40 Contoh Soal Tes Substantif PPG Prajabatan 2024 Lengkap dengan Kunci Jawaban

TRIBUNNEWS.COM – Di bawah ini adalah contoh soal dan kunci jawaban Tes Keterampilan Prajabatan PPG 2024.

Diketahui, pada Senin (27/05/2024) telah diumumkan hasil kelulusan Tes Pendahuluan Manajemen Pelayanan PPG Tahun 2024.

Calon guru yang lolos seleksi administrasi dapat lolos tahap selanjutnya yaitu ujian mata pelajaran PPG 2024.

Uji Lapangan Pra Dinas PPG 2024 akan dilaksanakan pada 3-7 Juni 2024.

Jadwal ulangan mata pelajaran PPG 2024 untuk setiap calon guru mengikuti tanggal yang tertera pada kartu ujian mata pelajaran.

Sebelum mengikuti tes mata pelajaran tahap Prajabatan PPG 2024, ada baiknya calon guru mengerjakan contoh soal berikut sebagai bahan latihan.

Tribunnews.com telah mengumpulkan contoh soal Tes Pra Dinas PPG 2024 dari berbagai sumber yang terdiri dari 40 soal pilihan ganda dan kunci jawaban. Contoh Soal Tes PPG Sebelum Ibadah 2024

1. Salah satu contoh keaktifan guru dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran berkomunikasi dengan siswa khususnya……..

A. Memberikan umpan balik dan penguatan positif secara verbal, tertulis, isyarat, atau hadiah untuk keberhasilan siswa, B. Memungkinkan siswa untuk terlibat dalam meningkatkan kebanggaan dan harga diri siswa; sumber daya, D. Membantu siswa berpikir tentang pengalaman belajar Kunci Jawaban : B.

2. Agar proses belajar mengajar dapat terlaksana secara efektif untuk memotivasi siswa belajar, guru hendaknya mengatasi…

A. Metode pengajaranB. Pendekatan pendidikan G. Strategi pembelajaranD. Kunci Jawaban Gaya Belajar : C.

3. Standar minimal integritas pembelajaran (SKMB) ditentukan oleh faktor-faktor dibawah ini…

A. Penerimaan siswaB. Tingkat kesulitanC. Peralatan pendukungD. Bakat dan Minat Siswa Kunci Jawaban : B. Contoh Soal Tes Topik PPG 2024 (Kolase Tribunnews)

4. Jenis pelatihan dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

A. fakta, konsep, prinsip, prosedur, sikapB. fakta, konsep, prinsip, definisi, aksioma C. fakta, konsep, prinsip, definisi, prosedurD. fakta, konsep, definisi, aksioma, prosedur Kunci Jawaban : B.

5. Untuk memudahkan identifikasi bahan pelajaran, Anda dapat melihat susunan kata….

A. kompetensi intiB. standar kompetensiC. indikator D . metode pengajaran Kunci Jawaban : A.

6. Semua siswa memakai sepatu hitam. Beberapa yang bersekolah tidak memakai sepatu hitam. Berdasarkan dua pernyataan di atas, kesimpulan yang paling tepat adalah…

A. Beberapa dari mereka yang hadir di sekolah tersebut bukanlah siswa B. Beberapa orang yang hadir di sekolah itu mengenakan sepatu G berwarna hitam. beberapa yang memakai sepatu hitam bukanlah pelajar. D. Paus dan Ajo Sidi adalah musuh. Kunci Jawaban: A.

7. Upaya guru dalam menggunakan hasil analisis untuk menentukan integritas pembelajaran antara lain sebagai berikut……

A. untuk menentukan kriteria keberhasilan studi B. mengklasifikasikan siswa berdasarkan prestasi akademiknyaC. mencari kelemahan umum berdasarkan kriteria keberhasilan yang diharapkan. perencanaan pembelajaran remedial Kunci Jawaban : C.

8. Upaya menciptakan pengayaan agar siswa mencapai hasil belajar yang optimal dapat dilihat pada tindakan guru sebagai berikut:

Materi tambahan berupa sumber pendidikan dari berbagai penulis disediakan oleh A. memberikan tes tambahan dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. menyediakan sumber bacaan tambahan yang lebih rinci dan mempunyai tingkat variasi yang lebih tinggi, disertai alat pengujian yang sesuai. diberikan materi pelajaran yang tingkatnya lebih tinggi dan mengerjakan soal-soal yang kompleksitasnya lebih tinggi Kunci Jawaban : D.

9. Penilaian di Negara Republik Indonesia diatur dengan Peraturan Menteri Nasional Nomor ……………..

A. Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia pada tahun 2007. No.16B. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Armenia Nomor 20 Tahun 2007C. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Armenia No. 41 tagun 2007D. Peraturan Sekretaris Nasional CG RI No. 13 Tahun 2007 Kunci Jawaban : B.

10. Seperangkat kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam mata pelajaran tertentu sebagai acuan untuk menyusun indikator kompetensi;

A. Kriteria kompetensiB. Kompetensi dasarC. Kompetensi mata pelajaran dasarD. Otoritas utama jawabannya: C.

11. Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik merupakan sentral dalam pengembangan dirinya untuk menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan manusiawi. menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab Hal tersebut di atas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum;

A. Menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni B. Sesuai dengan kebutuhan hidupC. D. Komprehensif dan stabil. Kunci Jawaban Berganda dan Terintegrasi : B

12. Standar minimal integritas pembelajaran (SKMB) ditentukan oleh faktor-faktor di bawah ini…

A. Penerimaan siswaB. Tingkat kesulitanC. Peralatan pendukungD. Kunci Jawaban Sikap dan Minat Siswa : B.

13. Jenis pelatihan dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

A. fakta, konsep, prinsip, prosedur, sikapB. fakta, konsep, prinsip, definisi, aksioma C. fakta, konsep, prinsip, definisi, prosedurD. fakta, konsep, definisi, aksioma, prosedur Kunci Jawaban : B.

14. Untuk memudahkan dalam menentukan bahan pelajaran, dapat dilihat pada susunan kata….

A. kompetensi intiB. standar kompetensiC. indikator D . metode pengajaran Kunci Jawaban : A. Legenda Danau Lipan

Negeri Muara Kaman diperintah oleh seorang ratu bernama Ratu Aji Bidara Putih. Banyak raja, pangeran, dan bangsawan yang ingin menikahinya namun selalu ditolak.

Suatu hari sebuah kapal besar dari Tiongkok mendarat di Muara Kaman. Kapal itu milik seorang pangeran Tiongkok yang kaya. Tujuan kunjungannya adalah untuk melamar Ratu Aji Bidara Putih.

Sang pangeran membawa banyak oleh-oleh emas yang mewah. Semua ini demi Ratu Aji Bidara Putih. Sambil menyerahkan cinderamata, mereka menyampaikan lamarannya kepada Ratu Aji Bidara Putih.

Kali ini ratu tidak langsung menolak. Namun, dia meminta waktu untuk berpikir. Kemudian para utusan itu kembali ke kapal. Setelah utusan itu pergi, dia memanggil pelayan kepercayaannya.

“Paman, periksalah pangeran malam ini,” perintah ratu. Malamnya pelayan itu melaksanakan perintah ratu. Dia naik ke perahu. Dia dengan hati-hati menghindari para penjaga. Hingga akhirnya ia berhasil menemukan kamar sang pangeran.

Ruangan masih terang, pertanda sang pangeran belum tidur. Paramedis melihat ke dalam. Saat itu, sang pangeran sedang berbicara dengan salah satu prajuritnya. Rupanya sang pangeran ingin menaklukkan Muara Kaman dengan berpura-pura menikahi ratu. Pelayan itu, yang mendengar berita mengejutkan itu, bergegas pergi untuk segera memberi tahu tuannya.

“Jangan mengada-ada, paman,” tegur Rtu sambil mendengarkan laporan pengelola.

“Aku tidak mengada-ada, pembicaraan mereka sangat jelas” jawab pelayan itu. “Pangeran mempunyai niat buruk.

Keesokan paginya utusan sang pangeran datang lagi untuk meminta jawaban. Rtau langsung menolak tawaran tersebut. Dan sang pangeran menjadi sangat marah dan segera memerintahkan prajuritnya untuk menyerang Muara Kaman.

Prajurit Muara Kaman berada dalam tekanan. Para prajurit sang pangeran sedang mendekati istana. ratu berusaha tetap tenang. Kemudian dia berdoa sambil mengunyah. Kemudian Kunya bergegas menuju medan perang.

Tiba-tiba tanaman sirih itu berubah menjadi banyak kelabang raksasa. kelabang menyerang tentara pangeran. para prajurit menjadi takut dan lari ke kapal. Namun kelabang ketakutan dan berlari menuju kapal. Namun kelabang terus menyerang. kelabang membalikkan kapal hingga tenggelam. Kini tempat tenggelamnya kapal tersebut disebut Danau Lipan oleh masyarakat Muara Kaman.

15. Mengapa ratu mengirim punggawanya untuk menyelidiki pangeran?

A. Ratu ingin tahu seberapa kaya sang pangeran. B. Ratu menginginkan kabar dari pangeran. Ratu ingin mengetahui kebiasaan sang pangeran. Ratu ingin mengetahui niat pangeran yang melamarnya, D

16. Setelah membaca cerita, menurut Anda tokoh Ratu Aji Bidar Putih manakah yang cocok dengan teks tersebut?

A. Sombong B. Tidak puas C. Tidak mudah percaya D. Selalu ingin menyalahkan diri sendiri Kunci Jawaban : C

17. Mengapa Ratu Aji Bidara Putih menolak lamaran pangeran?

A. Karena ratu sudah mempunyai kekasih B. Karena ratu tidak menyukainya. Karena ratu ingin sendiri D. Karena sang pangeran hanya ingin memenangkan Muara Kaman dengan berpura-pura menikah dengan ratu Kunci Jawaban :

18. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, guru dapat melakukan…

A. pengayaan materi pendidikanB. cerminan latar belakang siswaD. Tes Pendahuluan (Pretest) Kunci Jawaban : D

19. Menurut Piaget, tahapan perkembangan intelektual siswa SMA termasuk dalam tahapan…

A. motorik sensorikB. pra kerja G. operasi khususD. tindakan resmi Kunci Jawaban : D

20. Agar dapat melaksanakan proses belajar mengajar secara efektif untuk memotivasi siswa belajar, guru hendaknya mengatasi…

A. Metode pengajaranB. Pendekatan pendidikanC. Strategi pembelajaranD. Kunci Jawaban Gaya Belajar : C

21. Ada beberapa siswa di kelas yang dapat menggunakan imajinasinya untuk menentukan jumlah titik sudut sebuah kubus.

Potensi siswa ditinjau dari kecerdasannya tergolong intelektual…

A. kinestetik B. spasial-visualC. matematika-logisD. Kunci Jawaban Intrapersonal : B

22. Contoh aktivitas guru dalam proses pembelajaran berkomunikasi dengan siswa khususnya……..

A. Memberikan umpan balik dan penguatan positif secara verbal, tertulis, isyarat, atau hadiah untuk keberhasilan siswa, B. Memungkinkan siswa untuk terlibat dalam meningkatkan kebanggaan dan harga diri siswa; sumber daya, D. Membantu siswa berpikir tentang pengalaman belajar Kunci Jawaban : B

23. Pengajaran akan lebih efektif apabila guru mengetahui terlebih dahulu karakteristik siswa, terutama kemampuan awal. Berikut cara menentukan kemampuan awal siswa, kecuali…

A. di awal pembelajaran bertanya tentang materi B yang telah dipelajari sebelumnya. pada awal pembelajaran mengkaji terlebih dahulu materi yang telah dipelajari sebelumnya dengan menggunakan alat yang sesuai C. Pada awal pembelajaran siswa diminta menuliskan permasalahan pembelajaran yang berkaitan dengan materi yang telah dipelajari sebelumnya. Pada awal pembelajaran, siswa diminta untuk menuliskan deskripsi pembelajarannya sebelum Kunci Jawaban:

24. Pilih pernyataan yang benar berdasarkan pernyataan hasil produksi lebih besar dari 100. Anda boleh memilih lebih dari satu jawaban yang benar.

A. Kelengkapan hasil produksi lebih besar dari 100 diperoleh -X+28x- 160>0.B. Jika P(x) > 100, maka x-28x+ 160C. Untuk menentukan jumlah bahan baku yang dibutuhkan, perlu dicari produsen nol x+28x+160>0.D. Jika P(x)= 100, maka pembangkit nolnya adalah persamaan x-28x+160=0. Kunci Jawaban: A

25. Pilih pernyataan yang sesuai jika hasil produksi lebih besar dari 100. Tandai kolom “benar” atau “salah”.

A. Diskriminator generator nol adalah 12B. Ada 2 nilai penghasil nol C. Jumlah nol pencipta adalah -28D. Hasil kali generator nol adalah 160 Kunci Jawaban : B dan D

26. Pilih pernyataan yang sesuai jika hasil produksi lebih besar dari 100. Centang kolom “ya” atau “tidak”.

A. Persamaan yang menghasilkan nol adalah x+8=0 atau x-2 =0B. Hasil produksinya 100 unit bila bahan baku tersedia 8 atau 20 unit. C. Hasil produksi lebih besar dari 100 bila bahan baku tersedia lebih dari 8 dan kurang dari 20 unit. Hasil produksi lebih besar dari 100 bila bahan baku tersedia lebih dari 10 dan kurang dari 30 unit. Jika jumlah bahan bakunya 10, maka keluaran produksinya adalah 20. Kunci Jawaban: B, C dan E.

27. Nyatakan persamaan (v) yang benar berdasarkan keterangan di atas jika a mewakili berat beras kualitas unggul, B adalah berat beras kualitas unggul, dan c adalah berat beras kualitas sedang.A. 2a+b+c= 48000 B. a+b+c+= 31000 °C. a+2b+3c= 59.000 D. a+2b+2x= 60.000 Kunci Jawaban : B

28. Pilihlah pernyataan yang benar tentang harga beras.

A. Harga 1 kg beras premium dan 2 kg beras medium adalah BDR 30.000,00. Harga 1 kg beras premium dan 1 kg beras medium 25.000,00 C, harga beras kualitas medium 9.000,00 AMD per kilogram. Dengan membawa Rp 85.000,00, masyarakat bisa membawa pulang beras premium sebanyak 4 kg dan beras medium sebanyak 5 kg. Kunci Jawaban: C

29. Pilihlah pernyataan yang benar dari langkah-langkah menyelesaikan sistem persamaan tanpa menggunakan beras kualitas sedang. Centang (v) pada kolom Benar atau Salah.

A. Harga 2 kg beras super dan 1 kg beras premium AMD 34,000.00. Harga 1 kg beras super dan 2 kg beras premium adalah AMD 32.000,00, harga beras super 5 kg dikurangi harga 2 kg beras premium adalah AMD 30.000. Harga rata-rata beras 2 kg AMD 30.000,00 Kunci Jawaban : A dan B

30. Mampu memberikan pelayanan prima berdasarkan rencana strategis (Renstra) Kementerian Pendidikan Nasional tahun 2010-2014.

Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) melalui pemanfaatan TIK dalam pendidikan, yang mencakup peran sebagai berikut, kecuali…

A. TIK sebagai bahan pembelajaranB. Sarana pendidikan, perlengkapan pendidikanC. Standar Kompetensi, Manajemen Pendidikan yang Mendukung D. Mengembangkan bakat dan kreativitas siswa Kunci Jawaban : D

31. Penggunaan perangkat internet pada saat mengajar, digunakan untuk korespondensi antar satu orang, dimanapun berada. Berkat perangkat ini, mereka dapat saling mengirim dan menerima surat, gambar, suara, dan video. Perangkat ini juga dapat mengirimkan lampiran sebagai file teks atau gambar. Selain itu, pengguna juga dapat memanfaatkan fitur ini untuk mengarsipkan email yang dianggap penting dengan menyimpannya di folder khusus bernama…

A. Panggilan telepon B. EmailC. WebD. Kunci Jawaban Percakapan : B

32. Kegiatan guru melibatkan siswa dalam pencarian informasi secara luas dan mendalam tentang mata pelajaran/topik yang dipelajari dengan menggunakan prinsip alam; belajar dari berbagai sumber. Menggunakan pendekatan pengajaran yang berbeda, alat peraga dan sumber belajar lainnya Mendorong interaksi antara siswa dengan siswa dan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya.

Keterlibatan aktif siswa dalam setiap kegiatan pendidikan. dan membiarkan siswa melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan disebut kegiatan…

A. PengolahanB. SurveiC. Konfirmasi D. Cari Kunci Jawaban : B

33. Salah satu contoh aktivitas guru dalam pekerjaan pengembangan adalah belajar berkomunikasi dengan siswa, khususnya…

A. Umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk verbal, tertulis, gerak tubuh, atau hadiah untuk keberhasilan siswa. . Mendukung refleksi siswa untuk mencatat pengalaman belajar yang telah terjadi Kunci Jawaban : B

34. Identifikasi kasus ketidakmampuan belajar dapat dilakukan dengan menggunakan metode acuan kriteria. Yang bukan merupakan langkah dalam metode acuan kriteria adalah…

A. Tentukan nilai kualitas minimum yang dapat diterima, seperti 5.0 atau 6.0.B. Bandingkan hasil setiap siswa dengan masa kelulusan. Secara teori, mereka yang mendapat nilai lebih rendah mungkin dicurigai mengalami kesulitan belajar. Analisis kemampuan siswaD. Kelompokkan siswa yang diduga mengalami ketidakmampuan belajar dan carilah siswa yang mengalami gejala terparah (yang nilainya jauh lebih rendah dibandingkan siswa lainnya yang mengalami ketidakmampuan belajar) Kunci Jawaban:

35. Strategi pembelajaran interaktif menekankan…

A. membangun inisiatif individu, kemandirian dan pengembangan diriB. diskusi dan pertukaran antar siswaC. pembelajaran didominasi oleh bimbingan guru D. proses penyampaian materi secara lisan Kunci Jawaban : B

36. Ibu Rima sangat menyadari pentingnya pembelajaran abad 21, siswa perlu berpikir kritis. Berpikir kritis adalah melihat masalah dan cara baru lalu menerapkannya pada pokok bahasan. Upaya pendidikan yang sebaiknya dilakukan Bu Rima agar peserta didik mempunyai sifat berpikir kritis antara lain…

A. Siswa bertukar pikiran selama presentasi sementara teman lainnya mendiskusikan apa yang telah dilaporkan. Bu Rima menunjukkan 5 gambar suatu benda dan meminta siswa memilih satu gambar yang mempunyai ciri-ciri tertentu disertai alasan logis C. Bu Rima membuat grup untuk membuat poster berdasarkan masukan masyarakat, yang kemudian digunakan. Bu Rima membuat soal-soal praktis untuk mendorong anak memecahkan masalah

37. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pandemi Covid-19 telah menyebabkan hilangnya proses pendidikan yang penting bagi siswa. Hal ini memberikan kesempatan kepada siswa SMP kelas IX untuk mengenal bahasa Inggris sampai kelas VII atau VIII. Hal ini tentunya dapat menyulitkan siswa dalam memilih Ujian Masuk SMA Negeri/Voš. Jika Anda mengajar di kelas IX, apakah…

A. Meminta siswa untuk belajar bahasa Inggris lebih lama pada waktu belajar sebelumnya. Pengujian diagnostik mengadakan atau pelaksanaan imajinasi sebelum belajar C. Mintalah siswa untuk belajar sendiri dengan materi yang tersedia di buku D. Kunjungan ke rumah siswa untuk kelas privat untuk kunci respon. B:

38. Perhatikan teks berikut (1) Guru meminta siswa mencuci tangan sebelum makan (2) Orang tua menyediakan bekal makan siang untuk anak.

Manakah dari berikut ini yang menjelaskan (1) dan (2) hubungan antara klaim?

A. Pengumuman tersebut (1) alasannya, dan pengumuman tersebut (2) merupakan akibat dari b. Pernyataan (2) merupakan alasannya, dan pernyataan (1) merupakan akibat dari c. (1) dan (2) Tuntutan adalah alasannya. Tapi mereka tidak terhubung. (1) dan (2) Tuntutan tersebut disebabkan oleh dua sebab yang saling berkaitan. Jawaban atas jawabannya, b

39. Perhatian pada teks berikut (1) penambangan liar di berbagai wilayah di Indonesia (2) Pemulihan lingkungan merupakan prioritas pemerintah.

Manakah dari berikut ini yang menjelaskan (1) dan (2) hubungan antara klaim?

A. Pengumuman tersebut (1) alasannya, dan pengumuman tersebut (2) merupakan akibat dari b. Pengumuman adalah (2) alasannya, dan pernyataan (1) adalah akibat. (1) dan (2) Tuntutan adalah alasannya. Tapi mereka tidak terhubung. (1) dan (2) Klaim tersebut merupakan akibat dari dua ketidaksesuaian. Jawab kuncinya: a

40. Perhatikan teks berikut (1) Jumlah pegawai yang diberhentikan semakin bertambah (2) Pemerintah menaikkan gaji minimum daerah.

Manakah dari berikut ini yang menjelaskan (1) dan (2) hubungan antara klaim?

A. Pengumuman tersebut (1) alasannya, dan pengumuman tersebut (2) merupakan akibat dari b. Pernyataan (2) merupakan alasannya, dan pernyataan (1) merupakan akibat dari c. (1) dan (2) Tuntutan adalah alasannya. Tapi mereka tidak terhubung. (1) dan (2) Tuntutan tersebut disebabkan oleh dua sebab yang saling berkaitan. Jawaban atas jawabannya, b

(Tribunnews.com/m alvian fakka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *