8 Aset Keluarga SYL Disita KPK: Terbaru Innova Venturer Milik Thita sang Anak

Tribun News.com – Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) dari Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memiliki delapan properti keluarga sebagai berikut.

Aset tersebut disita atas tuduhan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang diduga dilakukan SYL saat menjabat Menteri Pertanian.

Dihimpun Tribunnews.com, berikut daftar harta benda keluarga SYL yang disita KPK: 1. Rumah di Makassar, KPK menyita rumah mewah mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) senilai 4,5 miliar dolar. Di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. (Khusus/KPK)

KPK telah menyita rumah SYL di Kelurahan Pandang, Kecamatan Pankukang, Kota Makassar.

Penggabungan terjadi pada 15 Mei 2024.

Rumah mewah SYL diduga bernilai $4,5 miliar.

“Penyidik ​​kemarin (15 Mei 2024) menyita harta benda tersangka SYL di sebuah rumah di Kelurahan Pandang, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar,” tulis Juru Bicara KPK Ali Fikri, Kamis (16). /5/2024) sore, dilansir Tribun-Timur.com.

Kata dia, nilai rumah tersebut diperkirakan sekitar Rp 4,5 miliar dan sumber uangnya adalah MH (Muhammad Hatta) selaku orang kepercayaan tersangka (SYL). 2. Rumah Parepare Tim penyidik ​​KPK menggerebek rumah mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Kota Parepare, Sulawesi Selatan (ist/KPK).

Selain Makassar, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita gedung SYL pada 19 Mei 2024 di Jalan Lintas Dua, Kelurahan Bumi Harapan, Kecamatan Bakukiki Barat, Kota Parepare.

Ali Fikri mengatakan, Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana, Dirjen Prasarana dan Sarana, Dirjen Kementerian Pertanian Mohammad Hatta juga terlibat dalam pembelian gedung tersebut.

Rumah tersebut diduga dibeli dengan uang berbagai kontraktor pertanian.

“Rumah tersebut diduga ada kaitannya dengan dugaan TPPU milik tersangka SYL, dimana MH selaku orang kepercayaan tersangka membeli properti tersebut dengan mengambil uang dari pejabat Kementerian Pertanian RI.” Ali, Senin (20/5/2024) menjelaskan.

Ditambahkannya, “Harta tersebut diduga ditukar karena milik orang dekat MH.” 3. Mercedes Benz Sprinter 315 CD Hitam

Tak hanya rumahnya, sejumlah kendaraan termasuk Mercedes Benz Sprinter CD 315 Segel juga disita KPK.

Mobil berwarna hitam itu disita KPK pada 13 Mei 2024 di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Mobil tersebut disembunyikan di kawasan Kelurahan Jatipadang, Pasar Mingu, Jakarta Selatan saat dilakukan pemeriksaan oleh Tim Penelusuran Aset, Pengelolaan Barang Bukti, dan Pencarian Aset Direktorat Eksekusi KPK, kata Ali Fikri, Selasa (14/55). . / 2024).

Selain itu, Ali juga diduga SYL sengaja menyembunyikan lokasi mobil tersebut. Mobil Mercedes Benz Sprinter 315 CD milik mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo disita penyidik ​​di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (14/5/2024). Tim penyidik ​​Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita mobil Mercedes Benz Sprinter 315 CD warna hitam dan kunci remote mobil atas dugaan pencucian uang (TPPU) mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). Tribun Berita/Irwan Rismawan (Tribune News/Irwan Rismawan)

Mobil tersebut sengaja dipindahkan dan berada di tangan seseorang di dekat SYL.

Selanjutnya akan dijadikan alat bukti dalam berkas perkara TPPU dan dikuatkan oleh para saksi termasuk tersangka, kata Ali. 4. Sprinter Mercedes Benz Putih

SYL memiliki Mercedes Benz Sprinter lainnya.

Diduga kedua mobil tersebut milik mantan Gubernur Sulsel.

Pada 21 Mei 2024, Komisi Pemberantasan Korupsi mengumumkan penyitaan mobil Mercedes Benz Sprinter warna putih milik SYL.

Mobil itu ditemukan di Perumahan Bumi Parmata Hijau, Kelurahan Rapposini, Kecamatan Rapposini, Kota Makassar.

KPK menduga SYL sengaja menyembunyikan kendaraan tersebut.

Ali Fikri mengatakan, Selasa (21/5/2024) “Tim penyidik ​​telah mengamankan beberapa sepeda motor diduga milik SYL yang dilengkapi mobil Mercedes Benz Sprinter warna putih dengan mobil remote control.” 5. Suzuki New Jimny Penyidik ​​KPK menyita tiga mobil milik mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) terkait dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Kendaraan tersebut adalah Mercedes Benz Sprinter warna putih, sepeda motor Suzuki New Jimny, dan sepeda motor Honda X-ADV. (spesial)

Sementara itu, KPK mengungkap satu mobil SYL lainnya, Suzuki New Jimny, juga disita.

Berbeda dengan Mercedes Benz Sprinter warna putih yang terdapat di perumahan Bumi Permata Hijau, Syl Suzuki New Jimny berlokasi di Peram The Orchid, Jalan Orchid Indah Kel. Tanjung Merdeka, Kecamatan Tamalet, Kota Makassar. 6.Honda X-ADV 740 CC

Komisi Pemberantasan Korupsi telah menemukan sepeda motor Honda X-ADV 740cc yang disembunyikan di Peram The Orchid.

Untuk memastikan keberadaan ketiga kendaraan tersebut, Biro Penyidikan Penyalahgunaan Kewenangan (KPK) menyerahkannya ke Polrestabes Makassar.

“Mereka mendatangi Polrestabes Makassar untuk pengamanan guna menjaga kondisi kendaraan (Mercedes Benz Sprinter putih, Suzuki New Jimny, dan Honda X-ADV),” kata Ali. 7. Mitsubishi Pajero Sport Dakar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyita properti Mitsubishi Pajero Sport Dakar milik mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) dan tanah di Perumahan Bumi Parmata Hijau, Desa Rappi. , Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Penyitaan tersebut terkait dugaan Pungli, Gratifikasi, dan Penggelapan (TPPU) SYL. (Komisi Pemberantasan Korupsi Saluran)

Segel Mitsubishi Pajero Sport Dakar Bumi Permata Hijau, ditemukan di lahan kosong di kota Makassar.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap Pajero Sport Dakar sengaja disembunyikan dari tim penyidik.

Ali Fikri dalam keterangannya, Rabu (22/5/2024), mengatakan, “Tim penyidik ​​menyita mobil Mitsubishi Pajero Sport Dakar warna putih yang kuncinya ada di dalam mobil.”

“Didapat informasi bahwa tersangka SYL menyembunyikan kendaraannya untuk mencegah penggeledahan tim penyidik,” imbuhnya.

Seperti tiga mobil sebelumnya yang disita di Makassar, Pajero Sport Dakar juga sudah diserahkan ke Polrestabes Makassar. 8. Toyota Innova Venturer KPK menyita mobil Toyota Innova Venturer milik mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), putra anggota DPR Indira Chund Theta, pada Kamis (30/5/2024). (Khusus/KPK)

Baru-baru ini, KPK menyita mobil Toyota Innova Venturer milik putri SYL, Indira Chund Theta Syahrul Limpo.

Ali Fikri mengungkapkan, mobil tersebut ditemukan di Kota Bandung, Jawa Barat pada Kamis (30/5/2024).

Diduga Theta sengaja mengubah kepemilikan mobil tersebut untuk menyembunyikan kekayaannya.

Tim penyidik ​​mengamankan 1 unit mobil Toyota Innova Venturer 2.0 A/T beserta satu kunci mobil.

Ali, Jumat (31/5/2024).

Diduga ada lisensi lain yang dibeli dengan menggunakan identitas orang lain dan lisensi lain dialihkan untuk menghilangkan merek pemilik aslinya, tambahnya.

Selain rumah dan mobil, KPK juga menyita dokumen dan peralatan elektronik dalam penggeledahan pada 16 Mei 2024 di rumah saudara SYL Andy Tenri Angka Yasin Limpo.

Aset yang disita akan digunakan saksi dan SYL untuk melengkapi berkas penyidikan TPPU.

Sebagai informasi, SYL saat ini telah menerima gratifikasi di lingkungan Kementerian Pertanian senilai Rp44,5 miliar selama periode 2020-2023.

SYL menerima dana tersebut dengan mengutip pejabat eselon 1 Kementerian Pertanian.

Dalam kegiatannya, SYL didukung oleh asistennya Mohammad Hatta dan mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Kasdi Subagyono.

Atas perbuatannya, para terdakwa mula-mula dijerat dengan: Pasal 12 huruf juncto Pasal 18 UU Tipikor dan Pasal 55 ayat (1) juncto 1 Pasal 64 ayat (1) KUHP. dari KUHP.

Dakwaan kedua: Pasal 18 UU Pemberantasan Tipikor dan Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP dan Pasal 12 huruf f KUHP juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Dakwaan ketiga: Pasal 18 UU Tipikor dan Pasal 55 ayat (1) KUHP dan Pasal 12 b KUHP juncto Pasal 64 ayat (1) b.

Cuplikan berita ini di Tribun-Timur.com BREAKING NEWS: Rumah mewah mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Makassar KPK telah disita.

(Tribunnews.com/Pravitri Retno bersama Ilham Rian Pratama, Tribun-Timur.com/Muslimin Emba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *