AU India Pernah Ditawari F-15 EX yang Diincar Indonesia, Batal Gara-gara Jet Tempur Sukhoi SU-30 MKI

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Jet tempur F-15 EX yang diincar india rupanya pernah ditawarkan ke India, namun negara tersebut memilih “mengabaikan” tawaran tersebut. Hal ini diketahui menjadi alasannya.

Sekadar informasi, pesawat tempur F-15 Eagle yang diproduksi Boeing di AS sering disebut sebagai puncak desain penerbangan.

Jika tidak memungkinkan, F-15 Eagle adalah salah satu pesawat tempur tercepat di dunia.

Rekor tempurnya luar biasa: lebih dari 100 orang tewas dalam pertempuran udara, dan tidak pernah ditembak jatuh selama perang udara.

Album ini juga mengukuhkan posisinya sebagai legenda penerbangan militer.

Namun, terlepas dari kemampuan tempurnya yang luar biasa, pesawat tempur ini menghadapi masalah: menarik pembeli di pasar saat ini.

Sebelum kita membahas alasan India menolak pesawat “masterpiece” ini, mari kita pelajari dulu tentang F-15.

Seperti dikutip Eurasian Times, pesawat generasi 4,5 ini awalnya dikembangkan oleh McDonnell Douglas (kini bagian dari Boeing).

F-15 adalah pesawat tempur bermesin ganda dan satu kursi yang dirancang untuk melawan pesawat tempur seri MiG Soviet selama Perang Dingin.

Di luar Amerika Serikat, F-15 telah diadopsi oleh banyak negara lain, termasuk Arab Saudi, Jepang, Israel, dan Korea Selatan, dengan menggunakan varian berbeda untuk memenuhi kebutuhan spesifik mereka.

Penerbangan pertama F-15 Eagle terjadi pada tahun 1972, dan pada tahun 1976 menjadi bagian integral dari persenjataan udara angkatan bersenjata AS.

Berkat “daya tahan” dan keserbagunaannya yang tak tertandingi, pesawat ini tetap menjadi pesawat tempur garis depan, tidak ada bandingannya dengan pesawat Amerika lainnya.

Lima dekade kemudian, F-15 masih menjadi salah satu pesawat tempur tercepat dan serbaguna yang pernah dibuat.

F-15 awalnya dirancang untuk mencapai kecepatan Mach 3.0, atau 3 kali kecepatan suara.

Namun, persyaratan F-15 akhirnya disesuaikan menjadi Mach 2,5 untuk mengurangi biaya produksi.

Meski mengalami modifikasi, F-15 tetap menjadi pesawat tempur puncak dominasi udara.

Pada tahun 1988, varian Strike Eagle diperkenalkan, dengan fokus pada serangan darat jarak jauh, dukungan udara infanteri jarak dekat, dan peningkatan kemampuan peperangan elektronik.

Hingga saat ini, setidaknya telah diproduksi 1.198 varian F-15 A/B/C/D/J/DJ, serta 61 F-15K Slam Eagle untuk Korea Selatan.

Selain itu, terdapat lebih dari 525 varian Strike Eagle yang ditingkatkan dalam pelayanan, dan masih banyak lagi yang diharapkan.

Perbaikan blok yang berkelanjutan, seperti penggantian mesin F110, telah menjadikan F-15 sebagai yang terdepan dalam teknologi penerbangan selama beberapa dekade.

“Model terbaru, F-15EX, memiliki muatan lebih besar, kontrol wire-to-wire yang canggih, kokpit digital, sensor yang ditingkatkan, radar yang lebih baik, dan kemampuan peperangan elektronik yang kuat,” kata Eurasian Times.

Meskipun badan pesawat F-15 sudah tua dan kurangnya kemampuan siluman mungkin tidak sebanding dengan pesawat tempur generasi kelima dan keenam terbaru, F-15 masih merupakan platform multi-misi serbaguna yang terutama ditujukan bagi Angkatan Udara AS untuk mempertahankan wilayah udara dan pangkalannya. .

Rencana Angkatan Udara A.S. atau Angkatan Udara A.S. untuk membeli 144 pesawat tempur F-15EX menggarisbawahi nilai strategisnya yang berkelanjutan.

Diakui sebagai salah satu pesawat tempur tercepat di dunia, F-15 adalah pesawat tempur modern paling sukses dengan lebih dari 100 kemenangan dan tidak ada kekalahan dalam pertempuran udara.

Rekornya melampaui rekor F-16 (76-1), F-14 Tomcat (135-4), dan bahkan legenda tinju Mike Tyson (50-6).

Tidak ada petarung lain dalam sejarah yang memiliki rekor lebih baik dalam pertarungan udara sesungguhnya.

Sekitar 125 F-15 AS telah hilang selama lima dekade terakhir, sebagian besar karena kesalahan pilot dalam kondisi jarak pandang rendah, insiden darat, atau kecelakaan pelatihan.

Sekitar 125 F-15 AS telah hilang selama lima dekade terakhir, sebagian besar karena kesalahan pilot dalam kondisi jarak pandang rendah, insiden darat, atau kecelakaan pelatihan. Ini berarti kurang dari dua pesawat hancur dalam 100.000 jam terbang, yang merupakan bukti ketahanan dan kinerja F-15.

F-15 adalah pionir dalam pertempuran udara. Itu adalah pesawat tempur pertama yang mampu secara bersamaan mengenai beberapa sasaran musuh dari jarak hingga 160 km.

Dengan sistem radar canggih yang dipasang di hidung dan rudal udara-ke-udara berpemandu radar yang canggih, F-15 dapat menghilangkan ancaman sebelum mereka mengetahui apa yang terjadi, sehingga menetapkan standar baru dalam pertempuran udara.

Mengapa India tidak membeli pesawat ini?

Kembali ke pembahasan utama. Pada tahun 2022, Boeing mendapat lisensi sah dari pemerintah AS untuk menjajaki kemungkinan penjualan pesawat tempur F-15EX ke India.

Langkah ini memungkinkan Boeing untuk menanggapi permintaan informasi (RFI) dari Angkatan Udara India (IAF) mengenai niatnya untuk mengakuisisi 114 pesawat tempur multi-peran (MRCA) di pasar global.

Jadi mengapa India tidak membeli F-15? Mengapa pejuang terbaik di dunia tidak mendapat tempat di jajaran tentara India?

Alasan utamanya adalah India sudah mengoperasikan sekitar 270 pesawat tempur Su-30 Rusia yang dikembangkan oleh Sukhoi Aviation Corporation Rusia.

Pesawat tempur generasi keempat ini dirancang khusus untuk bersaing dengan F-15 dan tetap menjadi pesawat berkemampuan tinggi untuk kebutuhan pertahanan India.

India saat ini sedang melaksanakan rencana besar untuk memodernisasi pesawat tempur Su-30MKI Rusia yang ada.

Tujuan dari proyek ini adalah untuk melengkapi pesawat dengan radar canggih, avionik, senjata jarak jauh dan teknologi fusi multi-sensor, yang memungkinkan pesawat untuk tetap kompetitif dalam pertempuran udara selama 30 tahun ke depan.

Su-30MKI adalah pesawat superioritas udara yang kuat, bermesin ganda, dan multi-peran.

Varian Su-30 India telah mengalami banyak modifikasi untuk memenuhi persyaratan operasional spesifik IAF.

Laporan Times of India pada bulan Juli 2024 memperkirakan biaya batch pertama dari 84 pesawat tempur Sukhoi yang diupgrade sekitar Rs 63.000 crore ($7,87 miliar).

Tujuan dari peningkatan ini adalah untuk meningkatkan kekuatan dan efektivitas biaya Sukhoi Super, menawarkan kemampuan yang mirip dengan pesawat tempur generasi kelima tetapi tanpa kemampuan siluman.

Meskipun F-15 dianggap sedikit lebih baik, namun harganya juga mahal. Departemen Pertahanan memperkirakan nilai F-15EX sebesar $110 juta per unit, tidak termasuk biaya peralatan penting seperti simulator, EPAWSS, dan indikator target/IRST. Dengan mempertimbangkan elemen-elemen ini, total biaya unit F-15EX akan meningkat menjadi sekitar $136,7 juta.

Faktor terpenting di balik “penolakan” India untuk membeli F-15 EX adalah pertimbangan logistik.

Jika New Delhi mengacaukan proses akuisisi F-15, kemungkinan besar hal itu akan menimbulkan masalah logistik dan pemeliharaan bagi Angkatan Udara India, yang berpotensi berdampak pada kesiapan tempurnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *