Lewat Kejar Mimpi Lokal Berdaya, CIMB Niaga Bikin UMKM Solo Makin Berjaya

Wartawan Tribunnews.com Vahyu Gilang Putranto melaporkan

TRIBUNNEWS.COM, SOLO – Program Peningkatan Kejar Impian Lokal CIMB Niaga merupakan salah satu bentuk stimulus pertumbuhan ekonomi daerah yang menyasar pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Solo.

Mengejar Impian Pemberdayaan Lokal di Kota Solo yang diselenggarakan pada tanggal 23 dan 24 September 2023 di Solo Paragon Lifestyle Mall memberdayakan para pelaku UMKM untuk berkarya dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Bengawan.

Sebanyak 35 pelaku UMKM mendapat bimbingan dari sejumlah pakar di bidangnya masing-masing, pengembangan jaringan, dan pemasaran produk lokal.

“Tirai Impian Solo” yang diusung oleh tokoh komunitas CIMB Niaga Isika Mutiara mengatakan, program ini bertujuan untuk mendongkrak pembangunan perekonomian di Kota Solo.

“Melalui kegiatan pemberdayaan lokal, kami bertujuan untuk memberikan wawasan dan arahan kepada para pelaku UMKM dalam mengelola usahanya sehingga dapat meningkatkan pendapatannya dengan memaksimalkan potensi yang ada,” kata Isika kepada Tribunnews, Selasa (23/4/2024).

Pelaku UMKM akan dilatih memanfaatkan data untuk pengembangan bisnis, menggali kreativitas dalam pengembangan produk, dan membuat video iklan kreatif.

Selain itu, para pelaku UMKM akan mendapatkan bimbingan mengenai digital marketing dan workshop kuliner. Antusiasme pelaku UMKM dan warga Kota Solo saat acara Empower Local Dream Pursuit di Solo Paragon Lifestyle Mall pada 23 dan 24 September 2023. (YT/Kejar Mimpi)

Diantara pesertanya adalah Sekar Tandjung, pemilik Romahkoe Heritage Hotel; Dinda Prasetyo, pendiri Creative Visual Studio; dan Astrid Widayani, pengusaha dan rektor Universitas Surakarta (UNSA).

Selain itu, hadir juga Wulan Rudy Prasetyo, Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Tengah dan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara X dari Gusti Bhre.

Peserta dan pengunjung pusat perbelanjaan juga menyaksikan penampilan penyanyi Nella Kharisman.

Masih menjadi bagian dari Solo Raya, Karanganyar memiliki beberapa toko yang diperuntukkan bagi pengusaha kecil dan menengah, mulai dari perhiasan hingga pebisnis yang memulai usaha kecil seperti Rumah Atsiri, katanya.

Program Pengejar Impian Lokal Berdaya ini dilaksanakan di tiga kota yaitu Makassar, Solo dan Denpasar. Manfaatnya dirasakan oleh para pelaku UMKM

Pelaku UMKM kuliner Siti Rukayah di Dekai Kitchen Solo merasakan manfaat dari program Pemberdayaan Impian Lokal yang diselenggarakan oleh CIMB Niaga.

Yayah, sapaan akrabnya, mengaku banyak manfaat yang didapat dari acara tersebut.

“Acaranya berjalan dengan baik, banyak ilmu yang didapat dan ada teman yang bisa diajak bertukar pikiran,” kata Tribunnews, Selasa (23/4/2024).

Dari manajemen bisnis dan pemasaran hingga pembuatan konten media sosial, ia telah memperoleh beragam pengetahuan bisnis.

Berkat kegiatan tersebut, Yayah pun aktif mempromosikan usahanya melalui Instagram @dekai_kitchen.

Saat ditanya mengenai peningkatan acara Local Dream Pursuit, Yayah mengatakan bahwa pembicara yang paling berkesan baginya adalah Sekar Tandjung, pemilik bisnis Romahkoe Heritage Hotel.

“Saya senang dengan apa yang disampaikan Mbak Sekar Tandjung saat itu, banyak pengalaman yang diperolehnya di luar negeri lalu kembali lagi ke Solo untuk membangun perusahaan yang inspiratif,” ujarnya.

Sekar Tandjung juga berbicara tentang pentingnya melestarikan budaya dan sejarah Solo sebagai identitas kota dan Indonesia.

“Selain itu, saya juga senang dengan apa yang disampaikan oleh Ibu Astrid, rektor muda BMTSA,” ujarnya.

Sementara itu, Andiko Manik, Pimpinan CIMB Niaga wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah, mengatakan Solo dipilih sebagai lokasi Mengejar Impian Lokar Berdaya karena potensinya dalam mengembangkan UMKM.

Berdasarkan informasi yang diperolehnya, jumlah usaha kecil dan menengah di Kota Solo melebihi 11.000. 

Ia mengatakan di Solo pada 22 September 2023, “Sektor UKM mempunyai peranan penting dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian nasional baik dari segi kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) maupun penciptaan lapangan kerja.

“UKM yang terus berkembang hendaknya didukung oleh semua pihak, termasuk kami (CIMB Niaga) di dunia perbankan,” ujarnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *