Balas Dendam Jepang atas Uzbekistan Tuntas di Final Piala Asia U23

TRIBUNNEWS.COM – Jepang mencetak kemenangan dramatis atas Uzbekistan pada final Piala Asia U23 2024, Sabtu pagi (4/5/2024).

Kedua tim bermain imbang dalam waktu normal 2×45 menit. Papan skor pertandingan baru berubah ketika Fuki Yamada memasuki masa tambahan waktu babak kedua untuk membuka keunggulan Jepang.

Padahal, Uzbekistan punya peluang emas untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-90+5. Alisher Odilov menyundul handball Hiroki Sekin ke dalam kotak.

Namun sayang, Umarali Rakhmonaliev yang masuk sebagai eksekutor penalti Uzbekistan tidak bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Pemain Jepang merayakan kemenangan pada pertandingan final Piala Asia U23 AFC Qatar U23 2024 antara Jepang dan Uzbekistan di Stadion Yassim Bin Hamad pada 3 Mei 2024 di Doha. (KARIEM JAAFAR/AFP) (AFP/KARIEM JAAFAR)

Kiper Leo Kokubo membaca bola dengan baik di sisi kiri gawang Jepang.

Umarali Rakhmonaliev kemudian mengancam akan melakukan tendangan sudut, namun Kokubo bertahan sebelum wasit meniup peluit akhir tanda berakhirnya pertandingan.

Gelar tahun ini merupakan yang kedua bagi Jepang di Piala Asia U23 setelah 2016 (edisi kedua).

Jepang mampu membalas kekalahan melawan Uzbekistan yang sempat dilarang tampil di dua edisi terakhir.

Pada Piala Asia U23 2018, Jepang kalah dari Uzbekistan 4-0 di perempat final.

Sedangkan pada tahun 2022, kedua tim akan kembali bertemu, kali ini di babak semifinal.

Pelatih Jepang Go Oiwa masih ingat pertandingan di mana timnya kalah 2-0.

“Saya mengingatnya dengan jelas,” kata Mainichi Go Oiwa dari Jepang sebelum pertandingan melawan Uzbekistan.

“Final tahun ini sangat berbeda, kami telah menganalisis Uzbekistan dengan cermat dan kami ingin mempersiapkan diri dengan baik,” ujarnya.

Hasil itu membuahkan hasil saat Jepang memenangi laga final Piala Asia U23 dengan membalas dua kekalahan dari Uzbekistan dalam dua edisi.

Sebaliknya, tim besutan Timur Kapadze yang tahun ini sangat dominan dan sempurna untuk Uzbekistan, kembali gagal meraih trofi juara.

Pada tahun 2022 Uzbekistan kalah 2-0 dari Arab Saudi dan kini kalah 1-0 dari Jepang.

Jepang menjadi tim pertama yang meraih dua gelar Piala Asia U23, sedangkan Uzbekistan menjadi tim pertama yang finis berturut-turut. Para pemain Jepang merayakannya dengan trofi setelah memenangkan pertandingan final Piala Asia U23 AFC Qatar U23 2024 antara Jepang dan Uzbekistan di Stadion Yasim Bin Hamad pada 3 Mei 2024 di Doha. (KARIM JAFAR/AFP) (AFP/KARIM JAFAR) Daftar Juara Piala Asia U23

– 2013 – Juara Irak, Arab Saudi

– 2016 – Juara Jepang, Korea Selatan

– 2018 – Juara Uzbekistan, Vietnam

– 2020 – Juara Korea Selatan, Arab Saudi

– 2022 – Juara Arab Saudi, Uzbekistan

2024 – Uzbekistan, juara Jepang

(Tribunnews.com/China)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *