Imam Besar Istiqlal Jamin Limbah Pemotongan Hewan Kurban Tak Mencemari Lingkungan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Imam Besar Masjid Istiklal Nasreddin Omar memastikan limbah hewan penyembelihan Idul Adha 1445 H tidak akan mencemari lingkungan.

Selasa (18/6/2024) menjadi fokus Panitia Kurban di wilayah Masjid Istiklal.

Hal ini dilakukan agar limbah kurban tidak mengganggu masyarakat dan lingkungan sekitar pada saat pemotongan.

“Kali ini Insya Allah kami akan bunuh diri secara umum di sini (kawasan Istiklal) karena kami sangat peduli dengan lingkungan yang sehat ini,” kata Nasreddin dalam jumpa pers usai salat Idul Adha di halaman Masjid Istiklal Jakarta, Senin. 17/6/2024).

“Kami prihatin hewan tidak disembelih di sembarang tempat, darah mengalir kemana-mana, dan sampah meresahkan masyarakat di sekitar,” imbuhnya.

Kurban yang disembelih di Masjid Istiklal tidak akan dibagikan melalui sistem kupon sehingga warga yang membanjiri kawasan tersebut tidak mendapat giliran.

Meski demikian, Masjid Istiklal akan aktif mendistribusikan daging hewan kurban yang disembelih.

“Kami potong, bunuh, lalu mereka bagikan ke masing-masing kelompok.

Sejauh ini Masjid Istiklal telah membeli 50 ekor sapi dan 12 ekor kambing untuk Idul Adha dan jumlahnya akan meningkat sehingga masih membuka peluang jika ingin ikut menyumbang hewan kurban.

Sekadar informasi, Masjid Istiklal mendapat hadiah dari Presiden-Wakil Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden RI terpilih Maaruf Amin, Prabowo Subianto, dan Jibran. Rakabuming. Raka dan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *