Wakil Ketua Umum PSSI Tegaskan Biaya Carter Pesawat untuk Timnas Indonesia Tidak Pakai APBN

Wakil Ketua PSSI Tegaskan APBN Tidak Akan Digunakan untuk Biaya Tiket Pesawat Timnas Indonesia

Laporan jurnalis Tribunnews.com, Alfariza AF

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Timnas Indonesia akan menggunakan pesawat carteran untuk putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, demikian konfirmasi Wakil Ketua Umum PSSI (Vaketum) Zainudin Amali.

Tim Garuda akan mengunjungi markas Bahrain di Stadion Nasional Bahrain di Rifa pada 10 Oktober 2024 dan menghadapi China lima hari kemudian di Qingdao Youth Football Stadium di Qingdao.

Pesawat sewaan tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tim asuhan Shin Tae-yong.

Berbicara mengenai sumber dana yang digunakan untuk sewa pesawat tersebut, Zainuddin Amali menegaskan pihaknya tidak menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Timnas Indonesia tidak hanya mendapat dukungan dari pemerintah tetapi juga pendanaan dari sponsor, kata mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia itu.

“Saya kira tidak benar kita menggunakan APBN untuk menyewa pesawat nonkomersial. Padahal itu memang diperlukan,” kata Zainuddin Amali dalam keterangannya yang diperoleh Tribun News, Selasa (8/6/2024).

“Misalnya kita harus menggunakan pesawat nonkomersial, makanya kita pendanaannya dari dana non APBN,” imbuhnya.

Zainuddin Amaali mengatakan APBN memiliki aturan khusus untuk sepak bola Indonesia.

Sebagian besar dana dari negara tersebut digunakan untuk kebutuhan kamp pelatihan, pelatihan, dan tidak ada dana untuk sewa pesawat.

“Jadi APBN sudah berstatus, kalau ada (sewa pesawat) akan diambil oleh Kementerian Keuangan dan pilihan awal ada di Kementerian Pemuda dan Olahraga,” kata Amali.

Pria Gorontala itu juga mengatakan, PSSI selalu mengikuti kesepakatan awal dengan Kementerian Keuangan dan Kementerian Pemuda dan Olahraga dalam menggunakan APBN.

“Pak Eric (Ketua Umum PSSI) menegaskan, kami akan mendanai sebesar-besarnya dengan APBN dan Kemenkeu, Kemenpora dan kami setuju. Kami tahu sudah waktunya saya menggunakan APBN,” kata Amali. .

Sebagai catatan, Timnas Indonesia tergabung di Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Tim Garuda akan menghadapi Jepang, Australia, Bahrain, Arab Saudi, dan China.

Ajang tersebut akan menggunakan sistem home-away mulai September 2024, Maret, dan Juni 2025.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *