Dua Anak Usaha Pertamina Perkuat Distribusi Produk Pelumas

Informasi dari reporter Tribunnews.com Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Unit bisnis PT Pertamina (Persero) yakni Pertamina Trans Kontinental dan Pertamina Lubricants tengah memperkuat distribusi produk pelumas.

Penguatan penawaran ini diperkuat dengan sinergi ONE Pertamina melalui perjanjian kerja sama penguatan kegiatan jasa maritim dan jasa kepelabuhanan untuk kapal tanker pemuatan base oil yang merupakan bahan baku pelumas Pertamina.

Direktur Utama Pertamina Trans Kontinental (PTK), I Ketut Laba mengungkapkan, kerja sama kedua perusahaan Pertamina Group mencakup jasa penyedia jasa kapal atau pengiriman kapal, seperti pengiriman kapal ringan (KKR).

Kemudian, jasa transportasi berupa jasa operator terminal, antara lain clearance untuk mendukung pembongkaran muatan Lube Base Oil Tanker (LBO), dan jasa maritim seperti Oil Spill Response untuk mengantisipasi tumpahan minyak pada saat bongkar muat.

“Kerja sama ini menimbulkan efek timbal balik bagi kedua entitas Pertamina dan memperkuat SATU Pertamina sebagai sarana untuk meningkatkan sumber daya dan kemampuan BUMN untuk mencapai tujuan bersama,” kata I Ketut Laba dalam keterangannya, Sabtu (8/3/2024).

Lanjutnya, kemitraan ini bertujuan untuk memperkuat dan meningkatkan efisiensi pelayanan dalam rantai pasok energi nasional, khususnya bagi Pertamina Oil sebagai bagian dari Usaha Kecil dan Perusahaan Dagang.

PTK yang merupakan bagian dari Sub Holding Integrated Marine Logistics (SH IML) berkomitmen mengoperasikan dan mengembangkan kemampuan di sektor pelabuhan, layanan logistik maritim terkemuka di dunia.

“Kemitraan ini menunjukkan komitmen Pertamina Lubricants dalam mempercepat proses distribusi bekerja sama dengan PT Pertamina Trans Kontinental,” kata Direktur Utama Pertamina Lubricants Werry Prayogi.

“Kami berharap pengalaman PTK di bidang jasa maritim dapat meningkatkan keandalan peralatan terminal, mempercepat waktu pelabuhan terintegrasi serta memenuhi persyaratan dan izin HSSE di pelabuhan,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *