Terima Delegasi PBB, Indonesia Tekankan Pentingnya Solidaritas Regional hingga Palestina Merdeka

Laporan reporter Tribunnews.com Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri RI menyambut baik kunjungan delegasi United Nations Committee on Palestine (CEIRPP) ke Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Indonesia pada Kamis. 4/7/2024).

Tujuan kunjungan delegasi Palestina adalah untuk memperoleh pendapat dari pihak-pihak terkait mengenai permasalahan Palestina di Indonesia, serta dukungan terhadap hak-hak rakyat Palestina.

Direktur Jenderal Kerjasama Multilateral Kementerian Luar Negeri RI Tri Tariat dalam konferensi pers, Kamis, mengatakan, “Kunjungan ini merupakan wujud partisipasi aktif Indonesia di Komite PBB untuk Palestina, yang menyatakan keyakinan atas penerimaan PBB terhadap Indonesia.” .

Dalam acara tersebut, pemerintah Indonesia menyoroti inisiatif strategis dan praktis yang ditujukan untuk Palestina, seperti program bantuan kemanusiaan, peningkatan kapasitas, dan beasiswa untuk pelajar Palestina.

Selain itu, NKRI menekankan peran masyarakat sipil Indonesia dalam perjuangan Palestina di forum internasional, kampanye global untuk mendukung hak-hak rakyat Palestina, dan berbagai upaya untuk mengajak negara-negara lain di dunia untuk ikut berjuang. posisi yang sama. .

Dalam pertemuan tersebut, pemerintah Indonesia juga menekankan pentingnya solidaritas regional di kawasan ASEAN dan pentingnya memperjuangkan hak-hak masyarakat secara bersama-sama hingga negara Palestina merdeka sepenuhnya.

“Indonesia juga terus menyerukan kepada negara-negara sahabat untuk mengakui Negara Palestina dan memperkuat United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East (UNRWA),” kata Tri.

Indonesia kemudian juga menyerukan dukungan segera terhadap gencatan senjata permanen dan agar Palestina menjadi anggota penuh PBB, sehingga membuka pintu bagi solusi politik dua negara.

Komite PBB untuk Palestina akan berada di Jakarta hingga tanggal 5 Juli 2024 dan akan bertemu dengan Wakil Presiden Republik Indonesia, Menteri Luar Negeri, Menteri Pertahanan, dan Wakil Tetap Republik Korea. Perwakilan negara-negara ASEAN, dunia usaha dan masyarakat sipil di Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *