Jelang HUT RI, Infrastruktur Gas Bumi Sudah Terpasang di Istana Presiden Hingga Rumah Menteri

Dilansir jurnalis Tribunnews.com, Ismailo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Pertamina melalui unit usahanya, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menjamin gas bumi untuk digunakan dalam perayaan HUT RI ke-79 pada 17 Agustus di ibu kota negara nusantara (IKN), Timur kalimantan.

Sekretaris Perusahaan PGN Fajria Usman mengatakan, PGN menyuplai gas bumi ke IKN dengan menggunakan kombinasi layanan berupa Compressed Natural Gas (CNG) di luar pipa.

Pada tahap ini, CNG disalurkan menggunakan mode silinder atau dikenal dengan Gaslink Cylinder.

Tabung Gaslink yang ditawarkan di IKN ada dua jenis, yakni tabung Gaslink berkapasitas 24 meter kubik (m³) per silinder dan 4 m³ per silinder untuk Gaslink mini.

Pada Minggu (8/11/2024), telah dipasang 105 tabung Gaslink di Rumah Lokasi Kantor Menteri (RTJM) dan gas pertama dialirkan secara bertahap.

Telah dipasang 12 silinder Gaslink di RTJM dalam 8 seksi.

Selain RTJM, juga di Istana Negara, Istana Garuda, Kantor Sekretariat Presiden, ASN 4 Menara B dan C, ASN 1 Menara B dan Menara C, Rumah BIN, Rumah POLRI, Menara Paspampres, Veranda Nusantara dan Hotel Nusantara (bisnis pelanggan pribadi),” kata Fajria dalam keterangannya, Selasa (13/8/2024).

Sementara itu, total unit Gaslink Cylinder yang terpasang mencapai 34 unit dan siap melayani kebutuhan gas bumi IKN.

Untuk mendukung pendistribusian gas bumi di IKN, PGN juga sedang membangun pipa gas bumi sepanjang 61,1 km di Kawasan Pemerintah Pusat (KIPP) Sub WP 1A.

Saat ini gas diimpor dari Balikpapan, Kalimantan Timur melalui jalur antar moda. transportasi gas alam.

Pasokan gas bumi IKN ini merupakan wujud komitmen PGN dalam memenuhi amanah Pertamina dari pemerintah untuk menyediakan infrastruktur gas bumi.

Selain itu, juga sebagai bentuk dukungan PGN terhadap rencana pemerintah membangun kawasan industri hijau di IKN.

“PGN berkomitmen memenuhi amanah pemerintah untuk menyediakan energi bersih di IKN. PGN saat ini berupaya sebaik mungkin untuk memastikan layanan gas bumi beroperasi dengan aman dalam mendukung persiapan infrastruktur perayaan HUT RI di IKN,” ujarnya. .Fajria.

Fajria melanjutkan, PGN akan terus berupaya memastikan pembangunan infrastruktur gas bumi di IKN tepat sasaran.

PGN juga telah menyiapkan jaringan gas di IKN untuk memenuhi antisipasi kebutuhan pelanggan residensial dari 9.996 Sambungan Rumah (SR).

PGN selalu bekerja sama dengan otoritas IKN dan pemangku kepentingan lainnya untuk memastikan pasokan gas bumi IKN dapat memberikan manfaat positif dan memenuhi upaya Indonesia untuk mencapai net zero emisi pada tahun 2060.

Yang terpenting, pengguna gas bumi akan memperoleh manfaat dari layanan energi yang praktis, andal, aman, dan ramah lingkungan.

“Pada masa transisi energi, gas bumi dinilai sebagai energi yang lebih bersih dan ramah lingkungan karena emisi CO2 yang dihasilkan dari penggunaan gas bumi lebih rendah dibandingkan bahan bakar fosil lainnya,” kata Fajria.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *