Ferienjob atau Magang di Jerman? Perhatikan Lebih Detail Kontrak Kerjamu!

Apakah Anda ingat kejadian Ferienjob di Jerman? Apakah sejumlah mahasiswa Indonesia yang bekerja di Universitas Ferienjobs Jerman kemudian merasa ditipu atau dieksploitasi?

Mengutip laporan Tempo pada 6 April 2024, Polri mengeluarkan peringatan merah Interpol terhadap dua tersangka kasus tersebut.

Apa yang ditawarkan perusahaan-perusahaan ini untuk membantu siswa terhubung dengan perusahaan di Jerman? Apakah proposal tersebut memenuhi harapan siswa?

DW berbicara dengan salah satu perwakilan perusahaan “asisten virtual” yang sedang membangun perusahaan Indonesia dan sering mendapat permintaan dari Ferienjob. Perusahaan yang menamakan dirinya “asisten virtual” ini memfasilitasi dan membantu siswa dalam mata pelajaran ini.

Mengingat kasus ini masih berlangsung, kami setuju untuk merahasiakan identitas perwakilan perusahaan ini. DW: Bisakah Anda menceritakan kepada kami tentang bisnis Anda sejak Anda memulainya?

Bisnis Asisten Virtual: Maret 2023 Saya membangun situs web manajemen dan bisnis asisten virtual. Apa inspirasi sebenarnya bagi perusahaan ini, tujuan, visinya?

Saya membangun sistem virtual berdasarkan pengalaman pribadi saya, saya melihat banyak tantangan sebagai pemula di Jerman dan membutuhkan tutor atau guru atau ahli yang berpengalaman untuk membimbing saya dari negara seperti Indonesia ke negara seperti Jerman.

Harus kita akui masih banyak pembenahan yang perlu dilakukan, baik di bidang pendidikan, pemahaman birokrasi dan lain sebagainya. Ya, belum ada yang mengambil pendekatan profesional dalam hal ini. Itu sebabnya saya mendorong Anda untuk mendaftarkan perusahaan Anda sebagai asisten virtual di Jerman. Kemudian untuk website pengelolanya adalah dua perusahaan yang berbeda.

Ayo daftar untuk buletin mingguan Wednesday Bite gratis kami. Tambah ilmu di tengah minggu, biar topik pembicaraan makin menarik!

Dalam praktik manajemen, latar belakang saya sebenarnya dari berbagai pengalaman di bidang teknik elektro, komputer, dan kontrol elektronik. Saya adalah perusahaan perekrutan (tenaga kerja) berpengalaman di Abu Dhabi.

Saya memiliki pengalaman sebagai teknisi elektronik di kapal pesiar Jerman AIDA. Saya memiliki pengalaman dalam bidang housekeeping di kapal pesiar dan manajemen hotel di darat. Pengalaman kolektif inilah yang memotivasi kami untuk fokus pada pengelolaan website. Saya bisa merangkum semuanya. Pekerjaan manakah yang kurang lebih direkomendasikan?

Dari pengalaman saya bersama, bersama teman-teman web developer, teman koordinator, dan para freelancer lainnya di Indonesia, kami membangun sistem untuk program Holiday Job. Kebetulan satu-satunya agensi yang menangani hal ini pada tahun 2022 dan 2023 adalah salah satu agensi penempatan kerja yang menjembatani perjalanan dari Indonesia ke Jerman.

Sejak itu kami telah memberikan dukungan penuh di sana. Kami mengerahkan seluruh kemampuan kami untuk mendukung saudara-saudara kami di Jerman. Kemudian pekerjaan itu ditawarkan oleh agen Ferienjob. Mereka juga menjalankan berbagai program seperti perawat, tenaga kesehatan dan pekerjaan tidak terampil lainnya ke Jerman serta beberapa negara lainnya.

Namun dari analisis kami dan tim, kami melihat bahwa pekerjaan liburan ini sangat cocok untuk Indonesia. Jadi kita lebih memperhatikan itu, untuk mempromosikan program mereka yang lain, mana yang lebih penting dan karena kita memilih, mana yang masuk akal, karena kita mendapat dukungan dari para ahli di belakang kita, mereka juga menganalisa jenis pekerjaan mana yang lebih memakan waktu, membutuhkan lebih banyak sumber daya dan kami tidak dapat menyediakannya. Jadi maksudnya saat itu adalah Liburan Kerja. Menyusui membutuhkan banyak waktu, tapi apa manfaatnya bagi Pekerjaan Liburan?

Kami tidak membuka lowongan, kami tidak merekrut. Tidak mengerti berita ini. Sekalipun Anda tidak bekerja, pekerjaan apa saja yang ditawarkan di Ferienjor ini?

100 persen diserahkan kepada mereka, itu adalah pekerjaan tidak terampil dan bergantung pada kerja fisik dan mental. Apa contoh spesifik pekerjaan?

Ibarat bekerja di Amazon ya, departemen penanganan paket di Amazon, di DHL Anda memberi label, mengemas, menangani, menyortir hal-hal seperti itu. Lalu ada keahlian memasak yang saya tahu. Ada lebih banyak pekerjaan di bidang gastronomi, tahukah Anda agensinya? Kapan siswa akan mendapatkan pengingat tentang kerja fisik ini?

Kami mengadakan webinar mingguan yang kami persiapkan untuk orang-orang ini sejak mereka mendapatkan izin kerja. Untuk program 2023, mulai November 2022. Kami telah berbagi informasi pendidikan di Internet. Kami telah menyebutkan dan setiap proses memiliki webinar.

Misalnya kita ada webinar saat mendaftar pada bulan November sampai Juni, misalnya berikut adalah proses pendaftaran Zentrale Auslands- und Fachvermittlung ZAV (Layanan Ketenagakerjaan Jerman untuk pencari kerja asing yang ingin bekerja di Jerman atau pekerja Jerman). untuk bekerja di luar negeri Negeri, Red.) pada bulan Juni hingga November, atau mereka juga menghubungi ACB secara langsung dan menghubungi mereka secara pribadi. Selama periode ini, kami sering mengajarkan siswa tentang konten webinar, seperti cara menyiapkan dokumen.

Jerman sangat birokratis, misalnya salah ejaan atau nama tidak sesuai paspor akan mengakibatkan dokumennya ditolak. Dengan demikian, setiap konten dan setiap periode pendaftaran disesuaikan. Tidak semua pelamar ZAV diterima. Makanya peraturannya juga berbeda. Jika Anda mendapatkan izin kerja di ZAV, persiapan visanya juga berbeda. Namun, sejak babak pertama hingga pemberangkatan, mereka sudah diperingatkan. Tampaknya ada kesalahpahaman setelah itu. Menurut Anda mengapa ini adalah kesalahpahaman?

Menurut saya pribadi, siswa sudah tahu apa yang harus dilakukan. Mahasiswa paham – yang terdaftar oleh kami ya, karena banyak juga yang terdaftar di universitas lain. Masih banyak orang yang belum terdaftar oleh kami. Faktanya, kami masih melayani sebagian besar mereka yang belum terdaftar di perusahaan.

Karena kejadian di Jerman, mereka tahu ke mana harus pergi. Kami tetap membantu secara moral. Menurut saya pribadi, hal ini salah, karena semuanya dinyatakan dengan baik dan benar.

Mereka melalui ZAV, mereka punya sponsor dan observasi. Dan ketika mereka sudah mendapatkan visa, mereka membaca dan menandatangani kontrak. Sebelum dikirim ke KBRI, mereka melihat dan memahami sejak awal bahwa magang di Indonesia itu penting, tidak berada di bawah kendali orang seperti universitasnya; karena harus melalui banyak birokrasi internal untuk mendapatkan konversi. Tidak peduli mereka mau magang atau tidak, mereka tetap bisa mendapatkan Pekerjaan Liburan. Berdasarkan pengalaman Anda, apakah para siswa ini sedang mencari magang atau pekerjaan musim panas?

Mereka ingin pergi ke Jerman. Pekerjaan liburan. Kalaupun tidak ada magang, mereka ingin ke Jerman. Mereka tahu betul bahwa ini bukan magang, tapi pekerjaan liburan. Hal ini sudah dilaporkan sejak awal. Kalaupun diubah menjadi magang, itu tunduk pada kebijakan universitas.

Mereka tidak membutuhkan agen sungguhan. Dengan pemikiran yang ada di Indonesia saat ini, mereka memerlukan partner. Mereka belum siap menghadapi birokrasi Jerman sendirian. Saya pikir mereka belum siap. (…)

Jadi yang saya lihat di sini adalah kekurangan atau kurangnya tenaga untuk menjawab ribuan (pertanyaan) adik-adik. Persoalannya, ada hal yang perlu segera dijawab, terutama bagi masyarakat yang baru memasuki negara baru. Semuanya sangat berbeda. Hal ini harus segera dijawab. Saya pikir ini harus cepat jika stafnya tidak cukup. Apakah dapat dikatakan bahwa ini merupakan faktor yang dapat diperbaiki di masa depan?

Pelayanan pelanggan. Menurut saya peraturan di Jerman cukup bagus, tergantung bagaimana perusahaan melayani pelanggannya. (ae/ap/as)

Wawancara DW Indonesia dilakukan oleh Ayu Purwaningsih dan Arti Ekawati dan diedit sesuai konteks.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *