Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 177 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi

TRIBUNNEWS.COM – Berikut kunci jawaban Kursus Bahasa Indonesia 10 SMA/MA/SMK/MAK halaman 173 Silabus Merdeka Edisi Revisi.

Halaman ini tercantum dalam Bab 5 dengan judul “Menggambar Contoh dari Biografi Orang-Orang Inspiratif”.

Di halaman 173, R.A. Siswa diminta menjawab pertanyaan tentang biografinya. untuk menyediakan. Kartini. Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 173 Edisi Revisi Mandiri

Setelah membaca teks biografi, jawablah pertanyaan berikut.

1. Ki Hajjar Devantara tidak lagi menggunakan gelar dan nama mulia yang diberikan oleh orang tuanya agar lebih dekat lahir dan batin dengan masyarakat. Jelaskan dalam teks apa artinya bisa dekat dengan orang lain secara fisik dan hati!

Jawaban: Makna ungkapan tersebut berkaitan dengan status Ki Hajar Devantara yang boleh bebas dekat dengan orang baik lahir maupun batin, berhubungan dengan orang yang bukan dari kalangan bangsawan dan mempunyai batasan dalam pergaulan.

2. Ki Hajjar Devantara dikenal sebagai penulis handal. Bukti apa yang membuktikan bahwa dia adalah penulis teks yang dapat diandalkan?

Jawaban: Kredibilitas Ki Hadjar Devantara dalam menulis dibuktikan dengan dipercaya sebagai jurnalis beberapa surat kabar antara lain Sedyotomo, Midan Java, D’Express, Otosan Indies, Kaom Moeda, Tjahaja Timoer dan Poesara. Tulisan-tulisannya dinilai banyak orang sangat komunikatif, perseptif dan patriotik, mampu menanamkan semangat anti-kolonial pada pembacanya.

3. Jelaskan arti penting Perguruan Tinggi Nasional Taman Siswa yang didirikan oleh Ki Hajjar Devantara bagi masyarakat setempat?

Jawaban: Perguruan Tinggi Taman Siswa sangat penting bagi masyarakat setempat karena memberikan kesempatan bagi masyarakat awam untuk mendapatkan hak pendidikan seperti orang kaya dan orang Belanda. Universitas ini sangat mementingkan penanaman rasa nasionalisme pada mahasiswanya agar mereka mencintai bangsa dan tanah air serta memperjuangkan kemerdekaan.

4. Menurut Anda, apakah hukuman pengasingan yang dijatuhkan kepada Ki Hajjar Devantar oleh pemerintah Belanda sepadan dengan kejahatan yang dilakukannya? Jelaskan alasannya!

Jawaban: Penjatuhan hukuman pengasingan terhadap Ki Hajjar Devantara oleh Belanda dinilai tidak tepat dan merupakan reaksi ekstrim Belanda. Penyebabnya adalah ketakutan Belanda terhadap gerakan kemerdekaan Indonesia.

5. Berdasarkan pemahaman kalian sendiri, jelaskan pengertian ajaran Ki Hadjar Devanta yaitu Eng Ngarsa Sung Tulada, Eng Madya Mangun Karsa dan Tut Wuri Handayani!

Jawaban: Motto Ki Hajjar Devantara, “Tut Vuri Handayani” mempunyai arti bahwa ketika seorang pendidik berada di garda depan maka hendaknya memberi keteladanan. Eng madya mangun karsa artinya ketika seorang pendidik berada di tengah-tengah hendaknya mengembangkan motivasi, semangat atau kemauan. Sedangkan Eng Ngarsa Sang Tuladha artinya akademisi dapat memberikan dukungan, pengaruh dan masukan ketika Anda tertinggal.

6. Mengapa Ki Hajjar Devantar Dinobatkan Sebagai Bapak Pendidikan Nasional? Menjelaskan!

Jawaban: Alasan Ki Hajjar Devantar diangkat menjadi bapak pendidikan nasional adalah karena keutamaannya, karya dan nilai-nilainya, semangat juangnya dan peranannya dalam kehidupan berbangsa khususnya di bidang pendidikan.

Penafian:

Artikel ini hanya dimaksudkan sebagai panduan proses belajar anak.

Sebelum melihat kunci jawabannya, sebaiknya siswa menjawab sendiri kemudian menggunakan artikel ini untuk mengoreksi pekerjaan siswa.

(Tribunnews.com, Vidya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *