Cuaca Hari Ini – BMKG: Banten dan 23 Wilayah Lainnya Berpotensi Hujan Deras pada 3 Juni 2024

TRIBUNNEWS.COM – Badan Cuaca, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk untuk hari ini, Senin (3/6/2024).

Sebanyak 24 wilayah di Indonesia berpotensi terjadi hujan lebat yang dapat disertai angin kencang.

Sirkulasi siklon teramati di perairan utara Kalimantan yang merupakan wilayah berkurangnya kecepatan angin (konvergensi) dari perairan utara Jawa Tengah hingga Kepulauan Bangka Belitung, Laut Jawa hingga Kalimantan Barat, Laut Makassar hingga Kalimantan Utara, Banda Laut sampai Sulawesi Selatan, Laut Banda sampai Laut Maluku, Laut Sulawesi sampai Laut Sulu dan sekitar Laut Natuna Utara dan Laut Cina Selatan.

Sirkulasi tersebut juga menimbulkan daerah pertemuan (penggabungan) angin di Laut Sulu dan sekitar perairan Kalimantan bagian utara serta meningkatkan kecepatan angin > 25 knot yang terlihat di Laut Arafuru, Laut Banda, Nusa Tenggara Timur, dan Laut Timor yang mampu meningkat. tinggi gelombang di daerah sekitar perairan tersebut.

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi berkembangnya awan hujan di sekitar sirkulasi siklon dan sepanjang zona/wilayah konvergensi.

Labilitas wilayah yang kuat yang mendukung pola pergerakan skala regional terjadi di Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Maluku, Papua, Papua Tengah dan Dataran Tinggi Papua.

Daerah yang berpotensi terjadi hujan lebat disertai petir dan angin kencang adalah: Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau Kep. Riau Bengkulu Jambi Sumatera Selatan Kep. Bangka Belitung Banten Jawa Tengah Kalimantan Barat Kalimantan Tengah Kalimantan Utara Kalimantan Timur Sulawesi Utara Gorontalo Sulawesi Tengah Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tenggara Maluku Utara Maluku Papua

Wilayah yang berpotensi hujan disertai petir dan angin kencang adalah: Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Papua Barat

Daerah yang berpotensi angin kencang adalah: Nusa Tenggara Timur

(Tribunnews.com, Widya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *