Kunjungi Kamboja, Presiden ATUC Minta Perkuat Perlindungan Terhadap Tenaga Kerja ASEAN

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Presiden Dewan Serikat Buruh ASEAN (ATUC) Andi Gani Nena Weah melanjutkan kunjungan kerjanya ke negara-negara anggota ASEAN. 

Setelah Thailand, Andy Gunn kini bertemu dengan para pemimpin serikat pekerja di Poipet, Kamboja. 

Para pemimpin konfederasi buruh Kamboja adalah presiden konfederasi buruh Kamboja di Thorn, koordinator proyek CLC Chea Sopheak, ketua Konfederasi Serikat Buruh Kamboja (CCU) Chea Seng Hong, ketua Konfederasi Perdagangan Kamboja. Serikat Pekerja (CCU) Serikat Pekerja Kamboja Chhin Sony, Heng Chenda dari Komite Gender dan Pheng Sunday dari Komite Perempuan.

Kedatangan Andy Ghan disambut hangat oleh seluruh pimpinan Federasi Buruh Kamboja. 

Dalam pertemuan tersebut, Andi Ghani meminta Federasi Buruh Kamboja untuk melindungi hak-hak pekerja asing di wilayahnya, khususnya dari negara-negara ASEAN dan negara lain. 

“Memperkuat kerja sama perlindungan pekerja di ASEAN penting. Karena memastikan keselamatan dan keamanan harus menjadi prioritas utama pekerja di seluruh Asia Tenggara,” kata Andy Ghani saat menelepon ke Kamboja, Kamis (27/6/2024). 

Selain itu, Andy Ghani mengatakan, perekonomian di Kamboja saat ini tumbuh sangat pesat. Hal ini terlihat dari masifnya pembangunan industri yang dilakukan oleh pemerintah Kamboja. Hal ini meliputi pengembangan industri besar tekstil, kayu lapis, kertas, mineral dan pertanian. 

Menurut Andy Gunn, dengan tumbuhnya sektor industri, tentu kebutuhan akan tenaga kerja akan semakin meningkat. 

Untuk itu, kerja sama Indonesia dan Kamboja di bidang ketenagakerjaan menjadi sangat penting. 

“Indonesia dan Kamboja merupakan dua negara yang menjadi mitra dalam mendorong kesejahteraan pekerja,” jelas Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) tersebut. 

Pada saat yang sama, Presiden CLC At Thorn mengapresiasi kepemimpinan Andy Gunn sebagai Presiden ATUC karena telah menjadi manusia komunikasi dan mendukung program kerja di seluruh negara anggota ATUC. 

Andy Ghani juga meluangkan waktu berdiskusi tentang industri pariwisata Kamboja di Siem Reap. Ada objek wisata utama di dunia yaitu Angkor Wat.

Pada saat yang sama, Sekretaris Jenderal KSPSI Hermanto Ahmed dan Wakil Presiden KSPSI Idris Palari mendampingi Andi Gani dalam kunjungan bisnis tersebut. Selain itu, Andy Gunn akan segera melanjutkan kunjungan kerjanya ke Laos dan Vietnam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *