Kenapa Banyak Peluang Kerja untuk Lulusan Sistem Informasi? Ini Jawabannya!

TRIBUNNEWS.COM – Banyak faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih jurusan perguruan tinggi. Banyak orang yang sering bertanya apakah jurusan ini akan memudahkan pencarian kerjanya.

Dia mengatakan bahwa di antara banyak spesialisasi yang paling mudah mendapatkan pekerjaan, spesialisasinya adalah “sistem informasi”. Bahkan konon mahasiswa jurusan ini bisa memulai karir hanya setelah 2,5 tahun kuliah!

Selama sepuluh tahun terakhir, Teknologi Informasi menjadi salah satu bidang studi yang paling banyak dicari di dunia profesional. Penyebabnya tak lain adalah semakin meningkatnya pertumbuhan digitalisasi di segala bidang kehidupan.

Saat ini, kebutuhan manusia akan teknologi digital untuk memudahkan aktivitas sehari-hari terus berkembang. Oleh karena itu, sistem informasi menjadi semakin populer sebagai salah satu cabang ilmu teknologi informasi.

Selain itu, ada beberapa alasan mengapa lulusan IT lebih mudah mendapatkan pekerjaan, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Memiliki pengetahuan interdisipliner

Mempelajari sistem informasi memungkinkan Anda mempelajari banyak bidang ilmu. Anda tidak hanya dapat mempelajari mata pelajaran yang berhubungan dengan ilmu komputer seperti database dan pemrograman, tetapi Anda juga dapat mempelajari manajemen bisnis, analisis proses bisnis, dan sebagainya.

Selain itu, Sekolah Sistem Informasi BINUS UNIVERSITY memiliki banyak pilihan karir khusus seperti program gelar ganda dalam bentuk Akuntansi dan Audit atau Sistem Informasi Manajemen.

Kombinasi dalam program ini memungkinkan Anda memiliki lebih banyak pilihan ketika ingin bekerja. Anda memiliki peluang kerja tidak hanya di sektor informasi tetapi juga di bidang bisnis, keuangan dan bidang lainnya.

2. Tingginya permintaan akan ahli ilmu komputer

Permintaan pasar yang semakin meningkat terhadap tenaga-tenaga ilmu komputer yang profesional dan handal tentunya membuat lulusan sistem informasi sangat digemari.

Bisnis berkembang dan perusahaan raksasa global membutuhkan teknologi untuk meningkatkan kinerja mereka.

Seiring dengan bertambahnya jumlah spesialis ilmu komputer yang dibutuhkan, terdapat banyak pilihan karir yang tersedia bagi lulusan sistem informasi.

Misalnya saja sebagai spesialis pemenuhan kebutuhan IT suatu perusahaan, atau sebagai programmer atau pengembang (software engineer) yang mengembangkan aplikasi.

Insinyur Jaminan Kualitas, Desainer UX, Analis Data, Spesialis Keamanan TI, dan banyak lagi posisi lainnya tersedia.

3. Lulusan sistem informasi dilatih untuk memecahkan masalah.

Tentunya dalam setiap pekerjaan pasti akan menghadapi permasalahan, tidak peduli seberapa besar atau kecil permasalahan tersebut. Saat menghadapi suatu masalah, Anda tidak dibatasi pada kemampuan Anda untuk bertahan atau mengatasinya, namun Anda berharap mampu mengatasinya secara efektif.

Salah satu keterampilan yang banyak diminati di kalangan profesional ketenagakerjaan adalah kemampuan memecahkan masalah. Untuk menguasai keterampilan penting ini, Anda perlu melatihnya berkali-kali agar dapat menemukan solusi yang efisien dan efektif.

Lulusan sistem informasi jelas terbiasa bereksperimen dengan situasi dan masalah hingga menemukan akar masalahnya. Dengan demikian, keputusan tidak diambil secara cepat, namun tepat sasaran.

Tidak mengherankan jika lulusan ilmu komputer yang memiliki kemampuan pemecahan masalah ini banyak diminati.

4. Peluang besar menjadi technopreneur

Selain bekerja di perusahaan, beberapa lulusan sistem informasi akhirnya memutuskan menjadi technopreneur.

Jika Anda ingin menjadi wirausaha digital, pilihan kuliah sistem informasi di BINUS UNIVERSITY adalah pilihan terbaik bagi Anda.

Sepanjang kursus, Anda akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan dasar yang berkaitan dengan pemrograman dan database yang menjadi dasar pengembangan perangkat lunak.

Tidak hanya itu, mahasiswa Sistem Informasi BINUS UNIVERSITY juga mempelajari ilmu bisnis yang sangat mendukung impian mereka untuk menjadi wirausaha. Selanjutnya, dengan menyelesaikan pelatihan yang lebih spesifik, seperti gelar ganda, Anda akan memperoleh pengetahuan lain yang dapat diterapkan dan melengkapi kemampuan Anda.

Studi 2,5 tahun dapat mencuri awal karir Anda

Mengingat berbagai manfaat yang disebutkan di atas, tidak mengherankan jika jurusan sistem informasi menjadi lebih populer karena lulusannya relatif mudah mendapatkan pekerjaan.

Bagi Anda yang ingin #memulai karir, Anda bisa memulai langkahnya dari Sekolah Sistem Informasi BINUS UNIVERSITY.

Fakultas Sistem Informasi menduduki peringkat ke-2 diantara 7 perguruan tinggi di Indonesia dalam bidang Ilmu Komputer dan Sistem Informasi berdasarkan QS World University Subject Rankings 2024.

Pilihan studi di Sekolah Sistem Informasi BINUS UNIVERSITY cukup beragam dan tersedia di beberapa kampus sebagai berikut. Sistem Informasi (Kampus Kemanggisan, Kampus Alam Sutera, Semarang) Sistem Informasi Akuntansi dan Audit (Kampus Kemanggisan) Teknologi Informasi Bisnis (Kampus Bekasi) Analisis Bisnis (Kampus Kemanggisan) Sistem Informasi dan Manajemen (Kampus Kemanggisan) Sistem Informasi dan Akuntansi

Fakultas Sistem Informasi BINUS UNIVERSITY juga memiliki program pengembangan profesional yang membantu mahasiswa mendapatkan pengalaman yang lebih holistik.

Program Pengayaan terdiri dari tujuh bidang yang bertujuan untuk memperluas keterampilan dan pengetahuan siswa: Pengembangan Masyarakat, Kewirausahaan, Studi Lanjut, Magang, Penelitian, Studi di Luar Negeri dan Studi Mandiri Khusus.

Berbekal pengetahuan dan keterampilan di atas, Anda bisa memulai karir impian Anda hanya dalam 2,5 tahun kuliah, baik itu berkarir di perusahaan global terkemuka maupun sebagai wirausaha!

Jadi tunggu apa lagi? Bergabunglah dengan Sekolah Sistem Informasi BINUS UNIVERSITY dan mulailah perjalanan Anda menjadi lulusan yang siap kerja!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *