Bukan Sekadar Rekreasi, Taman Bermain Maksimalkan Keterampilan Sosial hingga Salurkan Emosi Anak

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Taman bermain anak bukan hanya sekedar tempat hiburan.

Selain itu, taman bermain menyediakan lingkungan unik untuk mengembangkan keterampilan.

Banyak pertumbuhan dan perkembangan terapeutik dapat terjadi di lingkungan seperti taman bermain.

“Melalui taman bermain, anak-anak dapat melatih kekuatan dan keterampilan motorik. Mereka belajar kesadaran tubuh, pengaturan emosi, keterampilan fungsi eksekutif, dan harga diri,” kata Julie A. kata Emily Schumacher, terapis okupasi di Cole Rehab and Sports Medicine Clinic. , Hancock County, Ohio, AS, atas izin Blanchard Valley Health System.

Meminjam dari Mind Family, permainan yang mendorong aktivitas fisik memiliki banyak manfaat bagi anak, antara lain: 1. Meningkatkan keterampilan sosial.

Waktu bermain menyediakan lingkungan yang sempurna bagi anak-anak untuk berinteraksi dengan teman sebaya, saudara kandung, dan pengasuhnya, sehingga meningkatkan keterampilan sosial mereka.

Mereka dapat bekerja sebagai tim dalam permainan kooperatif atau memerankan skenario fantasi, dimana anak-anak belajar berkomunikasi secara efektif.

Mereka belajar berbagi sumber daya, menegosiasikan konflik, dan bekerja secara harmonis dengan orang lain.

Kemudian, bagi mereka, mengembangkan empati dan kecerdasan emosional merupakan kunci keberhasilan dalam berbagai hubungan dan interaksi kehidupan. 2. Menyalurkan emosi

Bermain merupakan tempat yang aman bagi anak untuk mengekspresikan dan mengatur perasaan batinnya.

Meskipun aktivitas fisik membantu melepaskan energi yang terpendam, stres, kecemasan, atau frustrasi menjadi lebih mudah untuk dikelola.  3. Meningkatkan kebugaran fisik

Dengan melakukan aktivitas fisik seperti berlari, bersepeda, bermain trampolin, Anda dapat mengembangkan keterampilan motorik dengan cara yang tidak selalu dapat diharapkan oleh metode lain.

Ini secara bersamaan merangsang keseimbangan, koordinasi dan pengembangan kekuatan.

Aktivitas fisik mengurangi risiko obesitas; Meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan; Meningkatkan tingkat keterampilan motorik. 4. Mengembangkan imajinasi dan kreativitas

Permainan imajinatif memunculkan kreativitas anak dan mendorong mereka untuk mengeksplorasi imajinasinya.

Dengan menciptakan karya seni dengan cat dan tanah liat atau menciptakan cerita dan karakter, anak-anak terlibat dalam permainan imajinatif untuk mengekspresikan diri dan memperluas wawasan kreatif mereka.

Dengan mendorong pengalaman bermain terbuka, imajinasi, rasa ingin tahu, dan keterampilan berpikir divergen anak dapat dipupuk.

Permainan imajinatif mendorong anak-anak untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dan berpikir inovatif, yang menjadi landasan bagi inovasi dan kreativitas masa depan. 5. Mendorong penemuan diri

Bermain membantu anak-anak belajar lebih banyak tentang diri mereka sendiri, mengekspresikan diri mereka dan menemukan siapa diri mereka.

Baik anak Anda menggambarkan dirinya sebagai Ironman, perawat, atau guru favoritnya di sekolah, waktu bermain memberi anak kesempatan untuk menguji dirinya sebagai orang yang berbeda.

Hal ini penting karena permainan berpura-pura memungkinkan anak membayangkan dan mengeksplorasi minat, kekuatan, dan keinginannya.

Selain itu, waktu bermain menciptakan ruang aman bagi anak untuk mengeksplorasi individualitasnya sendiri. 6. Fleksibilitas kognitif dan kemampuan beradaptasi

Melalui permainan terstruktur atau permainan bebas, anak belajar fleksibilitas dalam mempelajari hal baru atau menyesuaikan perilakunya dengan situasi tertentu.

Mereka mulai mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dengan mengalami pendekatan dan solusi yang berbeda selama bermain.

Paparan berbagai olahraga membantu membangun ketahanan dalam situasi sulit yang dihadapi di sekolah atau bahkan di kemudian hari.

Kebutuhan dan kepentingan ini memahami bahwa taman bermain kini ada dimana-mana. Juga di pusat perbelanjaan. Salah satunya Tamrin Garden Lantai 3, TM Tamrin City, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Fasilitas rekreasi seluas 5.000 meter persegi ini dikelola dan dipelihara oleh CVVagana Mitra Mulia.

Ada permainan seperti skating, bom, bom, mobil pelangi, prosoton pelangi, balon air dan masih banyak lagi.

Mualim Wijoyo, Pengelola Pusat TM Thamrin City, mengatakan TM Thamrin City selama ini dikenal sebagai pusat batik dan tenun, kebaya, busana muslim, aksesoris haji dan umrah di Jakarta.

“Melalui hal ini, kami ingin menunjukkan bahwa kami siap melakukan perubahan yang dapat memberikan pengalaman berbelanja baru dan berbeda kepada setiap pelanggan kami,” ujarnya dalam keterangannya, Jumat (9/8/2024).

Menurutnya, kehadiran wahana rekreasi ini menambah pengalaman berbelanja sehingga menyenangkan dan nyaman bagi keluarga, terutama anak-anak.

Sedangkan Tamrin Garden akan dibuka pada hari Jumat 9 Agustus 2024 mulai pukul 10.00 hingga 21.00 WIB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *