Tingkatkan Kompetensi, Kemendikbudristek Beri Magang LKP Barista di Industri Kopi

Laporan Fahdi Fahlavi, reporter Tribunnews.com 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali menggelar program magang bagi pelatih dan direktur lembaga pendidikan (LKP). 

Pada tahun 2024, pelatih dan manajer barista LKP mempunyai kesempatan untuk meningkatkan keterampilannya sesuai dengan tren industri terkini.

Dalam keterangan tertulisnya, Minggu (16/6/2024), Direktur Kursus dan Pendidikan Nahdiana mengatakan, “Pendidikan merupakan salah satu upaya peningkatan keterampilan agar kedepannya LKP menjadi salah satu pilihan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. “

Departemen Kursus dan Pelatihan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerjasama dengan Akademi Kopi Indonesia oleh Anomali Coffee sebagai mitra industri untuk meningkatkan keterampilan para pelatih dan pengelola LKP yang terkait dengan industri kopi. 

Terdapat 15 orang instruktur dan pengelola LKP terpilih yang telah melalui proses seleksi untuk melaksanakan program instruktur dan pelatihan manajemen kursus dan pelatihan keterampilan barista. 

Nahdiana mengungkapkan, kepiawaian pelatih menjadi kunci menyiapkan barista profesional.

“Saat ini kami fokus pada perbaikan tata kelola di LKP satuan pendidikan,” kata Nahdiana. 

Dalam pelatihan ini yang diajarkan tidak hanya praktek teknik penyajian kopi saja, namun juga penilaian dan presentasi untuk melihat seberapa baik peserta dalam menjelaskan materi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *