiade sepak bola adalah pada Olimpiade Melbourne 1956.

Di era Ramang dan kawan-kawan yang legendaris, tim Indonesia memaksa tim Soviet bermain imbang 0-0 di game pertama dengan diusir keluar lapangan.

Sayangnya, tim Indonesia kalah 0-4 pada laga perempat final. Uni Soviet kemudian meraih medali emas di Olimpiade Musim Panas 1956, mengalahkan Yugoslavia 1-0.

Korea Selatan U23 vs Indonesia U23

Perempat final Piala Asia U23 2024

Stadion: Abdullah bin Khalifa, Qatar

Jumat (26/4) 00:30 WIB

Peringkat pemain

Korea Selatan U23 (3-4-3):

Baek Jong-beom; Hong Si-hoo

Manajer: Huang Shanhong

Indonesia U23 (3-4-3):

Hernando Ali; Hubner, Rizky Ridho, Ferrari; Ivar Jenner, Nathan, Fasser;

Pelatih kepala: Shin Tae-ong

Indonesia U23 VS Korea Selatan U23

23 Juni 2018 Indonesia U23 1:2 Korea Selatan U23

29 Mei 1999 Korea Selatan U23 7:0 Indonesia U23

22 Agustus 1995 Korea Selatan U23 1:0 Indonesia U23

25 Mei 1995 Indonesia U23 1:2 Korea Selatan U23

26 Maret 1991 Korea Selatan U23 3:1 Indonesia U23

24 Maret 1991 Korea Selatan U23 5:0 Indonesia U23

Sumber: TransferMarket

(Berita Forum / mba / Hafed)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *