Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 175 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi, Keragaman Budaya

TRIBUNNEWS.COM – Di bawah ini adalah lembar kunci jawaban Kurikulum Mandiri Kelas 7 IPS versi revisi.

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 halaman 175 tentang pengaruh geografis terhadap keberagaman budaya Indonesia.

Orang tua/wali dapat menggunakan kunci jawaban untuk membantu anaknya belajar. Kegiatan 3 | Kelompok

Kondisi geografis mempengaruhi keanekaragaman budaya Indonesia dalam berbagai hal. Posisi Indonesia dalam perdagangan internasional juga mempengaruhi keragaman budaya. Saat ini perkembangan teknologi juga menjadi faktor utama penyebaran unsur budaya di Indonesia. Untuk memperdalam pengetahuan Anda, praktikkan di bawah ini! Bentuklah kelompok yang terdiri dari 3-5 orang. Masing-masing kelompok mendiskusikan hal-hal berikut: a. Carilah bukti keragaman budaya di tempat Anda tinggal sebagai akibat dari budaya tersebut. Jawab :- Martabak-Quitao-Ghamis-Bajib. Daerah mana saja yang terkena dampak pertanian budaya: – Martabak, hasil meramu makanan dari Arab dan India, diolah dengan sayur-sayuran, namun disesuaikan dengan selera Indonesia, sehingga lahirlah martabak manis dan martabak telur. – Koetio, hasilnya kumpulan makanan asal China yang dicuci dan digoreng dengan cita rasa Indonesia di Koetio – Gemis diolah dengan memadukan dekorasi dan desain khas Indonesia tanpa mengubah fungsi dasarnya – Bajaj on Diadaptasi dari Tuk Tuk di India dan dimodifikasi sesuai kebutuhan orang Indonesia. Apa keuntungan Indonesia berada di persimpangan perdagangan internasional?

Manfaat yang diterima antara lain:

– Letak Indonesia yang berada di antara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia memungkinkan terjadinya transportasi seluruh dunia, baik melalui udara maupun laut. – Indonesia merupakan titik persinggungan kegiatan perekonomian dunia antara negara maju dan negara berkembang. Misalnya antara negara Asia, Afrika dan Eropa, Jepang, Korea dan Republik Rakyat Tiongkok – terjadi peningkatan devisa negara, karena Indonesia terletak di antara 2 lautan yang sibuk transit. D. Jawaban : – Suatu budaya lokal bisa hilang atau bahkan hilang karena budaya asing lebih dominan – Simbol dan tradisi budaya lokal mungkin tergantikan oleh simbol dan tradisi budaya asing? Modern atau populer – pengaruh budaya asing dapat menimbulkan ketegangan antara kelompok yang ingin melestarikan tradisi lokal dengan kelompok yang terbuka terhadap nilai-nilai budaya asing yang lebih permisif atau berbeda, dapat mempengaruhi moral dan etika masyarakat lokal. Bagaimana menghilangkan dampak negatif pengaruh budaya yang tidak sesuai dengan jati diri bangsa Indonesia. Jawaban: – Mengenalkan pendidikan pentingnya keanekaragaman budaya dan nilai-nilai lokal – Melakukan kampanye untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya konservasi? Budaya lokal dan jati diri bangsa – Mendukung dan mempromosikan acara budaya lokal seperti festival, upacara adat dan kesenian tradisional – Mengembangkan strategi branding untuk mempromosikan budaya lokal ke pasar internasional dan meningkatkan apresiasi terhadap produk budaya Indonesia. Anda dapat menggunakan internet, buku, surat kabar, dan sumber lain untuk membantu memperkaya sumber daya Anda. Merumuskan hasil diskusi menjadi presentasi. Anda dapat menggunakan program seperti Canva, PowerPoint, PowerPoint, dan Slideshow. Presentasikan hasil diskusi kelompok untuk mendapatkan masukan dari kelompok lain.

*) Penafian: 

Artikel ini hanya diperuntukkan bagi orang tua untuk membimbing pendidikan anaknya.

Sebelum mengulas kunci jawaban ini, sebaiknya siswa menjawab sendiri terlebih dahulu dan kemudian menggunakan artikel ini untuk membandingkan kinerja siswa.

(Tribunnews.com/Yunita Rahmani)

Artikel lain yang berkaitan dengan kunci jawaban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *