Putra Mahkota Arab Saudi Takut Dibunuh jika ‘Berteman’ dengan Israel, Teringat Nasib Anwar Sadat

TRIBUNNEWS.COM – Putra Mahkota Saudi dan Perdana Menteri Mohammed bin Salman dilaporkan khawatir dia akan dibunuh jika dia menormalisasi hubungan dengan Israel.

Surat kabar Amerika Politico melaporkan, mengutip sumber-sumber di Kongres AS, “Dia mempertaruhkan nyawanya untuk mencapai kesepakatan besar dengan Amerika Serikat dan (sekutunya) Israel yang mencakup normalisasi hubungan Saudi-Israel.” Rabu (14/8/2024).

Menurut laporan surat kabar Politico, Mohammed bin Salman mengungkapkan ketakutannya di hadapan Kongres AS bahwa ia akan berakhir seperti Presiden Mesir Anwar Sadat.

Anwar Sadat dibunuh saat menghadiri parade militer di Mesir pada tahun 1981 setelah membuat perjanjian damai dengan Israel melalui Perjanjian Camp David dengan Perdana Menteri Israel saat itu, Menachem Begin, pada 17 September 1978.

Mohammed bin Salman juga menanyakan kepada Kongres AS apa yang dilakukan Amerika Serikat untuk melindungi Anwar Sadat.

Berbicara tentang keprihatinannya, Mohammed bin Salman menekankan perlunya mencapai kesepakatan gencatan senjata antara Hamas dan Israel di Jalur Gaza.

Ia juga menekankan bahwa perjanjian tersebut harus memuat jalan konkrit pembentukan negara Palestina.

Sementara itu, pejabat Israel mengomentari kabar tersebut dengan mengatakan ada beberapa syarat yang tidak bisa dipenuhi oleh Arab Saudi, termasuk pembentukan negara Palestina.

Dia menambahkan: “Kami memahami bahwa pemerintah Amerika Serikat, Arab Saudi, dan Israel semuanya tertarik untuk mempertimbangkan perjanjian yang mencakup masalah bilateral antara Amerika Serikat dan Arab Saudi serta normalisasi Israel-Saudi. Namun, ada kondisi tertentu diperlukan untuk mencapai kesepakatan.” Seorang pejabat Israel mengatakan menanggapi artikel yang mengutip perjanjian bebas rahasia antara Arab Saudi, Amerika Serikat dan Israel: “Perjanjian seperti itu saat ini tidak ada.”

Mohammed bin Salman bertekad untuk mencapai kesepakatan besar dengan Amerika Serikat dan Israel meskipun nyawanya dipertaruhkan, menurut Politico.

Politico meyakini hal itu dilakukan karena kerja sama ini sangat penting bagi masa depan Arab Saudi.

Perjanjian rahasia ini telah dijelaskan dalam berbagai pemberitaan.

Komitmen AS terhadap Arab Saudi mencakup jaminan keamanan, bantuan program nuklir sipil, dan investasi ekonomi di berbagai bidang seperti teknologi.

Beberapa laporan menyebutkan bahwa Arab Saudi akan membatasi hubungannya dengan Tiongkok dan menjalin hubungan diplomatik dengan Israel.

Namun, Mohammed bin Salman marah karena Israel mengecualikan Arab Saudi yang sedang mendirikan negara Palestina.

Dia menambahkan: “Cara dia mengatakannya adalah: Ini sangat penting bagi Saudi, seluruh Timur Tengah sangat prihatin tentang hal ini, dan masa jabatan saya sebagai penjaga tempat-tempat suci Islam tidak akan aman jika saya tidak menyampaikan pidatonya” masalah keadilan yang paling penting di wilayah kita. “Para martir di Jalur Gaza,” kata seorang sumber di Politico menirukan ucapan Mohammed bin Salman

Israel saat ini terus melanjutkan perilaku agresifnya di Jalur Gaza, dimana jumlah korban tewas warga Palestina meningkat hingga lebih dari 39.929 orang dan 92.240 lainnya luka-luka sejak Sabtu (10/7/2023) hingga Rabu (14/8/2024), dan 1,147 orang telah terbunuh di wilayah Israel, menurut apa yang dilaporkan Pune News.

Israel sebelumnya mulai melakukan pengeboman di Jalur Gaza setelah gerakan perlawanan Palestina Hamas melancarkan Operasi Banjir Al-Aqsa pada Sabtu (10/7/2023) untuk menghadapi pendudukan Israel dan kekerasan di Al-Aqsa sejak tahun 1948.

Israel memperkirakan sekitar 120 sandera masih hidup atau mati yang ditahan Hamas di Jalur Gaza, setelah menukar 105 sandera dengan 240 tahanan Palestina pada akhir November 2023.

(Tribunnews.com/Unita Rahmayanti)

Berita lainnya terkait konflik Palestina-Israel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *