Hamas Bantah Laporan Kepemimpinan Hamas Bakal Pindah dari Qatar ke Irak

TRIBUNNEWS.COM – Menurut laporan yang diterbitkan The National pada Senin (24/6/2024), pimpinan Hamas baru-baru ini mempertimbangkan untuk pindah dari Qatar ke Irak.

Seorang anggota parlemen senior Irak yang dikutip The National mengatakan pemerintah Irak menyetujui rencana tersebut bulan lalu.

Pembicaraan tersebut dikonfirmasi kepada The National oleh seorang anggota parlemen senior Irak dan pemimpin partai politik yang bersekutu erat dengan kelompok bersenjata yang didukung Iran.

“Tidak ada konsensus di antara kelompok politik Irak mengenai pergerakan Hamas ke Baghdad,” kata seorang anggota parlemen Irak kepada The National.

“Beberapa pihak, terutama Kurdi dan Sunni, khawatir hal ini akan memperdalam perbedaan pendapat dengan Amerika Serikat.”

Namun meski tidak ada kesepakatan yang tercapai, keputusan pemerintah untuk mengakui Hamas tidak akan dibatalkan.

Namun, laporan Ynet mengungkapkan bahwa Hamas membantah klaim tersebut.

Masalah ini muncul setelah pembicaraan antara pemimpin politik Hamas Ismail Hanih dan perwakilan pemerintah Irak dan Iran.

“Laporan-laporan ini salah,” Izzat al-Rishek, anggota politbiro Hamas, seperti dikutip Jerusalem Post.

Meski tanggal operasinya belum ditentukan, Hamas baru-baru ini membuka kantor politik di Bagdad, dipimpin oleh pejabat senior Mohammed al-Haf.

Hamas juga berencana membuka kantor media dalam beberapa minggu mendatang, menurut laporan itu.

Pemerintah Irak belum mengomentari berita ini.

Potensi perubahan ini terjadi di tengah terhentinya perundingan gencatan senjata di Gaza yang ditengahi oleh AS, Mesir, dan Qatar.

Para pejabat senior AS menyalahkan Hamas atas kurangnya kemajuan. Apakah Anda akan dideportasi dari Qatar?

Pejabat Hamas menghadapi ancaman pengusiran dari Qatar dan tindakan hukuman, termasuk pembekuan aset, jika mereka tidak menunjukkan fleksibilitas untuk melakukan pembicaraan.

Peringatan itu disampaikan pada pertemuan di Doha dengan mediator dari Qatar dan Mesir, menyusul kunjungan Direktur CIA William Burns ke Washington, kepala mediator gencatan senjata.

AS, Mesir dan Qatar telah berusaha selama berbulan-bulan untuk melakukan gencatan senjata permanen di Gaza.

Konflik kembali muncul setelah serangan Hamas di Israel selatan pada 7 Oktober yang menewaskan sekitar 1.200 orang. Perkembangan terkini perang antara Israel dan Hamas

– Serangan udara Israel di Gaza selatan telah menewaskan sedikitnya delapan orang di daerah dekat Lapangan Bani Suhela di kota Khan Yunis di mana truk bantuan Palestina sedang menunggu.

– Save the Children mengatakan ribuan anak-anak Palestina yang hilang terjebak di bawah reruntuhan, terkubur di kuburan massal, terluka parah akibat bahan peledak, ditahan oleh pasukan Israel atau hilang dalam kekacauan perang di Gaza

– Perdana Menteri Israel Netanyahu mengatakan dalam pidatonya di depan parlemen bahwa Israel tetap berkomitmen terhadap gencatan senjata dan kesepakatan tahanan di Gaza setelah menyatakan sebaliknya pada hari Minggu.

– Pemerintahan Biden mengatakan mereka tidak memahami tuduhan berulang-ulang Netanyahu bahwa pengiriman senjata AS ke Israel telah menurun secara signifikan.

– Pengadilan tinggi Israel telah memerintahkan pemerintah untuk memberikan informasi tentang kondisi di dalam fasilitas militer Shed Teiman, tempat warga Palestina dari Gaza ditahan.

(Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *