Hamas Kecam Kematian Pemimpinnya, Mustafa Muhammad Abu Ara di Penjara Israel: Sama Saja Pembunuhan

TRIBUNNEWS.COM – Kementerian Penjara Gaza mengutuk kematian pemimpin Hamas Mustafa Muhammad Abu Ara di tahanan Israel.

Menurut PressTV, perusahaan mengumumkan pada Jumat (26 Juli 2024) bahwa kematian Abu Ar adalah akibat penyiksaan dan kelalaian medis ilmiah.

Kementerian tersebut menambahkan bahwa pihak berwenang Israel menahan tahanan Palestina dalam kondisi yang tidak manusiawi dan melakukan serangan sistematis.

Meskipun menggambarkannya sebagai kematian yang sulit dan lambat, kementerian tersebut bersikeras bahwa hal ini adalah sesuatu yang tidak diperhatikan oleh organisasi internasional.

Hamas tidak tinggal diam.

Hamas mengatakan kematian Abu Ara mirip dengan pembunuhan Israel yang murni kelalaian medis.

Kelompok tersebut menambahkan bahwa kejahatan keji ini mirip dengan perang sistematis Israel untuk menghancurkan dan membunuh rakyat Palestina.

Putra mendiang pemimpin Hamas, Zeid Abu Ara, menggambarkan kurangnya layanan medis penting dan makanan yang memadai bagi tahanan yang sakit sebagai bentuk pembunuhan.

Warga Palestina mengadakan pemakaman pemimpin Hamas yang meninggal dan berduka atas kematiannya. Pemimpin Hamas Mustafa Muhammad Abu Ara (via PressTV)

“Operasi ini sengaja menyebabkan kelaparan di penjara, seperti yang terjadi di luar Gaza,” kata Kementerian Tahanan Gaza dalam pernyataan terpisah pada hari Jumat.

“Seorang narapidana yang baru saja dibebaskan dari penjara kerja melaporkan bahwa makanan yang disajikan tidak mencukupi jumlah narapidana dan disajikan tanpa garam, menyebabkan setiap narapidana di penjara kehilangan lebih dari setengah berat badannya sendiri,” tambahnya.

“Kementerian juga meminta penghentian segera tindakan-tindakan tersebut, pembebasan segera semua tahanan dari penjara buruh dan penuntutan para pemimpin buruh di pengadilan internasional atas kejahatan terhadap kemanusiaan,” tambah pernyataan itu.

Bulan lalu, Israel memecat pemimpin Dewan Legislatif Palestina, Dr. Aziz Dweik setelah mendekam di penjara kurang lebih 9 bulan.

Dr. Dweik mengatakan kepada wartawan pada 14 Juni bahwa pembantaian di penjara dilakukan oleh Israel.

Tahanan lain mengatakan bahwa Israel memukuli politisi Palestina dengan kejam ketika mereka berada dalam tahanan. Meninggalnya Abu Ar

Pemimpin Hamas di Tepi Barat, Mustafa Muhammad Abu Ara (63), meninggal dalam tahanan Israel setelah kesehatannya memburuk, lapor Reuters.

Abu Ara meninggal setelah dibawa ke rumah sakit dari penjara Ramon di Israel selatan, kata Komite Urusan Tahanan Palestina pada Jumat (26/07/2024).

“Sebelum ditangkap, dia mempunyai masalah kesehatan yang parah dan memerlukan perawatan medis intensif,” komisi mengumumkan.

“Namun, sejak dia ditangkap, Syekh Abu Ara, seperti semua orang yang ditahan, menghadapi kejahatan yang belum pernah dilakukan sebelumnya sejak awal perang penghancuran.”

Abu Ara ditangkap Oktober lalu.

Mereka menyiksanya, dan dia tidak menerima pengobatan.

Komite menambahkan bahwa sejak awal perang, Israel telah menahan 5.000 warga Palestina tanpa memberikan informasi apapun tentang mereka.

Menurut Middle East Eye, kematian Abu Ara Setiap tahun ada lebih dari 55 tahanan yang tewas dalam tahanan Israel sejak serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober dan perang Gaza berikutnya.

Menurut otoritas kesehatan setempat, jumlah korban tewas di Gaza kini telah melebihi 39.000 orang, dan 90.400 orang terluka.

(Tribunnews.com, Tiara Shelavie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *