Kunci Jawaban PAI Kelas 9 Halaman 143 Kurikulum Merdeka: Sejarah Berdirinya Daulah Usmaniyah

TRIBUNNEWS.COM – Kurikulum Mandiri 9 Halaman Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam (PAI).

Soal PAI Kelas 9 halaman 143 meminta siswa mempelajari sejarah berdirinya Kesultanan Utsmaniyah.

Sebelum melihat Kunci PAI Kelas 9 Halaman 143, siswa diharapkan mampu menjawab soal secara mandiri terlebih dahulu.

Kunci jawaban ini digunakan oleh orang tua sebagai pedoman dan pembanding untuk mengoreksi pekerjaan anaknya. Kunci Jawaban PAI Kelas 9 143

1. Jelaskan secara singkat sejarah berdirinya Kesultanan Utsmaniyah!

Menjawab:

Kekaisaran Ottoman, atau Kekaisaran Turki Ottoman, adalah negara Islam terbesar di luar dunia Arab. Negara ini didirikan oleh suku Turki yang dipimpin oleh Osman Bey atau Osman I.

Selama lebih dari 600 tahun (1299-1924 M), Konstantinopel menjadi ibu kota negara yang menguasai Timur Tengah, Eropa Timur, dan Afrika Utara.

Kesultanan Utsmaniyah bermula dari suku Kabila di Turkmenistan yang bermigrasi dari Kurdistan ke Anatolia pada abad ke-12.

Pemimpin tur tersebut adalah Raja Ertugrul dan putranya Osman I, yang bermigrasi untuk menghindari serangan Mongol di bawah pimpinan Jenghis Khan.

Ertuğrul dan para pengikutnya kemudian menetap di kota Atlakh di Turki timur dan berteman dengan dinasti Seljuk.

Mereka kemudian mendukung Dinasti Seljuk hingga memenangkan perang dengan Romawi. Sebagai imbalan atas dukungan ini, Raja Ertuğrul menerima tanah di Anatolia barat yang berbatasan dengan Romawi.

Ia pun mendapat kuasa untuk memperluas wilayahnya hingga mendekati Roma. Setelah runtuhnya Dinasti Seljuk, Osman I memproklamirkan berdirinya Kesultanan Utsmaniyah di Turki.

2. Siapa saja pemimpin khalifah Kesultanan Utsmaniyah yang paling dipercaya? Jelaskan alasannya

Menjawab:

Umar Bin Khattab RA adalah sahabat Nabi, Khalifah Amir al-Mu’minin yang terkenal dengan sifat berimannya.

Omar bin Khattab dikenal sebagai pemimpin yang shaleh. Hukum menjamin penegakan hukum yang adil bagi semua orang, tanpa memandang status sosial atau kekayaan. Keadilan Umar bin Khattab dalam memperlakukan orang lain secara adil dan setara dapat menjadi contoh bagi kita.

Tak hanya itu, Umar mempunyai kemampuan mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dengan baik. Kepemimpinan efektif Omar Bin Khattab mengajarkan kita untuk menjadi pemimpin yang bijaksana, bertanggung jawab dan mampu mengambil keputusan yang tepat untuk kemaslahatan rakyat.

3. Jelaskan nilai-nilai positif yang dapat kita teladani setelah mempelajari sejarah Khalifah Usmani! Jelaskan alasannya!

Jawaban: Kepedulian terhadap agama dan umatnya, kemurahan hati, keberanian, kesederhanaan dan kerendahan hati, keteguhan iman

4. Jelaskan peranan Kesultanan Utsmaniyah dalam sejarah perkembangan Islam di dunia!

Menjawab:

Dinasti Turki Utsmaniyah merupakan Khilafah Islam yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap peradaban dunia Islam karena Kesultanan Utsmaniyah berhasil mengalahkan bangsa Mongol dan Eropa dalam menduduki pusat peradaban dan pusat agama Kristen.

Setelah kemenangan ini, Kesultanan Utsmaniyah menjadi begitu terkenal sehingga kerajaan tersebut mampu memperluas wilayahnya hingga ke Eropa.

Selain itu, perluasan dan perkembangan kerajaan tersebut dicapai oleh kerajaan Turki yang bisa dikatakan sangat luas dan pesat, dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk aspek peradaban.

5. Jelaskan contoh apa saja yang kamu peroleh dari kehidupan Khalifah Sulaiman al-Qununi!

Jawaban: Contoh tipikal diambil dari kehidupan Khalifah Sulaiman al-Qununi. Pemimpin yang dapat diandalkan, adil dan cerdas. Tuhan selalu rendah hati dan lemah lembut, seorang nabi yang menunjukkan belas kasihan kepada orang lain.

*) Penafian:

Jawaban-jawaban di atas hanya digunakan untuk memandu proses belajar anak.

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan terbuka, artinya ada beberapa jawaban yang belum dikoreksi sebagaimana disebutkan di atas.

(Tribunnews.com/Ifan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *