Deretan Pimpinan Hamas yang Tewas di Tangan Israel Selain Ismail Haniyeh, Ada yang Tewas Disetrum

TRIBUNNEWS.COM, IRAN – Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh tewas dalam serangan rudal berpemandu presisi di Teheran, Iran pada Rabu (31 Juli 2024).

Gerakan Islam Palestina menyalahkan Israel atas serangan itu.

Israel menyebut Hamas sebagai teroris.

Hamas didirikan pada tahun 1987 sebagai bagian dari upaya melawan pendudukan Israel di Jalur Gaza.

Dengan demikian, perseteruan Hamas dengan Israel terus berlanjut selama bertahun-tahun dan menimbulkan banyak kerugian di kalangan pimpinan Hamas.

Selain Ismail Haniyeh, beberapa pemimpin dan tokoh besar Hamas telah dibunuh oleh Israel dalam tiga puluh tahun terakhir. 1996: Ayash di Gaza

Pada tanggal 5 Januari 1996, Yehya Ayash, seorang pembuat bom Hamas yang dijuluki “The Engineer”, terbunuh di Jalur Gaza ketika sebuah bom ponsel meledak.

Pembunuhan Yehya terkait dengan Shin Bet, dinas keamanan internal Israel. 1997: Keracunan Mashaal

Pada tanggal 25 September 1997, hampir sepuluh tahun setelah berdirinya Hamas, salah satu pendirinya, Khaled Mashaal, lolos dari upaya pembunuhan di Amman oleh agen Mossad (intelijen Israel) yang menyuntiknya dengan racun.

Setelah koma, kepala Politbiro Hamas diselamatkan oleh Raja Hussein dari Yordania, yang menuntut Israel memberikan obat penawar sebagai imbalan atas pembebasan pelaku serangan teroris. 2002: Sebuah ledakan membunuh Shehadeh

Salah Shehadeh, pemimpin Brigade Ezzedine al-Qassam, sebuah organisasi bersenjata Hamas, tewas dalam serangan di Jalur Gaza pada 22 Juli 2022.

Lima belas warga sipil, termasuk istrinya, putri mereka dan delapan anak lainnya, tewas dalam operasi yang dilakukan oleh Angkatan Udara Israel di mana sebuah bom dijatuhkan di gedung tersebut.

2003: Mobil Shanab menjadi sasaran di Jalur Gaza.

Ismail Abu Shanab, salah satu pendiri dan pemimpin politik utama Hamas, terbunuh pada tanggal 22 Agustus 2003 oleh roket Israel yang ditembakkan ke mobilnya di Jalur Gaza.

2004: Serangan terhadap Syekh Yassin di Jalur Gaza

Tujuh bulan kemudian, Syekh Ahmad Yassin terbunuh pada 22 Maret 2004, dalam serangan helikopter Israel di Jalur Gaza saat dia meninggalkan masjid.

2004: Rantissi ditembak jatuh

Kurang dari sebulan kemudian, penggantinya yang memimpin gerakan tersebut, Abdel Aziz Rantissi, tewas dalam serangan Israel, diikuti pada bulan September oleh bom mobil yang menewaskan pemimpin Hamas Ezzeddine Sheikh Khalil.

Israel “secara tidak resmi” telah mengakui keterlibatannya dalam operasi terbaru ini.

2009: Ryan terbunuh dalam serangan di Gaza.

Ketika Hamas telah menguasai Jalur Gaza dua tahun sebelumnya, pemimpin sayap paling radikal gerakan Islam, Nizar Rayan, terbunuh pada tanggal 1 Januari 2009, bersama empat istrinya, sepuluh dari 12 anaknya dan dua tetangganya. . . dalam serangan selama serangan di Jalur Gaza.

Lima belas hari kemudian, pemimpin Hamas lainnya, Said Siam, tewas dalam serangan lainnya.

2010: Al-Mabhouh meninggal di Dubai

Salah satu pendiri sayap bersenjata Hamas, Mahmoud Abdel Raouf al-Mabhouh, ditemukan tewas pada 20 Januari 2010 di sebuah kamar hotel di Dubai.

Dikutip BBC: Dokter keluarga Mabhouh yang memeriksa jenazahnya mengatakan dia meninggal setelah menerima sengatan listrik parah di kepala.

Para dokter juga menemukan bukti bahwa Mabhouh telah mati lemas.

Sampel darah yang dikirim ke laboratorium Prancis menunjukkan bahwa Mabhouh tersengat listrik.

Pembunuhan itu dituduhkan pada badan intelijen Israel, Mossad.

2012: Serangan Udara oleh Ahmad Jabari di Jalur Gaza

Pada tanggal 14 November 2012, Operasi Kolom Pertahanan melawan kelompok bersenjata di Gaza dimulai dengan “pembunuhan yang ditargetkan” terhadap kepala operasi militer Hamas, Ahmad Jaabari, dalam serangan udara terhadap kendaraan di Kota Gaza.

2014: Tiga komandan tewas di Rafah

Pada tanggal 21 Agustus 2014, Israel membunuh tiga komandan sayap bersenjata Hamas di Rafah dalam serangan udara, termasuk Mohammed Abu Shamalah dan Raed al-Athar, yang saat itu masuk dalam “lima daftar teroris paling dicari di Jalur Gaza” Hamas.

2024: Al-Arouri, orang kedua di Hamas, terbunuh di Beirut.

Hampir tiga bulan setelah dimulainya perang di Jalur Gaza, pada 2 Januari 2024, pemimpin kedua Gerakan Islam Palestina, Saleh al-Arouri, terbunuh.

Media Lebanon melaporkan bahwa dia tewas dalam serangan udara Israel terhadap kantor Hamas di Dahiya, bersama enam orang lainnya yang juga diduga anggota Hamas. Sosok yang kini diburu Israel

Yahya Sinwar, pemimpin Hamas di Jalur Gaza, dan Mohammad Deif, kepala sayap militer Hamas, adalah dua orang yang masih menjadi sasaran yang diidentifikasi oleh tentara Israel.

Setelah serangan pada pertengahan Juli di kamp al-Mawassi di Jalur Gaza selatan, tentara Israel mengatakan ada tanda-tanda mereka berhasil membunuh Mohammad Deif di sana.

Hamas tidak pernah membenarkan tuduhan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *