Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-19, Erick Thohir: Kita Punya Talenta Pelapis yang Kuat

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Presiden PSSI Eric Tohir mengungkapkan optimismenya dengan keberadaan timnas tangguh di masa depan.

Hal itu terungkap menyusul keberhasilan tim Merah Putih U-19 menjuarai Kejuaraan ASEAN Putra U-19 2024 usai mengalahkan Thailand di final dengan skor 1-0 dalam laga yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Sidoarjo. , Timur . Jawa, Senin (29/7/2024).

Alhamdulillah, sejak terakhir kali meraih kemenangan pada tahun 2013 atau 11 tahun lalu, timnas muda yang beranggotakan pemain cadangan ini tidak hanya memiliki skill yang baik, tetapi juga memiliki mental juara. Jadi itu luar biasa. Dan saya senang kalau kemarin U16 kita di ASEAN juga harusnya. “Paling tidak U16 bisa ke final tapi belum, sekarang U19 juaranya,” kata Eric Tohir yang menyaksikan langsung pertarungan Kadek Arel dan lainnya.

Pada laga final yang dipenuhi penonton setia timnas, pelatih kepala Indra Syafri melakukan perubahan susunan pemain.

Pada laga kali ini, Velber Jardim bermain sebagai starter. Ia berduet dengan gelandang Muhammed Kafiyatur, sementara Figo Denis tetap di bangku cadangan.

Untuk lini serang, Jens Raven menjadi pilihan utama sebagai winger, sedangkan M Risky Afrizal dan Arlyanjah Abdulmanan bertugas di sayap.

Formasi ini membuahkan hasil manis di paruh pertama. Pada menit ke-17, Jens Raven mencetak gol dari sepak pojok. 

Indonesia unggul 1-0 atas Thailand. Skor ini dipertahankan hingga akhir babak kedua.

Eric menambahkan, skuad timnas U-19 yang didominasi pemain klub-klub Liga 1 menunjukkan Indonesia memiliki bibit-bibit muda yang potensial.

“Jadi kita kembali, setidaknya kita punya talenta-talenta yang bisa memperkuat kehidupan timnas kita. Karena pastinya akan ada timnas yang lebih tua dan sebagainya. Kami berharap ini menjadi bagian bagaimana sepak bola harus dibangun dari bawah ke atas, bukan hanya dari atas,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *