Hindari Dampak Buruk Mengonsumsi Nasi Berlebihan Bagi Kesehatan

Laporan Eko Sutriyanto dari Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Nasi dikenal sebagai makanan pokok masyarakat Indonesia, bahkan banyak orang yang mengira belum kenyang jika tidak makan nasi.

Alvin Hartanto, ahli gizi, mengatakan meski nasi merupakan makanan pokok, namun jika dikonsumsi berlebihan dengan cara yang salah dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

“Beberapa masalah yang paling sering terjadi adalah gula darah tinggi yang kemudian menyebabkan diabetes, kelebihan karbohidrat yang menyebabkan lemak menumpuk di tubuh, dan masalah pencernaan seperti perut kembung dan sembelit,” kata Alvin dalam keterangannya, Selasa (20/8/) ini. . 2024).

Alvin mengatakan meski kandungan gulanya tidak terlalu tinggi, nasi juga turut menyumbang prevalensi diabetes di Indonesia, apalagi jika tidak dimasak dengan benar.

Untuk memberikan solusi kesehatan bagi masyarakat Indonesia yang gemar makan nasi, pihaknya memperkenalkan produk serat yang dirancang khusus dan menyehatkan.

Selain bertujuan untuk menurunkan penyakit diabetes dan darah tinggi, fiberpro juga dapat mengatasi masalah kekurangan serat pada masyarakat Indonesia.

“Masyarakat bisa menikmati nasi seperti biasa dengan tetap menjaga kesehatannya dengan lebih cerdas dan sehat,” ujarnya.

Dengan menambahkan langkah sederhana pada proses memasak nasi, Anda bisa mendapatkan nasi yang tidak hanya enak dan pulen, tapi juga lebih sehat.

“Setiap cangkir fiberpro mengandung 12 gram serat, setara dengan makan tiga buah apel,” ujar pria yang juga dikenal sebagai pembuat konten ini.

“Dengan tambahan serat, nasi memiliki rasa yang lebih pulen dibandingkan nasi Jepang, memiliki indeks glikemik yang rendah dan dapat menjadi santapan sehat keluarga serta aman dikonsumsi oleh semua orang mulai dari usia satu tahun hingga dewasa”.

“Bagi yang memiliki masalah pencernaan dan GERD, serat ini juga bisa dikonsumsi untuk mengurangi masalah tersebut,” ujarnya.

Selain itu juga dapat digunakan dengan aman oleh penderita diabetes atau orang yang mengurangi konsumsi gula.

“Karena tidak ada tambahan pemanis atau pewarna buatan, maka cocok sebagai solusi makan nasi empuk yang sehat tanpa efek samping,” ujarnya. Penderita diabetes bisa makan nasi dengan aman

Jadi penderita diabetes tidak boleh makan nasi putih? Ternyata penderita diabetes tetap bisa mengonsumsi nasi putih dalam jumlah wajar atau sesuai anjuran dokter.

Menurut laporan dari Medical News Today, ada beberapa cara makan nasi putih yang aman bagi penderita diabetes, antara lain: Makanlah nasi dalam jumlah yang wajar Seimbangkan jumlah nasi yang Anda makan dengan jenis karbohidrat lain agar tetap seimbang Konsumsilah jenis yang berbeda. beras. Nasi, terutama yang kandungan karbohidratnya lebih rendah dan indeks glikemiknya rendah, perhatikan jenis kuah dan nasi lainnya, karena bisa jadi tinggi gula atau karbohidrat. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mengetahui berapa banyak karbohidrat yang dibutuhkan tubuh Anda

Namun respons gula darah terhadap nasi putih akan berbeda-beda pada setiap orang.

Penderita diabetes disarankan untuk melakukan tes gula darah setelah makan nasi putih agar dapat mengetahui jumlah karbohidrat dan batas aman yang boleh dikonsumsi untuk menjaga gula darah tetap stabil. (Tribunnews/Kompas.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *