Bagaimana Kesiapan Infrastruktur IKN Jelang Upacara HUT ke-79 RI? Begini Progres Terbaru

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Berbagai infrastruktur dasar wilayah Pulau Ibu Kota Negara (IKN) Kalimantan Timur dikatakan siap digunakan saat Upacara HUT RI ke-79.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Plt. Kepala Otoritas Ibu Kota Kepulauan (OIKN) Basuki Hadimuljono menjelaskan, akses dari Balipapan menuju Kawasan Pusat Pemerintahan Inti (KIPP) IKN dapat ditempuh melalui pintu keluar Tol Balipapan-Samarinda KM 11 Karangjong.

Kemudian melewati Jalan Akses Nasional TPK Karingau dan Jalan Tol IKN yang sudah beroperasi (Seksi 3A – 3B – 5A – Jembatan Pulau Balang Panjang). 

Total jarak tempuh 88 kilometer dan waktu tempuh sekitar 90 menit. Pilihan lainnya adalah Gerbang Tol Balikpapan-Samarinda Samboja KM 38 – Jalan Nasional Samboja Sepaku dengan waktu tempuh 150 menit, ujarnya. Basuki, tulisnya, Sabtu (3/8/2024).

Menurut dia, jaringan jalan di KPP sepanjang 7 kilometer sudah beraspal dan beraspal.

Di sekitar lokasi upacara, beberapa jalan (Poros Barat, Poros Timur, Pastor Grande, sepanjang 4.510 meter) siap melayani anggota keluarga.

Sedangkan Istana Kesultanan dan Istana Garada dapat diakses melalui Jalan Masuk Barat (1.980m), Jalan Pengumpan “Besar” di Gerbang Istana (430m), Jalan Poros Timur (2.100m), Sepaku 2 Ring Can. Jalan Feeder (550m), Akses Tol 6C serta Lingkar Akses Barat dan Timur (576m).

Jalan menuju Istana Negara dan Istana Garuda sepanjang 1.260 meter dan seluruh jalan sudah beraspal. 

“Istana negara, lapangan serbaguna, dan mimbar akan siap digunakan untuk upacara pada 17 Agustus. Prasarana istana negara sudah siap dan Istana Garuda progresnya sudah 95 persen. Keduanya sedang dalam proses pemasangan furnitur. Targetnya, tanggal 10 Agustus semuanya harus bersih dan rapi,” kata Basuki.

Plaza upacara berfungsi sebagai konservatori (pusat pengunjung, amfiteater, jalur hutan, toilet umum, dan ritel/galeri) yang menampung tamu undangan dan panitia pendukung.

Di kawasan Beranda Nusantara, Taman Peringatan/Taman Kusuma Bangsa, Sayap Garda, Gedung Beranda, Tugu Bendera dan Gedung Parkir untuk kegiatan meditasi sakral dijadwalkan siap pada 11 Agustus 2024.

Selanjutnya 7 tower yang masing-masing terdiri dari 4 tower dari 4 kementerian koordinator (total 16 tower) bertugas dalam upacara tersebut yaitu Koordinator 1 (1 tower).

Konsolidator 2 (1 menara), Konsolidator 3 (2 menara) dan Konsolidator 4 (3 menara). Masing-masing 2-3 lantai digunakan untuk menampung ASN dan mantri.

“ASN akan memberikan layanan residensial dan minimal 8 tower fullfurnish, air dan listrik disediakan. Setiap tower akan terdiri dari 60 unit hunian seluas 98 m2, setiap hunian akan memiliki 3 kamar. Basuki mengatakan, “14 kamar-kamar akan dibangun dan dilengkapi perabotan untuk akomodasi kantor menteri.

Kementerian PUPR telah menyelesaikan 15 waduk di KIPP IKN sebagai pekerjaan beautifikasi dan konservasi air.

Sedangkan fasilitas air minum mulai dari instalasi pengolahan air (IPA), pipa transmisi, waduk, pipa distribusi hingga pipa persil/gedung/kantor pemerintah akan diresmikan secara bertahap pada 10 Agustus 2024.

Debit aliran awal adalah 150 liter/detik, kualitas air minum sesuai standar internasional. 

“Air minumnya sudah kami uji sejak 20 Juli dan sekarang sudah sampai di Istana Negara dan Istana Garada. Kualitas airnya berkualitas, Insya Allah air minum dalam kemasan pun bagus. Nanti saya minta Sucofindo mengecek kualitasnya,” katanya. Itu tidak mungkin

Kementerian PUPR memastikan Bandara VVIP di IKN tidak digunakan untuk perayaan HUT RI ke-79.

Juru Bicara Kementerian PUPR Indra S Atmawijaja mengatakan, pembangunan yang sedang berlangsung belum akan selesai pada 17 Agustus.

Pembangunan IKN akan dihentikan sementara pada 10 Agustus karena akan digunakan untuk perayaan HUT RI ke-79.

“Tidak, sepertinya tidak [bisa digunakan]. Tidak akan terlambat pada tanggal 17, apalagi kita akan menghentikannya pada tanggal 10. Jadi ya, itu tidak akan berakhir pada tanggal 10. ,” kata Andra.

Proses pembangunan bandara VVIP terhambat karena cuaca buruk. Ia dan pihak lain telah mencoba banyak hal untuk menghadapi iklim ini.

Indra mengatakan, ada beberapa cara PUPR bisa bekerja sama dengan pihak lain. Pertama, teknologi modifikasi iklim dikembangkan bersama Badan Meteorologi, Meteorologi, dan Geofisika (BMKG) dan TNI AU.

“Dari TNI AU, dari PUPR sedang mengumpulkan awan hujan untuk keluar dari IKN dan menuju tempat lain,” ujarnya.

Cara pertama ini dikatakan berhasil. Sebelumnya dikatakan pekerjaan bisa dilanjutkan karena minimnya hujan.

Cara kedua adalah menambah jumlah lapangan kerja dari dua menjadi tiga, kata Indra. Hal ini untuk mengejar ketertinggalan dalam pembangunan. Cara ketiga adalah menambahkan orang dan benda.

“Jadi teknologi modifikasi iklim itu unik, makanya kita lakukan upaya konstruksi dan non konstruksi,” kata Indra.

Saat ini telah dibangun landasan pacu sepanjang 300-400 meter di landasan Bandara VVP sepanjang 2.200 meter. Indira mengatakan, pencapaian 2.200 meter pada 17 Agustus mendatang tidak memungkinkan.

Presiden Jokowi kembali menegaskan bahwa pembangunan tidak boleh dipaksakan.

“Seperti yang disampaikan Pak Presiden kemarin, jangan ngotot kalau sampai di sana sudah terlambat, karena harus diselesaikan, kita kompak, cappingnya sudah selesai, harus di aspal,” ujarnya. Dia berkata. Ajak Indra Megawati dan SBY

Pemerintah telah mengundang mantan presiden untuk menghadiri Upacara Kemerdekaan Indonesia ke-79 IKN, kata Menteri Luar Negeri (Mensesneg) Pratikno.

Presidennya adalah Megawati Sukarnoputri, Presiden ke-5 Republik Indonesia, dan Susilo Bambang Uhoyono, Presiden ke-6 Republik Indonesia.

Jadi kami berencana mengundang mantan presiden untuk menghadiri acara di IKN bersama presiden,” kata Praticno.

Namun, Pratikno mengatakan presiden-presiden Indonesia sebelumnya sudah kembali pada keputusan datang atau tidaknya.

“Kami terbuka kalau ada persoalan yang sulit kalau dia tidak di IKN tapi di Jakarta. Jadi itu isu yang sedang terjadi. Sementara mantan Wapres itu diundang ke Jakarta,” ujarnya. Praktek

Praticno mengatakan upacara akan digelar di Ibu Kota Kepulauan (IKN) dan Jakarta.

“IKN melaksanakan upacara militer dengan didampingi Inspektur Upacara Presiden. Sedangkan upacara militer dilaksanakan IKN usai upacara di kompleks Istana Merdeka Jakarta. Kemudian upacara penurunan bendera merah putih akan dibagi menjadi dua bagian.” kawasan yang berada di dalam kandang adalah agenda utama kemerdekaan Jakarta,” dari IKN dan pihak Istana.

Tak hanya itu, akan ada proses pengiriman bendera pusaka dan teks slogan palsu dari Jakarta ke IKN, kata Praticno.

Sementara untuk acara mendatang, Praticno mengatakan peringatan nasional dan doa akan digelar di Istana Merdeka siang ini.

“Ulama dan tokoh agama ikut serta, kemudian diikuti lebih dari 3000 peserta,” kata Praticno.

Selanjutnya wisuda Paskibraka akan dilaksanakan di IKN, kata Praticno.

Pratikno mengatakan, tema HUT RI ke-79 adalah Pulau Baru, Indonesia Raya.

“Tayangan yang dirilis pada 24 Juni itu menunjukkan peralihan perpindahan ibu kota dari Jakarta ke KEN dan sekaligus peralihan menuju kelangsungan pemerintahan baru,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *