Bom Rakitan Seliweran, Militer Israel Was-was Terjadi Lebanonisasi Milisi Perlawanan di Tepi Barat

Selain bom rakitan, militer Israel juga mengkhawatirkan Lebanonisasi milisi Perlawanan Tepi Barat

TRIBUNNEWS.COM – Semakin intensnya pertempuran dan perlawanan milisi Palestina di Tepi Barat menimbulkan kekhawatiran besar bagi tentara dan kepala intelijen Israel. 

Laporan media Israel khawatir bahwa pasukan keamanan Israel takut akan “Lebanonisasi” pola perlawanan milisi Palestina di Tepi Barat yang diduduki.

Pasalnya, model yang digunakan milisi Palestina di Tepi Barat saat ini mengingatkan mereka pada perang melawan Hizbullah pada tahun 1990-an saat pendudukan Israel di Lebanon selatan.

Saat itu, IDF menghadapi perlawanan dari Hizbullah dengan menggunakan alat peledak, yang mirip dengan model milisi Palestina saat ini.

Aktivitas Perlawanan Palestina di Tepi Barat telah mengalami kemajuan yang signifikan dan penting sejak operasi banjir Al-Aqsa pada tanggal 7 Oktober, dengan meningkatnya penggunaan Alat Peledak Improvisasi (IED), yang juga dikenal sebagai bom rakitan.

Kan TV Israel melaporkan bahwa ini adalah masalah serius karena ancaman di Tepi Barat meningkat akhir-akhir ini.

Menurut saluran TV tersebut, beberapa bom berisi puluhan kilogram bahan peledak, yang diaktifkan dari jarak jauh.

Sebuah bom yang ditanam oleh pejuang Perlawanan di bawah jalan aspal.

Pakar militer Israel membenarkan bahwa tentara pendudukan menggunakan buldoser lapis baja untuk membersihkan jalan sebelum kendaraan lain memasukinya, sehingga menyebabkan perangkat tersebut meledak jika bersentuhan dengan buldoser. Pasukan pendudukan Israel menghancurkan infrastruktur jalan dan merusak serta menghancurkan properti Palestina di Tepi Barat. (haberni) Milisi perlawanan mengembangkan taktik baru

Channel 12 Israel menegaskan bahwa Perlawanan telah mengembangkan taktik baru dan kini mengubur IED lebih dalam ke dalam tanah untuk mencegahnya dipicu oleh buldoser.

Sebelumnya, perangkat ini terkubur sepuluh sentimeter atau lebih di bawah jalan dan trotoar.

Namun, serangan Israel baru-baru ini terhadap Tulkarem, Jenin, dan kota-kota lain di Tepi Barat menunjukkan bahwa Perlawanan telah mulai menanam bahan peledak sedalam satu meter atau lebih.

Akibatnya, menurut saluran TV tersebut, milisi perlawanan berhasil meledakkan IED yang ditujukan ke tentara pendudukan, meskipun pasukan teknik telah melakukan pemeriksaan awal terhadap jalan tersebut.

Hampir setiap serangan Israel terhadap kota-kota dan kamp-kamp di Tepi Barat ditanggapi dengan penggunaan alat peledak oleh Perlawanan, yang telah menjadi “beban operasional” yang signifikan.

Dalam insiden terbaru, pada 9 Juli, pejuang Palestina meledakkan alat peledak terhadap pasukan pendudukan di kawasan kamp Nur Shams di Tulkarem. Pasukan Khusus Israel (IDF) melakukan penggerebekan di kota-kota di Tepi Barat Sungai Yordan. Pada (23/5/2024), pasukan IDF mundur dari kota Jenin setelah pertempuran sengit dengan unit perlawanan Palestina. (haberni/HO)

Pendudukan mengklaim kematian seorang tentara, pengemudi kendaraan Nimr dihancurkan oleh pejuang perlawanan di kamp Nur Shams, di kamp tersebut. awal bulan ini.

Dalam insiden terbaru pada tanggal 9 Juli, Mujahidin meledakkan bahan peledak pada kendaraan militer dan pasukan pendudukan di dekat kamp Nur Shams di Tulkarem.

Awal bulan ini, pendudukan Israel mengklaim kematian seorang tentara yang merupakan pengemudi kendaraan Nimr yang hancur. oleh pejuang Perlawanan selama serangan IED.

Selain itu, pada tanggal 1 Juli, Kan TV mengungkapkan bahwa alat peledak yang digunakan oleh Perlawanan selama lima hari menewaskan seorang perwira dan seorang tentara serta melukai 17 lainnya dalam pemboman di Jenin dan Tulkarma.

Menurut surat kabar Israel Yedioth Ahronoth, tentara pendudukan telah memutuskan untuk mengurangi dampak IED dengan meningkatkan serangan udara, meningkatkan pengawasan intelijen dan melarang impor pupuk ke Tepi Barat.

(oln/khbrn/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *