Jawaban Modul 2.1, Ibu Renjana adalah Guru Kelas 3 SD dengan Jumlah Murid Sebanyak 32 Orang

TRIBUNNEWS.COM – Simak jawaban dari pertanyaan “Ibu Renjana adalah guru kelas 3 dengan 32 siswa” pada pelatihan guru Aktivator selanjutnya.

Guru menjumpai pertanyaan-pertanyaan di atas ketika menjawab pertanyaan-pertanyaan pembelajaran konsep pada modul 2.1.

Pertanyaan ini berkaitan dengan pertanyaan ilustrasi tentang Ibu Renjana.

Jawaban pertanyaan mobilisasi guru pada artikel ini hanya sebagai panduan bagi guru yang mengalami kesulitan dalam menjawab pertanyaan terkait mobilisasi pendidikan guru. Ibu Renjana merupakan guru kelas 3 dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Saat ini beliau sedang mengajar materi perkalian. Saat ditugaskan menyelesaikan soal perkalian, Bu Renjana melihat di antara 32 siswa di kelasnya, ada 3 siswa yang finis pertama. Karena tidak ingin ketiga anaknya tidak berbuat apa-apa dan mengganggu siswa lainnya, dia akhirnya memberi mereka nilai tambahan. Jadi saat anak yang lain menanyakan 15 soal perkalian, Bu Renjana memberikan 25 soal perkalian untuk 3 anak tersebut.

Berdasarkan ilustrasi kelas, jawablah pertanyaan berikut: Apakah menurut Anda strategi yang digunakan Ibu Renjana sudah tepat? Jika ya, mengapa? Jika tidak, mengapa Jawaban: Saya kira strategi yang digunakan oleh Ibu Renjana sudah benar. Ibu Renjana telah memfasilitasi setiap siswa dengan kemampuan yang berbeda-beda. Ibu Renjana bisa melakukan alternatif lain. Jawaban:  Ya. Pilihan lain yang dapat dilakukan Bu Renjana adalah dengan membentuk kelompok beranggotakan tiga orang agar mereka dapat mengerjakan soal melalui diskusi. Cara ini berhasil jika Ibu Renjana juga membimbing setiap kelompok ketika mengalami kesulitan. Jika anda adalah Ibu Renjana, apa yang akan anda lakukan? Jelaskan mengapa Anda melakukannya? Jawaban: Jika saya adalah Ibu Renjana, saya akan menerapkan kedua cara di atas secara terpisah atau bersamaan. Selain itu, saya terus memberikan konsultasi kepada siswa yang kesulitan menjawab pertanyaan.

*) Disclaimer: Jawaban di atas hanya digunakan sebagai contoh jika guru sekolah/kepala sekolah mempunyai pertanyaan serupa dengan mobilisasi pendidikan guru. Bapak/Ibu Guru/Kepala Sekolah dapat menjawab pertanyaan serupa dengan jawaban sesuai kondisinya.

(Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

Artikel lain terkait pelatihan guru Mobilize

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *