Mitigasi Perubahan Iklim, AHM Tanam 3.200 Batang Mangrove di Pulau Pramuka

TRIBUNNEWS.COM, PULAU SARIBU – PT Astra Honda Motor (AHM) mendukung upaya pengurangan perubahan iklim dan penyerapan karbon dengan menanam 3.200 pohon bakau di Pulau Pramuka, Pulau Seribu, Minggu 25 Agustus 2024.

Upacara penanaman pohon yang dilaksanakan bersama Pemkab Kepulauan Seribu ini melibatkan jajaran AHM dan media serta dihadiri oleh Vice President PT AHM Thomas Wijaya.

Proyek penanaman mangrove di Pulau Pramuka merupakan salah satu upaya AHM dalam mengurangi perubahan iklim dan mendorong penyerapan CO2.

Perusahaan telah memasang panel surya di pabrik, meluncurkan sepeda motor listrik Honda EM1, dan membangun berbagai jenis ekosistem di berbagai daerah seperti Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta.

Program penanaman pohon regional AHM telah menanam 211.195 pohon sejak tahun 2012.

Untuk mendorong penggunaan energi baru dan terbarukan, perusahaan telah memasang panel surya sebagai sumber energi lain sejak tahun 2014 untuk mendukung proses produksi sepeda motor Honda. Sebanyak 21.088 modul surya telah dipasang dengan sistem tenaga sebesar 10.298 kWp. menghasilkan listrik sebesar 11.140.975 kWh per tahun atau setara dengan penurunan emisi CO2 sebesar 9.692 ton per tahun. Pemasangan panel surya telah dilakukan di atap pabrik Karawang, pabrik Cikarang, Deltamas Safety Riding & Training Center, Divisional Center dan baru-baru ini pabrik Deltamas.

Untuk mendukung pengelolaan lingkungan hidup, AHM meluncurkan sepeda motor listrik Honda EM1 e: membantu mencapai netralitas karbon dan menjawab kebutuhan para pecinta sepeda motor listrik di Indonesia. Honda EM1 e: merupakan mahakarya nasional yang diproduksi langsung di pabrik AHM di Pegangsaan, Jakarta Utara.

Berbagai program yang dikembangkan AHM sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) pemerintah Indonesia untuk memerangi perubahan iklim, dan untuk melindungi, memulihkan, dan mendukung lingkungan dunia sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) yang berupaya memerangi perubahan iklim. mengubah. mengubah, serta melindungi, memulihkan, dan melestarikan lingkungan alam bumi.

General Manager Corporate Communications AHM Ahmad Muhibbuddin menyoroti pentingnya melakukan berbagai hal yang dapat membantu menjadikan suasana lebih hijau. Pilihan lainnya adalah dengan menanam hutan bakau agar tidak rusak dan menyerap karbon lima kali lebih banyak dibandingkan hutan tropis.

“Kami melakukan berbagai investasi jangka panjang sebagai bagian dari komitmen AHM untuk membantu mewujudkan lingkungan yang berkelanjutan dan indah bagi seluruh spesies di bumi yang kita cintai. Mari kita lakukan hal-hal kecil untuk hal-hal besar dan masa depan planet ini,” kata Muhib.

Upaya konservasi melalui ekosistem mangrove erat kaitannya dengan perubahan iklim. Kehadiran mangrove yang sehat di wilayah pesisir dapat membuat masyarakat pesisir lebih tahan terhadap perubahan iklim dan mengurangi dampak bencana alam seperti gelombang pasang, tsunami, dan banjir.

Proyek tersebut melibatkan karyawan perusahaan ramah lingkungan yang tergabung dalam Synergy Creator Squad (SC Squad), pemerintah daerah Kepulauan Seribu, Smiling Coral Indonesia, dan didukung oleh Grup Astra Motor 1 yang meliputi PT. Hitachi Astemo Bekasi Manufacturing, PT Musashi Autoparts Indonesia, PT Suryaraya Rubberindo Industries, dan PT Yutaka Manufacturing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *