Pertukaran Tahanan Rusia: Siapa yang Dibebaskan?

Sebanyak 26 tahanan, termasuk 24 orang dewasa dan dua anak di bawah umur, telah dibebaskan di Ankara, Turki. Dalam beberapa hari terakhir beredar rumor adanya indikasi pertukaran tahanan.

Pertukaran tersebut melibatkan tahanan Amerika Serikat (AS) Ivan Gershkovich dan Paul Whelan, keduanya dipenjara karena spionase. Selain itu ada Rico Krieger, warga negara Jerman yang dijatuhi hukuman mati di Belarus sebelum akhirnya diampuni oleh Presiden Belarusia Alexander Lukashenko awal pekan ini.

Setelah penangkapan Krieger di Belarus, ayahnya meminta agar identitasnya tidak dipublikasikan sampai dia tiba dengan selamat di Jerman.

Sejumlah kritikus Kremlin dan politisi oposisi Rusia juga dibebaskan, termasuk Ilya Yashin dan Vladimir Kara-Murza. Yashin ditahan di Penjara Regional Smolensk. Pada tahun 2022 ia dijatuhi hukuman 8,5 tahun penjara karena “menyebarkan informasi palsu” tentang tentara Rusia.

Sebanyak delapan warga Rusia juga telah kembali ke negaranya. Mereka termasuk Vadim Krasikov, seorang tersangka agen intelijen Rusia yang menjalani hukuman seumur hidup di Jerman atas pembunuhan warga negara Rusia lainnya di Taman Tiergarten Berlin pada tahun 2019.

Menurut laporan kantor berita, tujuh pesawat jatuh dalam operasi pertukaran ini. Tahanan dari penjara di Polandia, Slovenia, Norwegia dan Belarus juga ambil bagian dalam pertukaran tersebut, kata dinas rahasia Turki.

Pekerjaan tersebut selesai pada Kamis (01/08) malam. Pernyataan resmi pemerintah Turki menyebut operasi tersebut sebagai “pertukaran tahanan terbesar antara Timur dan Barat sejak Perang Dunia II.” Washington dan Moskow meresponsnya

Setelah pertukaran tahanan selesai, Presiden Rusia Vladimir Putin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat. Dia berterima kasih kepada Presiden Belarusia Lukashenko karena telah mengampuni Krieger.

Putin telah menandatangani total dua belas pengampunan, termasuk pengampunan Gershkovich dan Whelan, dengan perjanjian bahwa tahanan Rusia lainnya akan dikembalikan dari penjara asing sebagai imbalannya.

Mantan Presiden Dmitry Medvedev, wakil ketua Dewan Keamanan Rusia, secara pribadi menginginkan “pengkhianat Rusia dipenjara atau mati di penjara”, tetapi akan lebih bermanfaat bagi Rusia jika menyelamatkan rekan senegaranya yang bekerja “demi tanah air.” “

Presiden AS Joe Biden mengatakan tidak perlu berbicara dengan Putin karena pertukaran tahanan telah selesai. Dia berterima kasih kepada Presiden Jerman Olaf Scholz atas komitmen yang telah dibuat Jerman, yang tanpanya upaya Scholz untuk melakukan pertukaran tidak akan mungkin terjadi, katanya. Jerman telah setuju untuk mengekstradisi Krasikov, yang disebut sebagai “pembunuh Tiergarten”, kembali ke Rusia. Apakah ada miskomunikasi sebelum penukaran?

Kontak dengan beberapa kritikus Kremlin yang ditahan di penjara Rusia, termasuk Kara-Murza dan Yashin, terputus pada hari-hari sebelum pertukaran tersebut. Baik pengacaranya maupun keluarganya tidak tahu di mana dia berada.

Nasib para pembangkang lainnya yang dipenjara juga tidak jelas. Di antara mereka adalah Liliya Chanisheva, mantan manajer regional ibu kota partai oposisi politisi Alexei Navalny di kota Ufa. Chanisheva dijatuhi hukuman tujuh tahun penjara pada tahun 2021, yang diperpanjang menjadi 9,5 tahun pada bulan April lalu.

Beberapa hari yang lalu, suami Chanisheva, Almaz Gatin, mencoba membawanya ke penjara untuk membawakan sebuah kotak untuk istrinya. Namun, dia mengatakan istri Getin dibawa ke penjara lain yang tidak dia ketahui.

Chanysheva termasuk di antara mereka yang dibebaskan bersama dengan Ksenia Fadeyeva, yang dijatuhi hukuman sembilan tahun penjara karena menjalankan pusat kampanye Navalny di Tomsk, kantor berita AFP melaporkan.

Pengacara artis Alexandra Skohilenko melakukan segala upaya untuk menghubungi kliennya beberapa hari sebelum pembebasannya. Kesehatan Skohilenko menjadi perhatian utama, karena ia menderita penyakit kronis yang semakin memburuk sejak penahanannya, mulai dari gangguan bipolar, penyakit celiac, dan penyakit jantung. Aktor tersebut dijatuhi hukuman tujuh tahun penjara karena mengganti label harga supermarket dengan pesan yang menentang perang Rusia di Ukraina.

Sebuah peringatan untuk Oleg Orlov, mantan wakil kepala program kemanusiaan dan penerima Hadiah Nobel Perdamaian, juga dirilis. Dia “lagi” menjalani hukuman 2,5 tahun penjara untuk tentara Rusia.

Kevin Lick, pemuda asal Jerman-Rusia, juga mandiri. Lik ditangkap di bandara Sochi pada Februari 2023 dan dijatuhi hukuman empat tahun penjara atas tuduhan “pertaruhan tinggi”. Penyelidikan menemukan bukti bahwa dia telah mengambil foto instalasi militer Rusia.

Sebelumnya, dalam sebuah wawancara dengan DW, pengacara Rusia yang dipenjara, Ivan Pavlov, memperkirakan pertukaran tahanan ini akan terjadi. Ketika ditanya tentang para tahanan yang “hilang”, ia mengatakan bahwa “mereka bisa datang ke Moskow, di mana pemerintah akan menjamin kerahasiaan penuh mengenai situasi mereka.”

Para tahanan dapat diberikan paspor dan pengampunan presiden nanti, meskipun Pavlov berpendapat bahwa mereka dapat diampuni tanpa permintaan sebelumnya, seperti yang terjadi pada pengemudi Ukraina Nadia Savchenko. Kembali ke era Soviet

Olga Romanova yang berbasis di Berlin, pendiri program Behind the Bar Rusia, mengatakan kepada DW beberapa hari yang lalu bahwa semua tanda “menunjukkan adanya pertukaran besar-besaran dan dia yakin pihak berwenang Jerman juga terlibat.

Dalam akun Telegramnya, ilmuwan politik Rusia Stanislav Belkovsky menulis bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin baru-baru ini mengadakan pertemuan mendadak dengan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko di pulau Valam Rusia, Danau Ladoga. Belkowski menduga pertemuan itu mungkin tentang pertukaran Krieger.

Ilmuwan politik Rusia Dmitry Oreshkin juga percaya pertukaran tahanan adalah upaya pemerintah Rusia untuk menghidupkan kembali tradisi lama Soviet dalam menegakkan perjanjian di luar negeri dan membungkam perbedaan pendapat di dalam negeri. Oreshkin berharap tren ini akan terus berlanjut.

“Putin adalah perwakilan dari sistem ini,” katanya. “Ini membentuk pola yang jelas dan familiar tentang bagaimana warga Soviet harus menjalani kehidupan mereka.”

(KP/RS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *