Capaian Kinerja Kejaksaan Tahun 2024: Selamatkan Keuangan Negara Rp 1,3 Triliun

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kejaksaan telah menyelamatkan dan memulihkan kerugian keuangan negara sebesar Rp1.360.877.665.800,71 (Rp1,3 triliun).

Hal itu disampaikan Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin saat menjadi pengawas upacara pada upacara Hari Bakti Adhyaksa ke-64 di Badan Diklat Kejaksaan Agung RI, Ragunan, Jakarta Selatan, Senin (22/7/2024).

Dalam sambutannya, ST Burhanuddin juga menyampaikan capaian kinerja kejaksaan tahun 2024 di bidang pidana khusus (Pidsus).

“Menyelamatkan dan mengembalikan kerugian keuangan negara sebesar Rp1.360.877.665.800,71,” kata Burhanuddin.

Burhanuddin lantas menyoroti kasus pidana korupsi yang sedang ditangani Kejaksaan Agung (Kejagung), yakni kasus korupsi pada penyelenggaraan pertambangan timah.

Dalam kasus ini, total kerugian finansial mencapai Rp300 triliun.

Kerugian negara akibat kerusakan lingkungan hidup sebesar Rp271 triliun, sedangkan kerugian negara sebesar Rp29 triliun, kata Burhanuddin.

Burhanuddin mengatakan, dalam lima tahun terakhir, kejaksaan berhasil mengukir sejarah dengan menjadi lembaga penegak hukum yang paling terpercaya. 

Penegakan hukum yang dilakukan jajarannya dilakukan tanpa pandang bulu.

“Kejaksaan mampu hadir untuk mewujudkan dan memenuhi harapan masyarakat dan rakyat dalam terpenuhinya keadilan, eksploitasi dan kepastian hukum serta mampu menegakkan hukum dan memberantas kejahatan tanpa diskriminasi dengan tetap menjaga sisi humanistik.” pepatah.

Menurutnya, keberhasilan kejaksaan merupakan hasil kerja keras bersama. 

Dalam menjalankan tugasnya, Burhanuddin yakin timnya akan bekerja dengan penuh perjuangan dan tantangan 

“Dalam menjalankan tugas dan wewenang kita, tidak ada prestasi atau keberhasilan yang diraih tanpa perjuangan dan tantangan,” kata Burhanuddin. Jaksa Agung ST. Burhanuddin memimpin upacara Hari Adhiyaksa di Pusdiklat Kejaksaan RI, Jakarta Selatan, Senin (22/7/2024). (Tribunnews.com/Abdi Ryanda Shakti). (Tribunnews.com/Abdi Ryanda Shakti)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *