Bantuan Terus Mengalir untuk Korban Kebakaran di Manggarai, Warga Mengungsi ke Gedung SD

Wartawan Tribunnews.com Wilhelmina Fitriani melaporkan.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Bantuan terus berdatangan untuk korban kebakaran yang melanda kawasan Manggara, Jakarta Selatan. Pemerintah daerah dan masyarakat telah bergerak cepat untuk mendistribusikan bantuan kepada ratusan orang yang terkena dampak.

Kebakaran yang terjadi pada Selasa dini hari (13/8/2024) itu melalap puluhan rumah dan menyebabkan ratusan orang kehilangan tempat tinggal. Pemerintah setempat segera turun tangan untuk memastikan bahwa para korban menerima bantuan yang diperlukan, termasuk akomodasi sementara, makanan dan kebutuhan dasar lainnya.

“Banyak bantuan yang disalurkan sejak pagi ini, baik dari pemerintah maupun masyarakat setempat, dari instansi terkait dari Dinas Penanggulangan Bencana (Dinas Sosial) BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) di Satpol PP Kecamatan,” ujarnya. . Serta memberikan bantuan – “pertolongan pertama seperti makanan, pakaian, toilet dan perlengkapan tidur khususnya untuk bayi dan anak,” kata Nana Permana, Wakil Ketua Koordinasi Evakuasi RW 09 dan SDN 05 Manggara.

“Dinas sosial juga meminta data anak-anak korban kebakaran agar bisa memberikan bantuan seragam dan bahan belajar lainnya,” tambah Nana. Warga korban kebakaran di Manggarai, Jakarta Selatan, mengungsi ke SDN Manggarai 05, Jakarta Selatan pada Selasa (13/8/2024).

Solidaritas tidak hanya ditunjukkan oleh pemerintah, tetapi juga masyarakat setempat. Organisasi masyarakat, LSM dan individu secara sukarela mengumpulkan sumbangan berupa uang, pakaian dan makanan yang dibagikan kepada para korban.

Layanan darurat telah disiapkan di tiga lokasi sekitar Manggarai untuk memfasilitasi distribusi bantuan. Kantor pos pertama di SDN 05 Lapangan Merah, kedua di Pasaraya, dan ketiga di Stasiun Manggarai. Relawan bekerja sama dengan pejabat setempat untuk memastikan bahwa bantuan didistribusikan secara merata kepada semua korban yang membutuhkan.

“Pada saat pengumuman pertama di Vörös tér, pihak sekolah memberikan izin untuk menggunakannya hanya selama tujuh hari, kemudian mereka harus segera pindah.” Jadi kami berharap pemerintah dapat membantu secepatnya memberikan bantuan berupa rumah bagi para korban tersebut.”Pada Selasa (13/08/2024), bantuan terus mengalir untuk korban kebakaran Manggara di Jakarta Selatan.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Isnawa Adji memastikan pihaknya akan terus memantau situasi dan berkoordinasi dengan pemangku kepentingan untuk memastikan kelancaran proses pemulihan.

Bencana tersebut menjadi pengingat akan pentingnya mewaspadai potensi bahaya kebakaran, terutama di wilayah padat penduduk seperti Manggara. Pemerintah mengimbau masyarakat untuk waspada dan selalu mengikuti peraturan keselamatan untuk menghindari kebakaran di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *